Cara Menghilangkan Bekas Bisul dengan Mudah di Rumah


Cara menghilangkan bisul dengan cepat ternyata bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan, seperti penggunaan kompres air hangat, tidak memecahkannya, sampai menjaga area kulit tetap bersih.

0,0
15 Jul 2019|Armita Rahardini
Cara menghilangkan bisul dengan cepat bisa dilakukan secara alamiCara menghilangkan bisul dengan cepat perlu dilakukan agar tidak mengganggu penampilan
Cara menghilangkan bisul dengan cepat memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Akan tetapi, bila kondisi tak juga membaik, tak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan pilihan pengobatan yang tepat. Bisul adalah jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit kulit ini sering dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Bisul merupakan benjolan bulat berwarna kemerahan yang bisa muncul di berbagai area kulit tubuh.Seiring berjalannya waktu, benjolan perlahan-lahan membengkak serta mengandung nanah.Umumnya, bisul bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, ada beberapa kasus yang cukup parah dan perlu menggunakan obat atau penanganan dokter untuk menghilangkan bisul.Maka dari itu, mengenali cara mengobati bisul yang benar perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko kemunculan bekas bisul di kemudian hari.

Bagaimana cara menghilangkan bekas bisul dengan cepat?

Salah satu cara menghilangkan bisul dengan cepat bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan.Adapun cara menghilangkan bisul dengan cepat dengan pengobatan rumahan adalah sebagai berikut.

1. Menempelkan kompres hangat

Sejak bisul mulai terbentuk pada area kulit tertentu, segera gunakan kompres hangat. Cara menghilangkan bisul dengan cepat ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi antibodi dan sel darah putih ke area kulit yang terinfeksi.Selain itu, kompres hangat dapat membantu menarik nanah agar berkumpul di permukaan bisul.Caranya, tempelkan handuk yang sudah dibasahi air hangat pada permukaan bisul selama 20 menit. Cara menghilangkan bisul dengan cepat ini bisa Anda lakukan 3-4 kali dalam sehari. 

2. Tidak memencetnya

Cara menghilangkan bisul dengan cepat jangan dipencet
Anda tidak disarankan memencet bisul pada kulit
Cara menghilangkan bisul dengan cepat adalah dengan tidak memencet atau memecahkannya. Apalagi bila dilakukan secara paksa ketika puncak benjolan pada kulit masih terasa agak keras dan area kulit di sekitarnya memerah. Sebaiknya, tunggu sampai bisul matang yang ditandai dengan berkumpulnya nanah di permukaan bisul, serta bisul terasa lunak disentuh. Tindakan memecahkan bisul hanya boleh dilakukan oleh dokter kulit untuk mengeluarkan nanah bisul menggunakan alat steril. 

3. Selalu jaga kebersihan kulit

Pengobatan rumahan yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bisul dengan cepat adalah selalu menjaga kebersihan kulit. Anda perlu rajin mandi menggunakan sabun antibakteri dan air hangat tiap dua kali sehari. Penggunaan sabun antibakteri bertujuan untuk menyingkirkan berbagai macam bakteri yang menempel di tubuh. Setelah mandi, keringkan tubuh menggunakan handuk. 

4. Rajin cuci tangan

Rajin cuci tangan sebagai cara menghilangkan bisul dengan cepat
Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh area kulit terdapat bisul
Anda juga disarankan untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun antibakteri, terutama sebelum dan sesudah menyentuh permukaan kulit yang terdapat bisul. Mencuci tangan merupakan cara menghilangkan bisul dengan cepat untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri ke area kulit lainnya. 

5. Sering cuci handuk dan pakaian yang digunakan

Pastikan Anda rutin mengganti handuk dan pakaian sesaat setelah digunakan.Kemudian, cuci pakaian atau handuk yang bersentuhan dengan kulit yang terkontaminasi bisul, menggunakan air panas. Hindari berbagi penggunaan handuk, pakaian, dan barang-barang pribadi lainnya saat Anda sedang mengalami bisul. 

6. Menggunakan salep antibiotik

Oleskan salep sebagai cara menghilangkan bisul di rumah
Oleskan salep tipis-tipis pada permukaan kulit yang terdapat bisul
Cara menghilangkan bisul dengan cepat perlu diiringi dengan penggunaan salep antibiotik. Anda bisa menggunakan obat bisul topikal yang dijual bebas di apotek untuk dioleskan pada bisul yang terasa sakit, atau luka bekas bisul yang pecah. Namun, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi obat bisul dan cara pakainya yang tepat. Anda juga boleh juga menggunakan obat salep antibiotik yang dijual bebas untuk mencegah infeksi muncul kembali. Caranya, oleskan salep tipis-tipis pada permukaan kulit yang terdapat bisul atau luka bekas bisul yang pecah sebanyak 2 kali sehari sampai bisul sembuh. 

7. Gunakan perban

Anda disarankan untuk menutup area kulit yang terdapat bisul dengan perban sebagai cara menghilangkan bisul dengan cepat.Caranya, setelah Anda membersihkan area kulit yang terinfeksi bisul, tutup menggunakan perban atau kain kasa steril. Namun, pastikan Anda rutin mengganti perban atau kain kasa steril, ya. 

8. Minum obat pereda nyeri

Cara menghilangkan bisul dengan minum obat pereda nyeri
Ibuprofen dan paracetamol bisa digunakan sebagai obat pereda nyeri
Jika Anda tidak tahan dengan rasa nyeri akibat kemunculan bisul, coba minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamolObat pereda nyeri ini dapat membantu meredakan rasa nyeri, serta demam yang ditimbulkan akibat bisul. 

Adakah cara mengobati bisul secara alami dan cepat?

Bahan alami disebut-sebut dapat digunakan sebagai cara mengobati bisul. Meski demikian, perlu diketahui bahwa beberapa cara menghilangkan bisul dengan cepat secara alami mungkin belum tentu efektif dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

1. Tea tree oil

Tea tree oil bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bisul alami
Campur beberapa tetes tea tree oil dan minyak zaitun
Salah satu cara mengobati bisul secara alami dan cepat bisa dengan tea tree oil atau minyak pohon teh. Kandungan antibakteri dan antiseptik pada tea tree oil dipercaya ampuh sebagai cara alami mengobati bisul. Cara menggunakannya, campur beberapa tetes tea tree oil dengan minyak zaitun. Kemudian, oleskan pada permukaan kulit yang terdapat bisul menggunakan kapas. Anda disarankan untuk tidak meneteskan tea tree oil langsung pada permukaan bisul karena dapat menimbulkan sensasi rasa terbakar pada kulit.

2. Kunyit

Cara mengobati bisul secara alami dan cepat berikutnya adalah dengan kunyit. Tak hanya sebagai rempah alami yang mampu menambah warna dan cita rasa, kunyit juga memiliki kandungan antibakteri dan antiradang sehingga diyakini dapat menyembuhkan bisul dengan cepat. Cara cepat mengobati bisul dengan kunyit adalah buat pasta masker kental dari campuran bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dihaluskan, air, dan jahe. Lalu, aduk merata seluruh bahan alami tersebut. Kemudian, oleskan pada permukaan kulit yang terdapat bisul. Gunakan obat bisul alami ini dua kali sehari secara rutin untuk hasil yang maksimal.Sebuah hasil studi yang dimuat dalam mengungkapkan bahwa mengoles jahe dan kunyit yang sudah dihaluskan dapat membantu menyembuhkan bisul. Aktivitas antimikroba dari ekstrak kunyit dan jahe terbukti efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus, yakni bakteri penyebab bisul, yang ada di kulit. Selain itu, Anda juga bisa meminumnya dengan merebus kunyit dan jahe secukupnya, sebanyak 3 kali sehari. Kemudian, minum air rebusannya yang sudah lebih dulu disaring. Anda pun bisa melakukan dua cara cepat mengobati bisul dengan kunyit tersebut secara bersamaan agar bisul sembuh lebih cepat. 

3. Minyak jarak atau castor oil

Cara mengobati bisul secara alami bisa pula dengan minyak jarak atau castor oil.Minyak jarak mengandung asam risinoleat yang bersifat antiradang dan antibakteri sehingga dipercaya dapat menjadi cara cepat mengobati bisul.Anda dapat mengoleskan minyak jarak secara langsung pada permukaan kulit. Lakukan cara cepat mengobati bisul ini setidaknya 3 kali sehari sampai bisul menghilang. 

4. Garam epsom

Garam epsom juga dapat dijadikan sebagai alternatif cara mengobati bisul secara alami dan cepat. Garam epsom dapat membantu membuat bisul lebih cepat kering sehingga nanah lebih cepat keluar. Cara alami mengobati bisul dengan garam epsom adalah taburkan secukupnya dalam baskom atau wadah berisi air hangat. Masukkan kain waslap atau handuk bersih ke dalamnya, lalu rendam sebentar. Lalu, angkat kain atau handuk, peras airnya hingga terasa cukup lembap. Tempelkan kain waslap atau handuk pada area kulit yang terdapat bisul setiap 20 menit sekali. Lakukan langkah ini minimal 3 kali sehari sampai bisul sembuh.

5. Lidah buaya

Cara menghilangkan bisul yang menimbulkan bekas adalah dengan lidah buaya
Anda bisa menggunakan lidah buaya asli dari tanamannya
Mengoleskan lidah buaya diyakini sebagai cara mengobati bisul secara alami dan cepat.Anda bisa menggunakan lidah buaya asli dari tanamannya, atau gel lidah buaya yang mudah didapat di pasaran. Bila menggunakan lidah buaya asli dari tanamannya, kupas bagian kulit tanaman untuk mendapatkan dagingnya yang bening dan bertekstur mirip gel. Kemudian, oleskan gel lidah buaya pada area bekas bisul dengan gerakan memutar sebanyak dua kali sehari. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

6. Madu

Madu juga dipercaya sebagai cara mengobati bisul secara alami dan cepat. Oleskan madu pada area kulit bekas bisul. Kemudian, tutupi dengan perban atau kain kasa steril. Diamkan semalaman dan basuh kulit pada keesokan paginya. Anda bisa melakukan langkah ini setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bisul
Hangatkan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit
Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai cara mengobati bisul secara alami dan cepat.Caranya, ambil beberapa sendok makan minyak kepala dan hangatkan. Kemudian, oleskan minyak kelapa pada permukaan bisul dan lakukan pijatan selama 10 menit. Biarkan minyak kelapa selama 1 jam agar dapat meresap dalam kulit secara maksimal. Lakukan langkah ini sebanyak 2-4 kali setiap harinya. 

8. Lemon

Tahukah Anda kalau air perasan lemon bisa digunakan sebagai cara mengobati bisul secara alami dan cepat?Oleskan air perasan lemon pada bekas bisul menggunakan kapas atau cotton bud. Biarkan selama 10 menit sebelum membasuhnya dengan air bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin setiap hari. Usahakan untuk melakukannya pada jam yang sama.

9. Cuka apel

Cuka apel bisa dioleskan sebagai cara menghilangkan bisul
Cara mengobati bisul secara alami dan cepat bisa dengan cuka apel
Cara mengobati bisul secara alami dan cepat bisa pula menggunakan cuka apel.Cara menggunakannya, ambil 2 sendok makan cuka apel dan campurkan dengan 4 sendok makan air putih. Lalu, gunakan kapas untuk mengoleskan campuran cuka apel ini ke area permukaan bisul dan diamkan sampai kering. Ulangi langkah ini setiap malam agar hasilnya jadi maksimal. 

10. Minyak neem atau minyak mimba

Minyak neem atau daun mimba juga dikenal sebagai obat bisul alami yang bisa digunakan. Daun mimba dipercaya memiliki kandungan antiseptik, antibakteri, dan antijamur yang berkhasiat mengobati infeksi kulit, termasuk bisul.Cara mengobati bisul secara alami dan cepat dengan minyak neem adalah dengan mengoleskannya sebanyak 3-4 kali sehari secara langsung pada area permukaan kulit bisul. 

11. Vitamin C

Cara mengobati bisul secara alami dan cepat digadang-gadang bisa dengan mengonsumsi vitamin C. Konsumsi makanan mengandung vitamin C serta suplemennya dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan luka sekaligus regenerasi kulit.Anda juga perlu mengoleskan tabir surya pada bekas bisul saat beraktivitas di luar ruangan. Jangan sampai paparan sinar ultraviolet dari matahari memperburuk kondisi kulit bekas bisul yang ada pada kulit Anda.Cara menghilangkan bekas bisul di atas mungkin akan memberikan efek yang berbeda-beda bagi tiap orang. Namun, luka bekas bisul setidaknya bisa disamarkan.

Catatan dari SehatQ

Meski dikatakan alami, cara alami mengobati bisul berisiko menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda. Jadi, alangkah baiknya Anda melakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada area bisul. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter sebelum guna mengetahui cocok atau tidaknya.Apabila bisul tak kunjung sembuh setelah melakukan berbagai cara cepat mengobati bisul di atas, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar cara mengobati bisul.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
bisulperawatan kulitkesehatan kulitpenyakit kulitfolikulitis
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/boils/article.htm
Diakses pada 24 Juni 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321082.php
Diakses pada 24 Juni 2019
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/153174-how-to-remove-scars-left-from-boils/
Diakses pada 24 Juni 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-boils#remedies
Diakses pada 7 Januari 2019
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/abscess#2-4
Diakses pada 7 Januari 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4022204/
Diakses pada 11 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait