Bahagia Bekerja Sesuai Passion dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Bekerja sesuai passion bisa menimbulkan rasa bahagia dan membuat seseorang punya tujuan yang lebih jelas dalam hidup. Kedua hal ini bisa menimbulkan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah stress hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

0,0
28 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bekerja sesuai passion bisa membuat hidup lebih bahagia dan sehatBekerja sesuai passion baik untuk kesehatan fisik dan mental
Bekerja merupakan salah satu cara utama untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Lebih beruntung lagi jika Anda dapat bekerja sesuai passion. Di samping memperoleh penghasilan, bekerja sesuai passion rupanya juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

Manfaat bekerja sesuai passion untuk kesehatan

Bekerja sesuai passion membuat hidup lebih bahagia
Bekerja sesuai passion membuat hidup lebih bahagia
Bekerja sesuai passion dapat memberikan kebahagiaan dan kepuasan. Tentunya definisi kebahagiaan dan standar kepuasan dapat berbeda bagi masing-masing individu.Apa pun ukuran yang Anda gunakan, merasa puas dengan apa yang dikerjakan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan, termasuk dari sisi kesehatan. Berikut ini beberapa dampak baik bekerja sesuai passion untuk kesehatan.

1. Mencegah stres

Stres karena pekerjaan hampir dialami oleh semua orang. Hal ini bisa berdampak lebih buruk jika Anda tidak menyukai pekerjaan yang dilakukan. Lain halnya saat bekerja sesuai passion. Anda akan dapat menjaga sikap positif untuk tetap merasa bahagia.Merasa bahagia saat bekerja sesuai passion membuat Anda mampu menangani stress lebih baik. Penanganan stress yang baik akan dapat menurunkan berbagai risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, henti jantung, penyalahgunaan zat terlarang dan lain sebagainya.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Bekerja sesuai passion akan membantu kita merasa bahagia dalam hidup dan kebahagiaan erat kaitannya dengan kesehatan.Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa perasaan bahagia dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%. Pasalnya, saat merasa bahagia, tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko penyakit jantung, akan menurun.Perasaan bahagia juga dapat membantu menurunkan risiko kematian pada orang yang telah memiliki penyakit jantung hingga 11%.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat bekerja sesuai passion lain yang bisa Anda dapatkan adalah kekebalan tubuh yang lebih kuat. Orang yang merasa bahagia berisiko lebih rendah mengalami pilek dan infeksi paru-paru. Sebaliknya, orang yang tidak bahagia berisiko tiga kali lebih tinggi mengalami pilek.

4. Menciptakan pikiran positif dan tujuan hidup

Bekerja sesuai passion akan menciptakan perasaan dan pikiran positif yang baik untuk kesehatan mental. Hal ini membuat Anda dapat menjalani tantangan pekerjaan dengan lebih antusias dan mendapatkan lebih banyak keberhasilan.Hasil yang memuaskan dapat meningkatkan harga diri dan membuat Anda merasa memiliki tujuan hidup. Sebuah studi di Univesity of California, Amerika, mengungkapkan bahwa dengan merasa memiliki tujuan hidup, seseorang cenderung merasa lebih sehat fisik dan mental dalam kehidupan sehari-harinya.

5. Meningkatkan kualitas hidup

Merasa bahagia dengan apa yang Anda lakukan akan membuat kesuksesan lebih mudah datang. Hal ini tidak lain karena perasaan senang itu dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan kualitas hidup.Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Warwick, Inggris, mengungkapkan bahwa individu yang bahagia dengan pekerjaannya dapat:
  • Lebih produktif hingga 12%
  • Memiliki kesehatan yang baik
  • Memilki hubungan profesional dan pribadi yang lancar
  • Berkontribusi lebih baik bagi perusahaan
Masih banyak studi lainnya yang menunjukkan dampak perasaan bahagia pada kesehatan. Di antaranya adalah meringankan nyeri pada penderita artritis, menurunkan risiko stroke dan meningkatkan harapan hidup.

Tips bahagia menjalani pekerjaan meski tidak sesuai passion

Bekerja tidak sesuai passion pun tetap bisa bahagia
Bekerja tidak sesuai passion masih bisa bahagia
Tentu tidak semua orang cukup beruntung untuk menemukan passion-nya dan bekerja sesuai bidang yang dikehendaki. Meskipun saat ini Anda menjalani pekerjaan karena alasan lain, itu bukan berarti Anda tidak bisa merasa bahagia. Berikut ini kiat membuat Anda lebih bahagia melakukan pekerjaan yang sedang dijalani

1. Lebih banyak memusatkan energi pada aspek pekerjaan yang memberikan kepuasan

Untuk bisa merasa lebih bahagia dalam bekerja, seorang pegawai biasanya akan memberikan fokus lebih pada hal yang ia sukai. Misalnya, jika Anda lebih menyukai desain ketimbang presentasi, Anda dapat berkontribusi lebih pada bagian membuat desain alat presentasi ketimbang melakukannya.Tentu, hal ini harus disesuaikan dengan kondisi tempat kerja. Lebih fokus melakukan suatu pekerjaan bukan berarti Anda boleh menelantarkan kewajiban yang lain. Berkomunikasilah dengan teman satu tim atau atasan untuk pembagian tugas yang lebih sesuai.

2. Membangun hubungan postif di tempat kerja

Tidak bisa dipungkiri, rekan kerja yang mengganggu dapat merusak mood kerja, sementara kolega yang sehati dapat meningkatkan semangat bekerja. Jadi agar bisa menikmati waktu di tempat kerja, jangan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

3. Mengubah cara pandang mengenai pekerjaan

Setiap pekerjaan memiliki banyak sisi. Walaupun Anda tidak bekerja sesuai passion, setidaknya pikirkan hal yang cukup baik dan berarti dari pekerjaan ini. Misalnya, walaupun bosan dengan rutinitas pekerjaan, Anda senang karena dapat pulang tepat waktu dan memiliki cukup banyak waktu untuk melakukan aktivitas lainnya.Contoh lainnya, walaupun Anda masih kurang puas dengan penghasilan saat ini, tetapi Anda bahagia karena pekerjaan Anda dapat membantu anak kurang mampu mendapatkan pendidikan yang layak.Itulah beberapa manfaat bekerja sesuai passion. Tetapi jangan khawatir jika saat ini pekerjaan Anda tidak sesuai passion. Anda masih bisa menciptakan kebahagiaan dengan menjalankan hobi, menjalin relasi yang berarti dengan keluarga dan sahabat, serta berbuat kebaikan kepada orang lain.
kesehatan mentalbpjs ketenagakerjaan
American Psychological Association. https://www.apa.org/monitor/2013/12/job-satisfaction
Diakses 18 Oktober 2021
Web MD. https://www.webmd.com/balance/features/sense-purpose-health
Diakses 18 Oktober 2021
Positive Psychology. https://positivepsychology.com/happiness-at-work/
Diakses 18 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/happiness-and-health
Diakses 18 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait