Belajar Piano Memiliki Manfaat yang Tidak Diduga-duga bagi Anak

(0)
08 Jul 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Belajar piano punya manfaat besar bagi anakIlustrasi anak-anak yang sedang belajar piano dengan menggunakan keyboard
Bermain alat musik bukan hanya menyenangkan tapi juga bisa membantu mengembangkan bakat dan ketangkasan anak. Salah satunya dengan bermain alat musik piano. Belajar piano memang bukan hal yang mudah namun nyatanya, bisa membawa banyak manfaat bagi pertumbuhan anak.

Manfaat belajar piano bagi anak

Bermain piano tidak saja membawa manfaat pada fisik tapi juga kecerdasan dan kondisi emosional. Berikut ini adalah berbagai manfaat belajar piano bagi anak-anak.

1. Menghilangkan stres

Alunan musik piano banyak digunakan pada musik untuk relaksasi karena dapat menenangkan dan menghilangkan stres. Bermain dan mendengarkan piano beberapa menit dapat menurunkan tekanan darah dan membuat anak merasakan hal positif.

2. Mempertajam konsentrasi dan koordinasi

Piano melatih anak menggunakan kedua tangannya sehingga mendorong kemampuan anak mengoordinasikan mata dan tangan.Hal ini dapat mempertajam konsentrasi dan kemampuan anak dalam melakukan beberapa hal secara bersamaan (multi-tasking), seperti menggunakan kedua tangannya, menginjak pedal, membaca partitur, bahkan kadang sambil bernyanyi.

3. Memperkuat otot tangan

Dengan menjaga postur dan posisi yang benar pada saat bermain piano dapat memperkuat otot. Dengan rutin belajar piano, anak bisa mendapatkan otot tangan yang lebih kuat seiring masa pertumbuhan. Selain itu, bermain piano juga melatih ketangkasan anak.

4. Menstimulasi hormon pertumbuhan

HGH (Human Growth Hormon) pada anak yang bermain piano mengalami perubahan. Hormon ini membantu untuk membuat anak tetap enerjik dan mencegah sakit badan pada saat memasuki masa tua.Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang belajar piano mengalami peningkatan HGH lebih tinggi jika dibandingkan anak-anak yang tidak mempelajarinya.

5. Membantu anak mampu menerima kritikan dengan baik

Pada saat anak belajar piano, mereka akan sering mendapatkan umpan balik dan kritik membangun dari pengajarnya. Hal ini dapat membantu anak untuk dapat menerima saran dan kritikan dengan cara positif dan membentuk mereka menjadi pribadi yang lebih baik dengan mental lebih kuat.

Tips agar anak menikmati belajar piano

Keinginan orangtua untuk membuat anak memiliki beragam keahlian memang tidak salah. Akan tetapi, anaklah yang akan menjalani semua proses belajar. Oleh karena itu, penting sekali untuk memastikan bahwa anak dapat menikmati masa-masa belajar piano.

1. Pastikan anak memiliki ketertarikan bermain piano

Jika anak menunjukkan ketertarikan pada musik, pandai menirukan nada, atau menyukai instrumen musik, maka hal tersebut bisa menjadi hal yang baik untuk mengajaknya belajar memainkan alat musik.Pastikan terlebih dahulu bahwa anak menyukai dan ingin memainkan piano. Karena, belajar dengan perasaan terpaksa akan membuat anak merasa tertekan. Bahkan, keadaan bisa memburuk saat pelajaran pianonya semakin rumit. Antusiasme dan komitmen adalah hal penting dalam belajar piano.

2.  Usia anak yang tepat untuk belajar piano

Sebaiknya anak mulai menekuni bermain piano sejak 6-8 tahun. Pada usia tersebut anak telah memiliki otot tangan yang lebih kuat. Piano memiliki 88 tuts dan didesain untuk orang dewasa. Oleh karena itu, kesiapan fisik perlu diperhatikan.Selain itu, pada usia tersebut anak biasanya telah sekolah sehingga terbiasa berinteraksi dan mendapatkan instruksi dari pengajar. Walaupun ada anak-anak yang mampu mulai belajar piano sejak usia masih sangat dini, itu adalah sebuah pengecualian.

3. Cara memberi dukungan yang diperlukan

Untuk membuat proses belajar piano berlangsung efektif dan menyenangkan, ada beberapa dukungan yang sebaiknya Anda sediakan.
  • Memiliki piano atau alat musik tekan, seperti keyboard atau organ, untuk anak bermain dan berlatih di rumah akan sangat membantu. Jangan lupa lengkapi juga dengan bangku yang nyaman.
  • Sesekali temani anak bermain piano agar suasana belajar piano di rumah terasa seru dan menyenangkan. Bisa juga sambil benyanyi bersama saat mempelajari lagu baru.
  • Mengajak anak menonton pertunjukan piano secara langsung atau melalui video bersama-sama.
  • Jangan memberikan tekanan berupa harapan yang berlebihan. Pastikan bahwa proses belajar piano merupakan saat menyenangkan bagi anak.
  • Carilah pengajar atau tempat kursus yang menyenangkan bagi anak Anda.
Ada kalanya belajar piano menyulitkan dan membuat motivasi anak berkurang. Pada saat itu, sebaiknya diskusi dan dengarkan apa yang menjadi masalah dan harapan anak. Jangan mengambil keputusan satu pihak untuk terus memaksa anak belajar piano atau serta-merta menghentikan pelajarannya.
tips mendidik anakmusik
Piano Tuning Fort Worth
https://www.pianotuningfortworth.com/10-benefits-of-playing-piano-for-children.html
Diakses 22 Juni 2020
Pianos Plus
https://www.pianosplus.com/blog/piano-news/health-benefits-piano-playing/
Diakses 22 Juni 2020
Roland
https://rolandcorp.com.au/blog/parents-guide-for-kids-starting-piano
Diakses 22 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait