Cara memutihkan wajah pria dapat dilakukan dengan berbagai cara
Memutihkan wajah pria dapat dilakukan dengan berbagai perawatan

Bicara soal produk perawatan kulit, pria biasanya memiliki rutinitas yang lebih sederhana dibanding wanita. Tujuan perawatan kulitnya juga berbeda-beda, mulai dari perawatan harian hingga ingin memutihkan kulit. Tidak sedikit pula yang mencari cara memutihkan kulit wajah pria karena berbagai alasan, misalnya memperbaiki penampilan agar tidak kusam dan meningkatkan kepercayaan diri.

Di pasaran, produk pemutih wajah dikenal dengan banyak nama, seperti skin lightening, bleaching, whiteners, brighteners, maupun fading creams. Namun, pada dasarnya fungsi mereka sama saja, yakni mengurangi produksi melanin pada kulit untuk menjadikannya lebih putih.

Perusahaan kosmetik juga biasanya membagi produk mereka berdasarkan jenis kelamin, yakni kosmetik khusus pria maupun wanita. Kulit pria memang biasanya lebih tebal dari wanita, tapi Anda tidak perlu memilih produk berlabel ‘untuk pria’ karena elemen dasar skin care yang digunakan oleh pria dan wanita pada dasarnya sama saja.

Cara memutihkan kulit wajah pria dengan produk yang aman

Untuk mengetahui cara memutihkan kulit wajah pria yang terbaik, tentu saja Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Pasalnya, memutihkan kulit wajah merupakan proses yang tidak sebentar, mahal, hasilnya kadang kala tidak sesuai dengan harapan Anda.

Dalam beberapa kasus tertentu bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan lain, jika Anda menggunakan produk pemutih wajah yang tidak aman dan abal-abal.

Terdapat dua cara memutihkan kulit wajah pria yang awam dilakukan di dunia, yakni menggunakan perawatan laser dan menggunakan krim wajah.

Krim wajah yang dimaksud biasanya mengandung hidrokuinon maupun steroid, namun krim ini sebaiknya hanya Anda gunakan dengan resep dokter sesuai dengan peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Nomor: HK.00.05.42.1018 Tentang Bahan Kosmetik.

Banyak krim atau obat pemutih wajah yang dapat Anda beli di pasaran, namun pastikan Anda mencermati komposisinya sebelum membeli.

Jangan beli produk secara sembarangan yang mengandung hidrokuinon dan steroid dalam dosis yang tidak jelas, dan bahkan bisa terdapat merkuri dan akan membahayakan kesehatan kulit Anda. Jangan pula membeli produk yang tidak mencantumkan komposisinya.

Persatuan Dokter Kulit Amerika (American Academy of Dermatology atau AAD) merekomendasikan Anda memilih produk pemutih wajah yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • Hidrokuinon 2%
  • Azelaic acid
  • Glycolic acid
  • Kojic acid
  • Retinoid (retinol, tretinoin, gel adapalene, atau tazarotene)
  • Vitamin C

Sebagai bagian dari cara memutihkan wajah pria, Anda juga harus menggunakan tabir surya setiap hari, sekalipun hari tengah mendung atau bahkan hujan. Pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 atau lebih untuk hasil yang maksimal. Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, pastikan memilih tabir surya bebas minyak agar tidak menyumbat pori-pori.

Adakah cara memutihkan wajah pria secara alami?

Selalu ada cara memutihkan wajah pria secara alami yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif. Walaupun aman tetapi perlu diingat bahwa bahan-bahan berikut belum teruji secara ilmiah dan biasanya tidak direkomendasikan oleh dokter kulit.

  • Bengkoang

Bengkoang dipercaya sejak dulu sebagai pemutih kulit, bahkan sudah banyak diolah menjadi bentuk krim, losion, dan sabun pemutih wajah. Kandungan vitamin C dalam bengkoang dipercaya memiliki khasiat untuk merangsang regenerasi kulit dan mencerahkan kulit wajah.

Untuk merasakan manfaat ini, Anda dapat menjadikan bengkoang sebagai masker. Parut bengkoang, peras airnya tanpa menambahkan air, biarkan mengendap. Oleskan endapan air bengkoang pada wajah, tunggu kering, dan bilas dengan air hangat.

  • Teh hijau

Cara memutihkan wajah pria selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) di dalam teh hijau dipercata dapat menekan penumpukan melanin yang mengakibatkan kulit menjadi gelap.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup menyeduh teh hijau dengan air hangat, basuh ke muka, kemudian bersihkan dengan handuk bersih. Lakukan langkah yang sama setidaknya 2 kali sehari.

  • Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloesin yang dipercaya dapat mengurangi hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari.

Cara memutihkan wajah pria dengan lidah buaya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan lendir tanaman ini ke wajah, diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih dan lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu.

Memiliki kulit wajah yang tidak putih sebetulnya sah-sah saja selama kondisi kulit Anda sehat. Namun jika Anda benar-benar ingin memutihkan kulit dengan aman dan efektif, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cara memutihkan kulit wajah pria yang tidak tepat, baik melalui produk kecantikan maupun alami, mungkin tidak akan membuahkan hasil, atau bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/skin-lightening-products
Diakses pada 6 November 2019

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-basics/skin-care-for-men
Diakses pada 6 November 2019

BPOM. http://ik.pom.go.id/v2016/artikel/artikel-Hidrokinon-dalam-Kosmetik.pdf
Diakses pada 6 November 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/skin-lightening/
Diakses pada 6 November 2019

Liputan 6. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3601182/cara-membuat-masker-bengkoang-alami-yang-bikin-kulit-putih-berseri
Diakses pada 6 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-knees
Diakses pada 6 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed