logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Begini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

open-summary

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa adalah dengan menyikat gigi setelah sahur dan berbuka, berkumur menggunakan obat kumur, mengonsumsi buah serta air putih yang cukup, hingga menjalani perawatan gigi.


close-summary

5

(2)

6 Apr 2022

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa tidak jauh berbeda dari waktu biasa

Table of Content

  • Kenapa bisa bau mulut saat puasa?
  • Cara menghilangkan bau mulut saat puasa
  • Catatan dari SehatQ

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa sebenarnya tidak jauh berbeda dibanding hari-hari biasa.

Advertisement

Anda tetap perlu menggosok gigi secara teratur, banyak minum air putih saat sahur dan berbuka, serta membatasi konsumsi makanan yang berbau.

Bau mulut saat berpuasa terjadi karena beberapa hal. Simak dulu penjelasan mengenai penyebab serta cara agar tidak bau mulut saat puasa.

Kenapa bisa bau mulut saat puasa?

Sebelum mengetaui bagaimana cara mencegah sekaligus menghilangkan bau muut saat puasa, Anda juga perlu tahu apa saja penyebabnya.

Umumnya, bau mulut adalah kondisi yang juga disebut sebagai halitosis. Tingkatannya pun bervariasi, tergantung pada sumber atau penyebab mau mulut.

Sama halnya ketika Anda mengalami masalah bau mulut saat puasa. Penyebab utamanya adalah karena aliran air liur berkurang, sehingga membuat mulut kering (xerostomia).

Mengutip Mayo Clinic, mulut kering bisa menjadi penyebab bau mulut saat puasa, yang terjadi karena produksi air liur yang menurun. Padahal, air liur bermanfaat untuk melindungi serta membantu mengurangi pertumbuhan  bakteri penyebab bau tak sedap.

Selain itu, berikut adalah beberapa faktor risiko lainnya yang membuat mulut bau saat puasa, yaitu:

  • Ada tumpukan sisa makanan.
  • Tidak membersihkan gigi secara teratur.
  • Terjadi infeksi pada gigi.
  • Kondisi mulut, hidung, atau tenggorokan.
  • Penyakit lainnya, seperti GERD

Baca Juga

  • Asam Lambung Naik saat Puasa? Atasi dan Cegah dengan Cara Efektif Ini
  • Tips Mudik Sehat Untuk Anda yang Sering Mabuk di Perjalanan
  • Waspadai! 5 Pantangan Makanan Penderita Kolesterol

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Cara terbaik untuk memastikan Anda tidak mengalami bau mulut adalah dengan menjaga kebersihan gigi, lidah, dan juga mulut. Berikut ini adalah cara mencegah dan mengatasi agar tidak bau mulut saat puasa, di antaranya adalah:

 

Cara mengatasi bau mulut saat puasa adalah dengan rajin menyikat gigi
Cara menghilangkan bau mulut saat puasa adalah rutin menyikat gigi

1. Menyikat gigi setelah sahur dan berbuka

Menyikat gigi setelah sahur dan berbuka akan membantu mengurangi tumpukan sisa makanan dan bakteri di rongga mulut, sehingga risiko terjadinya bau mulut selama berpuasa akan berkurang.

Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride saat menggosok gigi untuk mengurangi risiko terbentuknya gigi berlubang. Sikat secara perlahan dari arah gusi ke gigi.

2. Membersihkan permukaan lidah

Selain di permukaan gigi, bakteri juga banyak menempel di lidah. Jika dibiarkan, maka tumpukan tersebut akan memicu bau mulut, terutama saat puasa.

Untuk itu, Anda jug aperlu membersihkan area lidah secagai cara mencegah agar tidak bau mulut saat puasa.

Bersihkan lidah sebelum atau sesudah sikat gigi setelah sahur dan berbuka. Caranya, Anda bisa menggunakan sikat gigi atau alat pembersih lidah, lalu menyikat permukaan lidah secara perlahan.

3. Menggunakan obat kumur

Membersihkan rongga mulut menggunakan obat kumur akan membantu menyingkirkan bakteri berlebih penyebab bau mulut. Pilih obat kumur yang sesuai dengan kondisi rongga mulut Anda.

Beberapa orang tidak terlalu cocok menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, karena bisa membuat perih rongga mulut. Sebagai cara menghilangkan bau mulut saat puasa, cukup gunakan dua kali sehari setelah sahur dan berbuka puasa.

4. Menggunakan benang gigi

Cara mengatasi bau mulut saat puasa dengan membersihkan gigi menggunakan benang gigi
Cara mengatasi bau mulut saat puasa menggunakan benang gigi

Membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi alias dental floss adalah salah satu cara agar tidak bau mulut saat puasa yang kerap dilewatkan.

Padahal, jika ada sisa makanan yang tersangkut di sela gigi dalam jangka waktu lama, seperti sisa sahur yang dibiarkan, maka bau mulut berisiko muncul di siang hari.

Penggunaan benang gigi cukup dilakukan satu hari sekali. Anda bisa membeli benang gigi di apotek maupun mini market terdekat dari rumah Anda.

5. Cukupi kebutuhan cairan

Kekurangan cairan di tubuh bisa membuat mulut menjadi kering dan memicu bau mulut.

Oleh karena itu, meskipun sedang berpuasa, Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan cairan harian pada waktu berbuka puasa hingga sahur.

Minum air putih juga akan membantu melapisi rongga mulut agar tetap lembap dan melarutkan bakteri serta kotoran yang menempel di lidah dan gigi, sehingga tidak menumpuk dan memicu bau mulut.

6. Konsumsi buah dan sayuran

Mengonsumsi buah serta sayuran adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang mudah.

Sebagai contoh, buah jeruk yang mengandung vitamin C, bermanfaat untuk merangsang produksi air liur, sehingga risiko mulut menjadi kering akan berkurang.

Vitamin C juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. Jadi, Anda akan terhindar dari penyakit yang menghambat ibadah di bulan suci.

Sementara itu, buah Apel mengandung zat yang bisa menetralisir bau mulut yang timbul setelah Anda mengonsumsi makanan dengan aroma kuat.

7. Hindari makanan pemicu bau mulut

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang putih saat sahur maupun berbuka akan membuat risiko munculnya bau mulut saat berpuasa menjadi meningkat.

Oleh karena itu untuk mencegah sekaligus menghilangkan bau mulut saat puasa, Anda perlu menghindari konsumsi makanan berbau menyengat secara berlebihan. Beberapa contohmya, seperti:

  • Bawang bombay,
  • Petai, 
  • Jengkol, 
  • Jenis keju tertentu.
  • Makanan terlalu asin, manis, dan lengket.

8. Rutin membersihkan gigi palsu

Rutin membersihkan gigi palsu bisa mengatasi bau mulut saat puasa
Untuk mengatasi bau mulut saat puasa rutinlah bersihkan gigi palsu

Bagi Anda yang menggunakan gigi palsu lepasan, tetaplah rutin melepas dan membersihkannya dengan benar selama berpuasa. Sebab, gigi palsu yang dibiarkan tanpa perawatan bisa menjadi ladang bakteri penyebab bau mulut.

Sementara itu untuk Anda yang menggunakan gigi tiruan cekat yang tidak bisa dilepas pasang sendiri, tetaplah jaga kebersihannya seperti menjaga gigi asli.

Sebagai contoh, menyikatnya dua kali sehari, menggunakan benang gigi, hingga berkumur dengan obat kumur.

9. Tidak merokok selama berpuasa

Beberapa orang masih merokok selama berpuasa. Kebiasaan ini, selain membahayakan untuk paru-paru, juga dapat merusak gusi dan gigi, serta memicu munculnya bau mulut.

10. Merawat kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi

Cara mencegah serta menghilangkan bau mulut saat puasa yang terakhir adalah dengan merawat gangguan yang ada di rongga mulut ke dokter gigi.

Menumpuknya karang gigi, gigi berlubang, radang gusi, dan gusi beradarah bisa menyebabkan bau mulut menyengat yang akan semakin parah apabila selama puasa Anda tidak melakukan perawatan dengan tepat.

Menjalani perawatan gigi standar seperti penambalan, pencabutan, serta pembersihan karang gigi selama puasa, menurut fatwa yang keluar dari Majelis Ulama Indonesia, tidak membatalkan ibadah tersebut.

Sebagai langkah antisipasi, Anda juga bisa melakukannya setelah berbuka puasa. Dengan begitu, kondisi gigi dan mulut bisa kembali sehat dan bau mulut menyengat bisa dihindari.

Catatan dari SehatQ

Cara menghilangkan mulut saat puasa bisa membantu menyegarkan napas dalam jangka panjang, sekaligus menurunkan risiko terjadinya penyakit gigi dan mulut lainnya.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menjaga kesehatan gigi serta agar tidak bau mulut selama bulan puasa, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips puasakesehatan gigibau mulut

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved