Begini Cara Menghilangkan Bekas Bisul Tanpa Harus ke Dokter

Cara menghilangkan bekas bisul bisa dilakukan dengan alami
Bekas bisul bisa saja mengganggu penampilan bila terdapat di bagian yang mudah terlihat, misalnya leher

Bisul adalah jenis infeksi kulit yang sering dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Pada umumnya, bisul bisa sembuh sendiri walau ada beberapa kasus yang cukup parah dan perlu ditangani dokter.

Ketika sembuh, biasanya timbul bekas luka pada lokasi bisul. Jika lokasinya di tempat yang mudah terlihat, tentu akan mengganggu penampilan. Nah, Anda bisa menyimak beberapa cara menghilangkan bekas bisul dengan alami di bawah ini!

Sederet cara menghilangkan bekas bisul di badan

Bekas bisul bisa berupa noda hitam di kulit atau seperti bekas luka. Jika ukurannya cukup besar dan muncul di area kulit yang mudah terlihat, mungkin saja Anda merasa risih dan terganggu.

Tanpa harus ke dokter, Anda bisa mencoba serangkaian cara menghilangkan bekas bisul ini di rumah:

1. Lidah buaya

Kupas bagian kulit lidah buaya yang berwarna hijau untuk mendapatkan dagingnya yang bening dan bertekstur mirip gel. Oleskan ke atas bekas bisul dengan gerakan memutar sebanyak dua kali sehari. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Madu

leskan madu ke atas bekas bisul, lalu tutupi dengan kain atau perban. Biarkan semalaman dan basuh pada keesokan paginya. Untuk mendapatkan manfaat madu secara maksimal, lakukan setiap hari.

3. Minyak kelapa

Ambil beberapa sendok makan minyak kepala dan hangatkan. Kemudian, oleskan minyak ke atas bekas bisul dan lakukan pijatan selama 10 menit.

Lalu, biarkan minyak kelapa selama maksimal satu jam agar meresap di kulit. Ulangi sebanyak 2-4 kali setiap hari.

4. Lemon

Oleskan air perasan lemon ke atas bekas bisul dengan kapas atau cotton bud. Biarkan selama 10 menit sebelum membasuhnya dengan air bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin setiap hari, usahakan pada jam yang sama.

5. Cuka apel

Ambil 2 sendok makan cuka apel dan campurkan dengan 4 sendok makan air sulingan (distilled water). Lalu, gunakan kapas untuk mengoleskan cairan ini ke bekas bisul dan biarkan hingga kering.

Biarkan semalaman dan basuh keesokan harinya. Ulangi setiap malam agar hasilnya maksimal.

6. Vitamin C

Konsumsi suplemen ini dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan luka sekaligus regenerasi kulit.

Ingatlah pula untuk mengoleskan tabir surya pada bekas bisul saat beraktivitas di luar ruangan. Jangan sampai paparan sinar ultraviolet dari matahari memperburuk kondisi kulit bekas bisul yang ada pada kulit Anda. 

Cara menghilangkan bekas bisul di atas mungkin tidak dijamin seratus persen akan membuat kulit mulus kembali. Tapi luka bekas bisul setidaknya bisa diminimalkan dan disamarkan.

Mengenali cara mengobati bisul yang benar pun diperlukan. Tujuannya adalah agar risiko kemunculan bekas bisul pada kulit bisa diminimalkan.

Obati bisul dengan cara ini untuk cegah munculnya bekas bisul

Langkah penanganan bisul yang benar juga bisa dilakukan agar bekas yang muncul tidak parah. Bagaimanakah caranya?

1. Tempelkan kompres hangat

Sejak saat bisul mulai terbentuk, berikan kompres hangat. Tempelkan handuk yang telah dibasahi air hangat di atas bisul selama 20 menit, dan ulangi tiga hingga empat kali dalam sehari.

Kompres hangat akan meningkatkan sirkulasi antibodi dan sel darah putih ke area yang terinfeksi, serta menarik nanah untuk mengumpul di permukaan bisul. 

2. Jangan dipencet

Hindari mencoba memecahkan bisul yang masih terasa agak keras dan memerah. Tunggu hingga bisul matang yang ditandai dengan terkumpulnya nanah di permukaan bisul dan bisul terasa lunak.

Tusuk bisul dengan alat yang steril dan keluarkan hingga tuntas nanah dan darah di dalam bisul. 

3. Gunakan salep antibiotik

Boleh juga mengoleskan salep antibiotik yang dijual bebas, ke atas luka bekas bisul yang pecah untuk mencegah infeksi kembali. 

Bisul bisa muncul di area mana saja di tubuh dan umumnya berwujud benjolan bulat dan kemerahan. Benjolan kemudian perlahan-lahan membengkak serta mengandung nanah.

Bokong termasuk bagian tubuh yang bisa mengalaminya. Bisul yang tumbuh tepat di atas tulang ekor atau belahan bokong dikenal dengan istilah kista pilonidal.

Bisul dan kista pilonidal

Bisul akan terasa sakit, terutama bila tersentuh. Kemunculan bisul umumnya berlangsung selama dua minggu sebelum akhirnya pecah dan mengeluarkan nanah. 

Penyebab munculnya bisul adalah bakteri yang masuk ke dalam folikel rambut yang terbuka atau luka pada kulit. Di dalam folikel, bakteri berkoloni dan menyebabkan infeksi.

Bakteri penyebab bisul bisa menyebar ke orang lain melalui kontak langsung antarkulit atau melalui benda yang sudah terkontaminasi. Misalnya, handuk atau seprai.

Ada juga bisul yang terjadi karena kulit yang rusak akibat luka atau gesekan dan tekanan terus-menerus di area yang sama. Kasus bisul dari kista pilonidal termasuk salah satu contohnya.

Kista pilonidal adalah benjolan yang terbentuk akibat tumpukan kotoran dan rambut-rambut di bawah kulit. Lokasi terbentuk biasanya di bagian atas belahan bokong, tepat di ujung bawah tulang ekor.

Benjolan kista pilonidal terbentuk akibat tekanan dan gesekan terus-menerus pada area bokong dan tulang ekor. Kista ini biasa dialami oleh orang yang terlalu banyak duduk bersandar dalam posisi cenderung membungkuk, seperti sopir truk atau bus antarkota. Apalagi jika orang tersebut kegemukan, mudah berkeringat dan kurang menjaga kebersihan tubuhnya. 

Selain kista pinodal, beberapa tipe bisul yang lain meliputi:

  • Furuncle, yaitu bisul yang muncul dari infeksi di folikel rambut dan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.
  • Carbuncle, yaitu bisul besar yang melibatkan infeksi di beberapa folikel rambut.

Furuncle dan carbuncle bisa sembuh dan kambuh secara berulang-ulang. Kondisi itu disebut furunculosis atau carbunculosis.

Apapun jenis bisul yang Anda alami, bekasnya cenderung muncul sehabis bisul sembuh. Cara menghilangkan bekas bisul dengan alami umumnya termasuk sama. Mulai dari penggunaan lidah buaya, lemon, madu, serta vitamin C.

Langkah apapun yang Anda pilih, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Dengan ini, keamanan langkah pengobatan yang Anda lakukan bisa lebih terjamin.

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/boils/article.htm
Diakses pada 24 Juni 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321082.php
Diakses pada 24 Juni 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/153174-how-to-remove-scars-left-from-boils/
Diakses pada 24 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed