logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Belum Kantongi Izin di Indonesia, Apa Itu Bank Sperma?

open-summary

Bank sperma mewadahi pendonor dan resipien sperma dengan persyaratan dan komitmen sangat ketat. Biasanya, permintaan datang dari individu atau pasangan yang karena sejumlah kondisi, tidak bisa memiliki keturunan secara normal.


close-summary

11 Mar 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Bank sperma merupakan wadah bagi orang yang menyumbang dan mendonorkan sperma

Ada syarat khusus menjadi pendonor di bank sperma

Table of Content

  • Apa itu bank sperma?
  • Persyaratan menjadi donor di bank sperma
  • Proses menjadi pendonor di bank sperma
  • Peraturan bank sperma bagi pendonor dan penerima
  • Adakah bank sperma di Indonesia?
  • Catatan dari SehatQ

Konsep bank sperma mungkin cukup kontroversial, terlepas dari misinya untuk membantu pasangan yang mengalami infertilitas agar tetap bisa mewujudkan impiannya memiliki keturunan dan menjadi orang tua. 

Advertisement

Hingga saat ini, Indonesia belum mengizinkan praktik bank sperma meski beberapa negara sudah. Nah, walaupun nampaknya mustahil untuk bisa diterapkan di Indonesia, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui tentang bank sperma berikut ini.

Baca Juga

  • Mengenal Preeklamsia, Komplikasi Serius yang Terjadi pada Kehamilan
  • 7 Ciri-Ciri Kehamilan Kosong (Blighted Ovum) yang Sering Dikira Tidak Jadi Hamil
  • Berbagai Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil yang juga Baik Bagi Janin

Apa itu bank sperma?

Bank sperma adalah sebuah fasilitas medis yang memungkinkan seorang pria mendonorkan spermanya untuk mereka yang membutuhkan. Penerima donor sperma ini umumnya merupakan wanita atau atau pasangan yang tidak dapat hamil secara normal, entah karena masalah infertilitas atau faktor lainnya. 

Para pria yang hendak mendonorkan spermanya bisa mendatangi fasilitas ini. Selanjutnya pihak bank sperma, disebut juga cryobank, akan melakukan skrining ketat guna memastikan bahwa spermatozoa yang dimiliki calon pendonor benar-benar memenuhi kualifikasi. 

Apabila persyaratan terpenuhi, sperma pendonor akan diambil dan disimpan selama beberapa bulan ke depan. Setelahnya, sperma akan diberikan kepada penerima donor lewat metode inseminasi buatan (IVF).

Selain menjadi wadah bagi pendonor sperma, bank sperma juga berfungsi untuk menyimpan sperma pribadi. 

Menurut American Pregnancy Association (APA), beberapa pria menggunakan jasa cryobank untuk menyimpan spermanya. Sperma tersebut nantinya akan digunakan ketika usianya sudah tidak lagi mampu memproduksi sperma berkualitas, tapi masih ingin memiliki anak. 

Tidak hanya itu, pada pria yang terdiagnosis penyakit kronis dan harus menjalani terapi medis yang berpotensi menurunkan kualitas kesuburan, menyimpan sperma juga menjadi solusi untuk tetap dapat memiliki keturunan.

Persyaratan menjadi donor di bank sperma

Seperti yang telah disebutkan di awal, akan ada skrining ketat yang harus dilalui calon pendonor sebelum bisa mendonorkan spermanya. 

Pihak cryobank pastinya ingin memberikan kepuasan bagi para calon penerima donor. Oleh sebab itu, mereka perlu memastikan jika sel sperma (spermatozoa) yang ditampung benar-benar berkualitas.

Persyaratan untuk mendapatkan izin sebagai donor sperma mungkin berbeda-beda antar cryobank.

Kita ambil contoh dua bank sperma terbesar, yakni California Cryobank dan Fairfax Cryobank. Keduanya menerapkan seleksi yang sangat ketat sampai-sampai hanya akan menerima 1 dari setiap 100 pendaftar donor sperma.

Lantas, apa saja syarat-syarat untuk bisa donor sperma di bank sperma?

1. Memiliki kualitas dan kuantitas sperma yang baik

Syarat yang pertama tentu saja kuantitas dan kualitas sperma harus baik. Sebelum diambil spermanya, ia akan diminta untuk tidak berejakulasi setidaknya selama 3 hari. 

Umumnya, calon pendonor sperma diminta memproduksi spesimen berkualitas tinggi 1-2 kali dalam sepekan. Artinya, kesempatan untuk berhubungan seksual bagi orang yang sudah berkomitmen sebagai donor akan sangat berkurang.

2. Usia produktif

Terkait usia, pihak bank sperma biasanya hanya akan menerima donor sperma dari pria yang masih dalam usia produktif, yakni antara 18-38 tahun.

3. Kondisi fisik sehat

Calon pendonor juga harus memiliki fisik yang sehat. Pada beberapa kasus, pihak cryobank malah mensyaratkan pria harus memiliki karakteristik tubuh tertentu, seperti berbadan tegak, berotot, atau memiliki warna kulit tertentu.

Hal tersebut bertujuan untuk mengakomodir keinginan calon penerima donor yang kerap memiliki ekspektasi khusus terkait anak yang akan dilahirkannnya nanti.

4. Tidak memiliki riwayat penyakit genetik dan kronis

Pria yang hendak mendonorkan spermanya juga harus bebas dari riwayat penyakit keturunan (genetik) ataupun kronis. 

Calon pendonor juga biasanya akan dimintai bukti oleh pihak bank sperma yang menerangkan riwayat medis anggota keluarganya.

5. Tidak menggunakan narkotika

Syarat donor sperma lainnya adalah tidak menggunakan obat-obatan terlarang (narkotika)

Proses tes menjadi donor sperma pun tidak singkat. Akan ada serangkaian tes yang harus dijalani.

Bahkan, beberapa bank sperma mungkin saja meminta foto masa kecil dan dewasa sebagai syarat, meminta calon donor menulis esai atau wawancara yang bisa dibagikan kepada calon "pembeli" sperma.

Tak kalah penting, pihak bank sperma juga tidak akan mencairkan pembayaran, sampai spesimen sperma dicek 6 bulan kemudian. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit, seperti HIV. Ketentuan ini dikeluarkan oleh the FDA Amerika Serikat, lembaga setara badan POM di Indonesia.

Proses menjadi pendonor di bank sperma

Menjadi donor sperma berarti harus memiliki komitmen yang tinggi. Seorang pria yang memutuskan menjadi pendonor harus menaati permintaan bank sperma.

Selama proses seleksi donor, bank sperma akan menghabiskan dana setidaknya 2.000 dolar. Itu sebabnya pihak bank sperma akan meminta perjanjian bahwa donasi akan dilakukan setidaknya dalam jangka waktu 6-12 bulan. Mereka juga akan meminta tempat tinggal pendonor sebaiknya dekat dengan cryobank.

Umumnya, pihak bank sperma akan menyediakan ruangan khusus untuk proses donasi sperma. Pendonor akan diberikan stimulus seksual untuk membantu mencapai ejakulasi. Pihak donor juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Peraturan bank sperma bagi pendonor dan penerima

Orang yang hendak menjadi penerima donor sperma juga perlu menjalani pemeriksaan dan harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Kompensasi untuk pembelian sperma bervariasi pada tiap bank, tapi rata-rata 1 vial sperma dijual seharga 500-900 dolar.

Bank sperma juga menjual vial sperma untuk bayi tabung. Kisaran harganya mungkin lebih rendah, mengingat tingkat kesuksesan bayi tabung juga lebih rendah.

Biasanya, bank sperma dengan banyak cabang memiliki peraturan bahwa seorang pendonor tidak boleh menjadi “ayah” lebih dari 25-30 unit keluarga. 

Pihak bank sperma juga akan memberi hak bagi pendonor untuk dikenal sebagai anonim oleh anak biologisnya. Pilihan lainnya, mereka diizinkan bertemu dengan “anak” mereka hanya setelah sang anak menginjak 18 tahun.

Adakah bank sperma di Indonesia?

Sebagaimana telah disinggung di awal, donor sperma adalah hal yang tidak diperbolehkan di Indonesia, sehingga tidak ada bank sperma di Indonesia.

Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 serta PP tentang Kesehatan Reproduksi Nomor 41 Tahun 2014 menyebutkan bahwa di Indonesia, inseminasi maupun bayi tabung hanya boleh dilakukan oleh pasangan suami istri yang sah.

Catatan dari SehatQ

Bank sperma mungkin menjadi suatu hal yang lumrah di luar negeri, khususnya Amerika. Namun, cara ini tidaklah legal di Indonesia.

Ditambah lagi, keputusan memiliki anak dari "orang lain" yang bukan pasangan resmi perlu pertimbangan yang amat matang. Pasalnya, keputusan tersebut akan menyangkut masa depan anak yang dilahirkan nanti, termasuk sisi psikologis anak. 

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kesuburan untuk mengetahui pilihan terbaik Anda untuk mendapatkan keturunan. anda juga bisa menggunakan layanan chat dokter langsung di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ, lebih mudah dan cepat! Download sekarang juga di App Store dan Google Play

Advertisement

merencanakan kehamilanspermakehamilanbayi tabungkesehatan priareproduksi pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved