Air rebusan daun salam dipercaya memberikan manfaat bagi kesehatan
Daun salam dapat direbus untuk diminum airnya

Daun salam sering dianggap sebagai bumbu aromatik yang menghadirkan rasa dan aroma lebih lezat pada masakan. Namun, tahukah Anda bahwa air rebusan daun salam itu sendiri memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan?

Di Amerika maupun Eropa, daun salam dikenal juga dengan nama bay leaf (Laurus nobilis) yang datang dari keluarga laurel dan berasal dari Mediterania. Sementara daun salam di Indonesia (Syzygium polyanthum) merupakan keluarga Myrtaceae.

Meskipun demikian, daun salam pada dasarnya memiliki manfaat kesehatan yang serupa. Air rebusan daun salam dipercaya memilki kemampuan untuk mengobati maupun mencegah datangnya penyakit-penyakit tertentu.

Manfaat meminum air rebusan daun salam

Selain digunakan untuk campuran masakan, beberapa lembar daun salam juga bisa direbus hingga air rebusannya menyusut. Banyak orang yang sudah mencoba meminum air rebusan daun salam ini, mengklaim rasanya mirip dengan meminum teh tanpa gula.

Di Indonesia, air rebusan daun salam dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menstabilkan kadar gula darah

Bagi orang yang menderita diabetes, meminum air rebusan daun salam dua kali sehari disebut-sebut dapat menurunkan kadar gula darah sebelum Anda makan. Namun untuk menurunkan kadar gula darah secara keseluruhan, Anda tetap harus meminum obat diabetes yang direkomendasikan oleh dokter.

  • Mengobati hipertensi

Orang di Riau percaya bahwa air rebusan daun salam bisa mengobati hipertensi alias penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini sejalan dengan penelitian yang mengatakan bahwa ekstrak daun salam memang dapat bersifat menghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor), meski klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  • Mencegah kanker

Sebuah studi menyatakan wanita yang rutin meminum air rebusan daun salam bisa terhindar dari penyakit kanker payudara. Pasalnya, daun salam memiliki kandungan yang dapat membunuh sel kanker maupun mencegah sel tersebut tumbuh di badan Anda.

Manfaat air rebusan daun salam tersebut berhubungan dengan kandungan antioksidan dalam daun salam itu sendiri. Antioksidan akan memburu radikal bebas yang dapat memicu munculnya sel-sel kanker di dalam tubuh karena terjadi kerusakan oksidatif.

  • Membunuh bakteri jahat di dalam tubuh

Air rebusan daun salam juga dipercaya memiliki sifat antibakteri, misalnya pada Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang disebut bakteremia, atau infeksi bakteri yang menyebar melalui aliran darah, serta dapat mengakibatkan kerusakan pada saluran jantung (endokarditis) maupun tulang (osteomielitis).

  • Mengatasi diare

Air rebusan daun salam juga dapat diminum penderita diare berat, yang mengakibatkan munculnya bercak darah pada fesesnya. Diare berat tersebut kemungkinan disebabkan oleh infeksi bakteri Shigella dysenteriae yang dapat menyebabkan penyakit disentri.

Akan tetapi, bila diare tidak kunjung sembuh dan orang tersebut sudah memperlihatkan tanda-tanda dehidrasi, jangan tunda untuk membawanya langsung ke fasilitas kesehatan terdekat.

  • Mencegah plak gigi

Berkumur dengan mouthwash bukan satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya karang gigi. Air rebusan daun salam ternyata memiliki manfaat yang sama karena fungsi antimikroba yang dikandungnya.

Sama seperti mouthwash, air rebusan daun salam juga sebaiknya digunakan saat gigi dalam kondisi bersih seusai menyikat gigi. Jika Anda sudah terlanjur memiliki karang gigi, bersihkan terlebih dahulu di dokter gigi, kemudian lanjutkan dengan berkumur menggunakan air rebusan daun salam.

Peringatan sebelum meminum air rebusan daun salam

Sama seperti ketika Anda menyeduh teh, air rebusan daun salam yang hendak Anda minum sebaiknya tidak mengandung daun salam utuh. Pasalnya, daun ini tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga kemungkinan bisa menyumbat tenggorokan maupun usus Anda.

Anda juga sebaiknya tidak minum air rebusan daun salam minimal dua minggu sebelum operasi. Daun salam dikenal memiliki efek memperlambat kerja sistem saraf sehingga dikhawatirkan bakal terjadi efek buruk saat bertemu dengan obat bius yang digunakan saat operasi.

Satu hal penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan adalah rebusan daun salam bukan merupakan pengobatan utama suatu penyakit. Konsultasikan masalah Anda terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan air rebusan daun salam ini.

Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/331191740_Syzygium_polyanthum_Wight_Walp_A_Potential_Phytomedicine
Diakses pada 7 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/5-possible-uses-for-bay-leaf
Diakses pada 7 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-685/bay-leaf
Diakses pada 7 Januari 2020

MSD Manuals. https://www.msdmanuals.com/home/infections/bacterial-infections-gram-positive-bacteria/staphylococcus-aureus-infections
Diakses pada 7 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed