Bekas Jahitan Melahirkan Normal Perih, Apakah Berbahaya?


Bekas jahitan melahirkan normal perih adalah kondisi yang wajar, selama tidak ada tanda-tanda terjadinya infeksi. Rasa perih ini juga bisa di atasi lewat cara-cara rumahan sebagai berikut.

(0)
13 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bekas jahitan melahirkan normal perih adalah kondisi yang tidak perlu dikhawatirkanBekas jahitan melahirkan normal perih merupakan kondisi yang wajar
Mendapatkan jahitan setelah melahirkan normal merupakan hal yang wajar. Khususnya jika Anda baru pertama kali melahirkan. Jalan lahir atau vagina umumnya mampu meregang cukup lebar dalam proses persalinan. Namun, ada kalanya bayi membutuhkan ruang lebih banyak agar mudah dilahirkan sehingga terjadi robekan pada perineum (area sekitar vagina dan anus).Robekan yang tergolong ringan dapat sembuh sendiri, tetapi robekan yang cukup dalam hingga  mencapai jaringan otot harus dijahit. Robekan akan dijahit saat itu juga setelah proses persalinan dengan pemberian bius lokal. Biasanya bekas jahitan melahirkan normal perih setelah pengaruh obat bius hilang.

Bekas jahitan melahirkan normal perih adalah kondisi yang wajar

Bekas jahitan melahirkan normal dapat terasa perih dalam waktu yang cukup lama. Bekas jahitan ini biasanya menjadi gatal sebelum benar-benar kering dan sembuh.Masa penyembuhan yang dibutuhkan adalah sekitar 2-3 minggu setelah melahirkan, tapi rasa sakit mungkin masih bisa terasa hingga sebulan.Proses penyembuhannya bisa berbeda-beda, tergantung besar dan kedalaman robekan. Robekan yang lebih serius dengan jahitan lebih banyak, bisa memerlukan waktu 6-8 minggu untuk sembuh seluruhnya. Rasa perih atau sakitnya juga dapat terasa hingga sebulan kemudian.Maka dari itu, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Kondisi bekas jahitan melahirkan normal perih merupakan hal yang wajar, selama tidak ada tanda-tanda terjadinya infeksi pada bekas jahitan.Berikut adalah tanda-tanda infeksi pada bekas jahitan yang perlu Anda waspadai:
  • Demam hingga 38 derajat celcius
  • Tercium bau menyengat dari bekas jahitan
  • Keluar nanah atau cairan kehijauan
  • Kemerahan dan pembengkakan di sekitar area jahitan
  • Bekas jahitan melahirkan normal semakin perih atau sakitnya semakin intens seiring waktu.
Jika hal tersebut terjadi, segera kunjungi dokter kandungan Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Cara mengatasi jahitan melahirkan normal perih

Bekas jahitan melahirkan normal perih dapat lebih cepat sembuh jika Anda merawatnya dengan baik. Berikut adalah tips untuk mengatasi perih dan mempercepat penyembuhan bekas jahitan melahirkan normal.

1. Berendam di air hangat

Berendam dengan air hangat dapat membantu meredakan bekas jahitan melahirkan normal perih.
  • Tambahkan minyak pohon teh (tea tree) atau minyak lavender pada air rendaman. Keduanya memiliki khasiat sebagai antiseptik dan membantu penyembuhan. Campuran susu mandi dapat diberikan untuk membantu melarutkan.
  • Garam laut dapat ditambahkan untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga luka tetap steril.
  • Jangan gunakan sabun atau produk mandi lainnya untuk membilas dan membersihkan area luka. Cukup gunakan air hangat karena produk-produk tersebut dapat menyebabkan iritasi.
  • Cukup berendam 10-15 menit saja.

2.  Hindari pembalut yang mengandung gel

Pembalut dengan gel di dalamnya dapat menyebabkan luka bekas jahitan normal perih semakin parah. Gunakan pembalut bersalin atau jenis pembalut lainnya yang secara khusus dirancang untuk pemulihan pascapersalinan.

3. Perhatikan tempat duduk

Duduklah di permukaan yang empuk. Anda bisa duduk di antara dua bantal sofa atau menggunakan bantal berbentuk cincin. Cara ini dapat membantu mengurangi tekanan pada bagian bekas jahitan.

4. Rajin cuci tangan

Mencegah kuman menghampiri bekas jahitan sangatlah penting. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin cuci tangan. Termasuk sebelum dan setelah mengganti pembalut.

5. Minum banyak air putih

Gula dan kafein bisa meningkatkan keasaman air seni. Kondisi ini dapat membuat bekas jahitan melahirkan normal perih saat buang air kecil. Minumlah banyak air putih untuk menetralkan air seni.

6. Sedia air hangat saat buang air kecil

Kucurkan air hangat ke bekas jahitan bersamaan saat buang air kecil. Hal ini dapat bermanfaat meringankan rasa perih saat buang air kecil.

7. Gunakan hairdryer

Dibandingkan handuk, sebaiknya gunakan hairdryer berudara dingin dengan kekuatan rendah untuk mengeringkan area bekas jahitan. Jika tidak ada, gunakan handuk bersih yang lembut dan keringkan dengan cara ditepuk secara perlahan sekaligus hati-hati.Selama masa penyembuhan bekas jahitan normal perih, hindari memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat. Obat pereda nyeri mungkin bisa membuat rasa perih mereda. Namun, saat pengaruh obat berkurang, rasa sakitnya bisa lebih parah jika Anda tidak menjaga diri.Jika Anda punya pertanyaan seputar keluhan bekas jahitan melahirkan normal perih, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
melahirkanmelahirkan normal
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/stitches-after-normal-delivery-how-to-care-recover/
Diakses 30 September 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/when-will-my-episiotomy-stitches-dissolve-2758693
Diakses 30 September 2020
Good to Know. https://www.goodtoknow.co.uk/family/soothing-pain-stitches-after-childbirth-10921
Diakses 30 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait