Bukan Urut Tradisional, Begini Teknik Urut yang Benar untuk Kaki Terkilir

Pergelangan kaki terkilir adalah cedera yang bisa lebih cepat sembuh bila ditangani dengan teknik urut yang benar
Kaki terkilir memang boleh diurut, tapi bukan dengan urut tradisional

Dalam dunia olahraga, kaki terkilir adalah salah satu cedera berolahraga yang paling sering terjadi. Anda bahkan mungkin pernah mengalaminya meski bukan sedang berolahraga. Misalnya, ketika bangun dari tempat tidur atau kaki terperosok ke lubang saat berjalan santai.

Apa sebenarnya kaki terkilir itu?

Kaki terkilir terjadi ketika ligamen yang menyambung tulang kaki dengan sendi pergelangan kaki, melakukan gerakan memutar yang salah. Cedera yang sama juga bisa muncul ketika kaki Anda mendarat di permukaan yang tidak rata.

Sementara bagi Anda yang sering melakukan olahraga berkelompok, seperti basket atau sepakbola, cedera engkel ini dapat dialami ketika kaki Anda terinjak oleh pemain lain. Ketika Anda terkilir, satu atau lebih dari ligamen pada engkel akan tertarik atau bahkan robek.

Sebagai akibatnya, Anda akan merasakan sakit yang kadang tidak tertahankan ketika berjalan, apalagi berlari. Selain itu, bagian yang terkilir juga bisa mengalami pembengkakan, tampak memar, serta sakit ketika disentuh.

Bengkak dan memar tersebut disebabkan oleh tertarik atau robeknya ligamen di engkel. Anda juga bisa berjalan pincang jika cedera engkel menyebabkan robeknya ligamen atau otot engkel mengalami dislokasi.

Meski begitu, sakit pada pergelangan kaki tidak hanya disebabkan oleh terkilir. Dislokasi sendi dan patah tulang juga bisa ditandai dengan nyeri.

Bedanya adalah dislokasi sendi dan patah tulang pergelangan kaki akan membuat pergerakan kaki menjadi terbatas dan kaki Anda tidak bisa menahan beban tubuh. Misalnya, Anda menjadi tidak bisa berdiri atau berjalan. Rasa nyeri yang muncul juga tidak tertahankan.

Bila mencurigai kondisi Anda sebagai dislokasi dan patah tulang, segera mencari bantuan medis. Kedua kondisi ini harus ditangani oleh dokter secepat mungkin.

Apa pergelangan kaki terkilir bisa sembuh dengan urut tradisional?

Pergelangan kaki terkilir adalah kondisi yang biasanya tidak memerlukan tindakan serius, misalnya operasi. Bahkan jika ligamen Anda robek akibat terkilir, masalah ini bisa sembuh dengan sendirinya asalkan engkel Anda dibebat atau dipastikan tidak bergerak sampai benar-benar pulih.

Di Indonesia sendiri, orang yang menderita cedera pergelangan kaki umumnya mencari percepatan penyembuhan dengan cara diurut. Sebagian besar pecandu urut tradisional menyatakan bahwa rasa sakit pada kaki terkilir mereka terbukti berkurang setelah diurut.

Meski demikian, banyak dokter yang menentang langkah urut tradisional untuk terkilir. Pasalnya, urut ke tukang pijat justru dianggap bisa memperparah kondisi kaki yang terkilir, memperlambat proses penyembuhan, dan bahkan menimbulkan komplikasi.

Tapi kenapa banyak orang yang menyatakan sembuh setelah diurut ke tukang pijat? Jawabannya adalah karena itu merupakan proses penyembuhan dari tubuh sendiri.

Seperti yang telah disebutkan di atas, kaki yang terkilir memang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis. Ini berarti, bukan urut tradisional yang menyembuhkan kondisi terkilir tersebut.

Penuhi syarat ini jika hendak mengurut kaki yang terkilir

Beberapa penelitian menyatakan bahwa metode pijat atau urut bisa membantu Anda dalam mempercepat proses penyembuhan terkilir. Hanya saja, Anda harus memperhatikan tiga hal berikut ini terlebih dulu:

  • Jangan asal memilih tukang urut. Pastikan Anda mendapatkan terapi dari fisioterapis yang telah menjalani pelatihan khusus untuk menangani berbagai cedera olahraga dan memiliki lisensi resmi.
  • Anda sebaiknya tidak langsung mengurut bagian yang terkilir. Tunggulah hingga 48-72 jam sebelum kaki terkilir Anda diurut.
  • Urut pada engkel yang terkilir hanya bisa dilakukan jika cedera Anda tergolong ringan.
  • Pastikan pergelangan kaki Anda tidak mengalami patah tulang, luka yang terbuka, infeksi, atau luka lain yang menghalangi fisioterapis untuk menyentuh area yang terkilir.

Bagaimana cara mengurut kaki terkilir yang benar?

Pertama-tama, Anda harus memastikan bagian ligamen mana yang cedera saat terkilir. Pasalnya, pergelangan kaki memiliki tiga ligamen, yakni anterior talofibular ligament (ATFL), calcaneofibular ligament (CFL), dan posterior talofibular ligament (PTFL).

Untuk menentukan bagian ligamen yang cedera tersebut, Anda membutuhkan bantuan dari dokter. Dengan ini, diagnosis yang tepat bisa Anda peroleh.

Terkadang, terapis tidak bisa memastikan bagian ligamen yang cedera dan memutuskan untuk mengurut semuanya. Teknik ini sejatinya tidak salah, tapi Anda mungkin akan merasa nyeri di beberapa bagian saat diurut. Jika Anda merasa sangat kesakitan, pengurutan harus segera dihentikan.

Salah satu metode urut yang bisa membantu menyembuhkan kaki terkilir adalah cross-friction massage. Teknik ini mencegah perlengketan jaringan luka yang terjadi di ligamen, juga diyakini bisa mempercepat kesembuhan kaki terkilir Anda. 

Teknik pijat lainnya untuk menyembuhkan kaki terkilir adalah drainase cairan limfa manual (manual lymphatic drainage/MLD). Penelitian tertentu mengemukakan bahwa pijatan ini bertujuan mengurangi penumpukan cairan di sekitar pergelangan kaki yang terkilir. Dengan ini, bengkak bisa segera mengempis dan membuat kaki terkilir cepat sembuh.

Percaya atau tidak, kedua teknik pijat di atas sudah teruji secara klinis. Namun diulangi sekali lagi, cara-cara urut ini harus dilakukan oleh fisioterapis profesional yang berpengalaman dan berlisensi resmi.

Apabila Anda ragu, selalu pilih cara yang lebih aman dalam menyembuhkan kaki terkilir dengan berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, terkilir adalah cedera yang dapat memberikan dampak berkepanjangan jika tidak diobati secara benar. Anda juga bisa lebih rentan untuk kembali mengalaminya pada bagian yang sama di kemudian hari.

WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/ankle-sprain#1
Diakses pada 25 Juni 2019

Ortho Info. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/sprained-ankle/
Diakses pada 25 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/ankle-sprain#causes
Diakses pada 25 Juni 2019

Fremont College. https://fremont.edu/massage-techniques-for-acute-ankle-sprains/
Diakses pada 25 Juni 2019

Canadian College of Massage and Hydroteraphy. https://collegeofmassage.com/toronto/2013/08/sprained-ankles-and-massage-therapy/
Diakses pada 25 Juni 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/?term=lymphatic+drainage+massage+sprain
Diakses pada 15 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed