Behel Bukan Satu-Satunya, Masih ada 6 Cara Memundurkan Gigi Tonggos

(0)
02 Sep 2020|Marco Anthony
Salah satu cara memundurkan gigi tonggos adalah dengan menggunakan alignerAligner gigi menjadi salah satu alternatif untuk memundurkan gigi tonggos
Gigi tonggos adalah kondisi di mana posisi gigi menjorok ke depan. Meskipun sepele, hal ini sangat memengaruhi penampilan wajah seseorang. Tak heran banyak orang dengan kondisi tersebut mencari cara memundurkan gigi tonggos mereka.Memasang kawat gigi atau behel kerap kali menjadi pilihan paling populer sebagai cara memundurkan gigi tonggos. Padahal, masih ada beragam cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi kondisi gigi yang satu ini.

Apa saja cara memundurkan gigi tonggos?

Sebenarnya tidak semua orang memerlukan cara memundurkan gigi tonggos. Namun jika gigi tonggos sudah mengganggu kesehatan, seperti peningkatan risiko pembusukan gigi, kerusakan gusi dan berbagai penyakit mulut lainnya maka hal ini harus ditangani.Berikut adalah beberapa cara memundurkan gigi tonggos yang dapat dicoba.

1. Kawat gigi

Kawat gigi sudah pasti merupakan cara memundurkan gigi tonggos yang paling sering dilakukan. Behel terdiri dari kawat logam dan biji logam tempat diletakkannya kawat (bracket).Kadangkala, salah satu gigi Anda perlu dicabut untuk bisa memberikan ruang pada gigi saat proses pembentukan.

2. Aligner

Berbeda dengan kawat gigi, aligner terbuat dari plastik transparan yang perlu diganti setiap dua minggu untuk menyesuaikan perkembangan pembentukan gigi.Aligner harus digunakan setiap saat kecuali saat sedang makan untuk memberikan hasil optimal. Penting juga untuk tetap mengikuti jadwal pergantian aligner tiap dua minggu.

3. Palate expansion

Palate expansion atau pelebaran rahang atas seringnya dilakukan pada anak-anak atau remaja yang memiliki rahang bagian atas yang kecil. Rahang atas yang kecil tidak dapat memberikan ruang yang cukup untuk gigi dewasa yang lebih besar.Saat Anda menjalani palate expansion, Anda akan ditempelkan alat palatal expander yang terdiri dari dua bagian yang ditempelkan di bagian gigi geraham atas dan expansion crew yang berada di tengah untuk melebarkan rahang atas.

4. Pencabutan gigi

Pemeriksaan gigi
Pemasangan behel dapat melibatkan tindakan cabut gigi
Gigi tonggos bisa jadi muncul karena gigi yang terlalu berdempetan. Oleh karenanya, cara memundurkan gigi tonggos bisa dilakukan dengan mencabut satu atau lebih gigi.

5. Perbaikan gigi

Selain mencabut gigi, cara memundurkan gigi tonggos dapat dilakukan dengan memperbaiki gigi yang kasar atau memiliki bentuk yang tidak normal. Dokter gigi dapat menyesuaikan posisi dan bentuk gigi.

6. Bedah rahang

Bedah rahang dapat dilakukan sebagai cara memundurkan gigi tonggos. Gangguan rahang dapat menjadi salah satu penyebab gigi tonggos. Bedah rahang dilakukan untuk memperbaiki posisi rahang bagian atas dan bawah.

Apakah gigi tonggos bisa dicegah?

Biasanya, gigi tonggos dikarenakan faktor genetik atau diturunkan dari keluarga. Namun, beberapa penyebab gigi tonggos, seperti mendorong lidah ke gigi dan menghisap jempol. Dengan mengurangi kebiasaan buruk ini, gigi tonggos dapat dicegah.

Catatan dari SehatQ

Kawat gigi bukanlah satu-satunya pilihan cara memperbaiki gigi tonggos, masih ada banyak metode yang bisa dicoba. Konsultasikan dengan dokter gigi sebelum memilih salah satu cara tersebut.Jika gigi tonggos dirasa sangat mengganggu, jangan pernah mencoba memundurkannya sendiri. Segeralah konsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan rencana penanganan yang akurat.
kesehatan gigihidup sehatkawat gigi
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-health/adult-braces
Diakses pada 19 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/buck-teeth
Diakses pada 19 Agustus 2020
MedlinePlus. https://medlineplus.gov/ency/article/001058.htm
Diakses pada 19 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait