Begini Cara Tepat Menggunakan Minyak Kayu Putih untuk Bayi


Penggunaan minyak kayu putih untuk bayi harus dilakukan secara aman. Anda dapat mengoleskannya langsung pada kulit, menggunakan vaporizer untuk terapi uap, atau mencampurnya dengan air hangat untuk bayi mandi.

0,0
15 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penggunaan minyak kayu putih untuk bayi dapat dilakukan dengan dioleskan langsungMinyak kayu putih dapat dioleskan langsung ke kulit bayi
Minyak kayu putih adalah minyak yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Mulai dari orangtua hingga bayi, semuanya mungkin pernah memakainya. Namun, sebenarnya bolehkah bayi pakai minyak kayu putih?Jawabannya adalah boleh. Sama halnya dengan minyak telon, penggunaan minyak kayu putih untuk bayi terbilang cukup populer. Minyak ini umumnya dimanfaatkan bagi kesehatan, di antaranya untuk mengatasi gigitan serangga, perut kembung, serta hidung tersumbat karena pilek.Meski boleh digunakan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan minyak kayu putih untuk bayi secara tepat sebab senyawa ini juga memiliki efek samping dalam penggunaannya.

Manfaat minyak kayu putih untuk bayi

Manfaat minyak kayu putih untuk bayi sebetulnya tidak jauh berbeda dengan yang didapatkan orang dewasa. Berikut adalah beberapa potensi manfaat kayu putih bayi yang bisa dinikmati.
  • Mencegah bayi dari gigitan serangga
  • Mengurangi gatal dan ruam, termasuk karena gigitan serangga
  • Mengurangi gejala masuk angin pada bayi, misalnya perut kembung
  • Melindungi bayi dari iritasi kulit
  • Menghangatkan tubuh
  • Membantu meredakan nyeri
  • Dapat berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri
  • Dapat berfungsi sebagai dekongestan atau ekspektoran yang membantu mengencerkan dahak dan meredakan hidung tersumbat.

Cara menggunakan minyak kayu putih untuk bayi

Cara menggunakan minyak kayu putih bayi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Minyak kayu putih untuk bayi biasanya digunakan dengan cara diusapkan atau dioleskan langsung atau menghirup uapnya.

1. Dioleskan langsung ke bagian tubuhnya

Jika Anda ingin mengoleskan minyak kayu putih pada bayi, sebaiknya tuangkan minyak terlebih dahulu pada salah satu tangan, lalu gosokkan kedua tangan sebelum mengoleskannya pada permukaan kulit bayi.Anda dapat memadukannya dengan teknik pijatan supaya bayi merasa lebih nyaman. Cara ini juga bermanfaat untuk berjaga-jaga jika bayi memiliki kulit sensitif. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengoleskan minyak kayu putih untuk bayi.
  • Bila hidung bayi tersumbat, tuang minyak kayu putih bayi ke tangan Anda, lalu usapkan pada kaki, dada, dan punggung bayi sebelum tidur.
  • Jika bayi mengalami batuk, usapkan tangan yang telah dioleskan minyak kayu putih ke punggung bayi, tepatnya dekat paru-paru sambil menggosoknya secara perlahan. Cara ini dianggap mampu menghangatkan paru-paru dan mengurangi batuk bayi Anda.
  • Untuk mengatasi perut kembung pada bayi, oleskan minyak kayu putih ke perut bayi. Pijat perut dari luar searah jarum jam dan pastikan minyak kayu putih tidak menetes ke pusar bayi.

2. Digunakan sebagai terapi uap

Menghirup langsung minyak kayu putih bayi dari botolnya atau mengusapkannya di area wajah bayi sangat tidak disarankan. Cara tersebut dapat menyebabkan gangguan pernapasan yang bisa berbahaya, termasuk asma jika bayi memilikinya.Oleh karena itu, lebih baik Anda melakukan beberapa cara uap bayi dengan minyak kayu putih yang aman sebagai berikut.
  • Cara uap bayi dengan minyak kayu putih dapat dilakukan menggunakan diffuser atau vaporizer. Campurkan air dan beberapa tetes minyak kayu putih pada diffuser atau vaporizer untuk membantu membersihkan dan menghangatkan udara agar mencegah bayi dari gangguan pernapasan.
  • Pada bayi dengan hidung tersumbat, tambahkan tiga tetes minyak kayu putih ke dalam semangkuk air panas dan letakkan di bawah box bayi supaya uapnya bisa terhirup. Cara uap bayi dengan minyak kayu putih ini dapat membuat bayi merasa nyaman ketika menghirupnya.
Minyak kayu putih umumnya aman digunakan oleh bayi. Meskipun demikian, tetap ada kemungkinan minyak kayu putih bayi menyebabkan alergi. Selain itu, efek samping yang dapat timbul saat mengoleskan minyak kayu putih adalah ruam, iritasi kulit, hingga kulit terbakar.Untuk mendeteksi masalah ini, sebaiknya lakukan tes alergi dengan mengoleskan sedikit minyak kayu putih pada siku bayi. Jika muncul tanda-tanda alergi, misalnya ruam atau iritasi pada kulit, segera hentikan penggunaan minyak ini.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
essential oilminyak atsirimerawat bayi
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/benefits-of-cajuput-essential-oil.html
Diakses 2 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/cajeput-oil#side-effects-and-precautions
Diakses 2 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/cajeput-oil#What-is-cajeput-essential-oil?
Diakses 2 Juli 2021
Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/eucalyptus-oil-for-babies-is-it-safe/
Diakses 2 Juli 2021
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-457/cajeput-oil
Diakses 2 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait