logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Macam-Macam Cara Memutihkan Wajah Pria agar Lebih Cerah

open-summary

Memutihkan wajah pria bukan berarti mengubah warna kulit menjadi putih, namun lebih ke mencerahkan sehingga kulit tampak lebih cerah.


close-summary

4

(8)

6 Nov 2019

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

cara memutihkan wajah pria

Cara memutihkan wajah pria bisa dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk dan madu

Table of Content

  • Cara memutihkan wajah pria dengan bahan alami
  • Cara memutihkan wajah pria secara medis
  • Cara memilih produk pemutih wajah pria
  • Catatan dari SehatQ

Ada berbagai macam cara memutihkan wajah pria. Ya, tidak hanya wanita, kini banyak pria yang menjadi lebih sadar tentang kesehatan dan penampilan mereka, terutama pada bagian wajah. Tak heran jika banyak dari mereka yang rela berburu dan mencoba berbagai jenis krim serta losion pemutih wajah pria untuk mendapatkan warna kulit yang sempurna. 

Advertisement

Lantas, apa saja macam-macam cara memutihkan wajah pria yang bisa Anda coba? Berikut informasinya.

Cara memutihkan wajah pria dengan bahan alami

Ada sejumlah bahan alami yang bisa dijadikan cara memutihkan wajah pria. Apa saja pemutih wajah pria alami yang bisa Anda gunakan?

1. Lemon dan madu

Lemon dan madu bisa menjadi salah satu solusi pemutih wajah pria secara alami. Gunakan air perasan lemon untuk membersihkan wajah Anda. Hal ini akan membuat kulit Anda terlihat segar dan lebih putih.

Anda dapat mencuci muka dengan mencampurkan jus lemon dan madu. Madu dapat melembapkan kulit serta menghilangkan debu dan kotoran dari wajah Anda. Ikuti metode ini secara teratur untuk mendapatkan kulit yang lebih putih.

2. Yogurt

Menggunakan yogurt secara teratur dapat membawa hasil yang mengesankan pada wajah Anda. Anda cukup memanfaatkan yogurt sebagai masker dan biarkan selama 10-15 menit.

Cara lain yang bisa Anda ikuti adalah mencampur sedikit tepung gram atau oat giling untuk membuat yogurt menjadi lebih kental sehingga dapat digunakan sebagai scrub pada kulit wajah Anda.

3. Tepung gram

Tepung gram adalah salah satu produk alami yang dapat digunakan sebagai pemutih wajah pria. Tepung ini memberikan hasil yang menjanjikan ketika digunakan tanpa bahan lain. Karena teksturnya yang kasar, tepung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub yang dapat digunakan di seluruh tubuh Anda.

Anda perlu mencampur tepung dengan sedikit air dingin, lalu oleskan pada wajah Anda selama sekitar 20 menit untuk mendapatkan hasilnya. Usai penggunaan tepung ini, bersihkan dengan sedikit air yang tidak terlalu dingin.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah pemutih wajah pria alami yang berguna untuk membuat kulit menjadi cerah karena kaya akan vitamin C. Buah ini juga dapat meningkatkan kekenyalan dan tekstur kulit Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah menghaluskan kulit jeruk. Selain itu, Anda juga bisa mencampurnya dengan sedikit bubuk kunyit ke dalam dua sendok makan. Campur kedua bahan tersebut dan oleskan ke wajah Anda, biarkan selama sekitar 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih dan ulangi secara teratur.

Atau, Anda hanya perlu memeras jeruk nipis dan mengoleskan air perasan jeruk nipis tersebut pada kulit wajah. Tunggu selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. 

5. Pepaya

Karena kaya akan khasiat, pepaya banyak digunakan untuk perawatan kulit, tak terkecuali sebagai pemutih wajah pria. Menggunakan masker pepaya dianggap mampu mencerahkan dan memutikan kulit.

Cara menggunakan pepaya sebagai perawatan wajah sangat mudah. Potong dan hancurkan pepaya, jika perlu tambahkan sedikit potongan pisang, tambahkan madu, lalu aduk rata dan oleskan pada ke kulit. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan kulit Anda.

6. Lidah buaya

Mengoleskan lidah buaya bisa jadi cara memutihkan wajah pria secara alami yang efektif

Salah satu cara alami yang diklaim berfungsi sebagai pemutih wajah pria secara alami adalah menggunakan lidah buaya. Tanaman ini memiliki kualitas yang akan membantu meratakan warna kulit.

Zat pendingin dan antiperadangan yang terkandung di dalam lidah buaya juga dapat melemaskan kulit Anda sekaligus mempercepat proses regenerasi sel kulit mati dan jaringan yang rusak.

Lidah buaya juga baik untuk melembapkan kulit selama musim panas. Cara pengaplikasiannya pun mudah, Oleskan gel lidah buaya ke wajah Anda. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

7. Bengkoang

Bengkoang dipercaya sejak dulu sebagai pemutih kulit, bahkan sudah banyak diolah menjadi bentuk krim, losion, dan sabun pemutih wajah. Kandungan vitamin C dalam bengkoang dipercaya memiliki khasiat untuk merangsang regenerasi kulit dan mencerahkan kulit wajah.

Untuk merasakan manfaat ini, Anda dapat menjadikan bengkoang sebagai masker. Parut bengkoang, peras airnya tanpa menambahkan air, biarkan mengendap. Oleskan endapan air bengkoang pada wajah, tunggu kering, dan bilas dengan air hangat.

8. Teh hijau

Cara memutihkan wajah pria selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) di dalam teh hijau dipercata dapat menekan penumpukan melanin yang mengakibatkan kulit menjadi gelap.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup menyeduh teh hijau dengan air hangat, basuh ke muka, kemudian bersihkan dengan handuk bersih. Lakukan langkah yang sama setidaknya 2 kali sehari.

9. Mentimun

Ekstrak mentimun dipercaya memiliki manfaat untuk perawatan kulit. Mentimun juga menjadi sumber antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang bisa membantu melembapkan kulit.

Tidak hanya itu, mentimun pun bisa meredakan iritasi dan pembengkakan pada kulit. Menurut riset saja, ekstrak mentimun dapat menghambat sintesis melanin dan sekresi sebum.

Mentimun dipercaya sebagai cara memutihkan wajah pria karena mampu membuat kulit kencang dan kenyal.

Baca Juga

  • Perbedaan Stretch Mark Merah dan Putih Serta Tips Menghilangkannya
  • 18 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dan Medis
  • 4 Bahan Deodoran Alami yang Ampuh Usir Bau Badan Serta Cara Membuatnya

Cara memutihkan wajah pria secara medis

Untuk mengetahui cara memutihkan wajah pria terbaik, tentu saja Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokterspesialis kulit. Pasalnya, memutihkan wajah pria merupakan aktivitas yang tidak boleh dilakukan sembarangan.

Dalam beberapa kasus, memutihkan wajah justru bisa menimbulkan masalah kesehatan lain. Hal ini utamanya apabila Anda menggunakan produk pencerah wajah pria yang tidak aman dan abal-abal.

Terdapat dua cara memutihkan wajah pria yang awam dilakukan di dunia, yakni:

1. Terapi laser

Melakukan terapi laser menjadi salah satu cara aman dan efektif untuk memutihkan kulit wajah pria secara permanen. Sinar laser bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah yang menyebabkannya jadi tampak kusam.

Terapi pemutih wajah pria permanen atau disebut juga laser resurfacing ini dilakukan dengan cara mengarahkan alat khusus yang akan memancarkan sinar laser ke area kulit wajah untuk menghancurkan sel kulit mati.

2. Krim wajah

Penggunaan krim wajah sebagai cara memutihkan wajah pria sebaiknya di bawah pengawasan dokter

Krim wajah yang dimaksud biasanya mengandung hidrokuinon maupun steroid, namun krim ini sebaiknya hanya Anda gunakan dengan resep dokter sesuai dengan peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Nomor: HK.00.05.42.1018 Tentang Bahan Kosmetik.

Banyak krim atau obat pemutih wajah yang dapat Anda beli di pasaran, namun pastikan Anda mencermati komposisinya sebelum membeli.

Jangan beli produk secara sembarangan yang mengandung hidrokuinon dan steroid dalam dosis yang tidak jelas, dan bahkan bisa terdapat merkuri dan akan membahayakan kesehatan kulit Anda. Jangan pula membeli produk yang tidak mencantumkan komposisinya.

American Academy of Dermatology atau AAD merekomendasikan Anda memilih produk pemutih wajah yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • Hidrokuinon 2%
  • Azelaic acid
  • Glycolic acid
  • Kojic acid
  • Retinoid (retinol, trtinoin, gel adapalene, atau tazarotene)
  • Vitamin C

Sebagai bagian dari cara memutihkan wajah pria, Anda juga harus menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 atau lebih untuk hasil yang maksimal.

Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, pastikan memilih tabir surya bebas minyak agar tidak menyumbat pori-pori.

Cara memilih produk pemutih wajah pria

Ada banyak sekali pilihan produk pencerah wajah pria di pasaran dengan harga bervariasi. Jangan samakan produk yang berhasil mencerahkan wajah orang lain karena belum tentu dampaknya sama pada kulit diri sendiri.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk pencerah wajah pria adalah:

1. Kenali jenis kulit

Mengingat adanya hormon testosteron dalam tubuhnya, seorang pria cenderung memiliki kulit wajah lebih tebal dan berminyak. Itu sebabnya di pasaran banyak produk pencerah wajah pria dengan formulasi mengurangi minyak berlebih.

Meski demikian, tak menutup kemungkinan seseorang memiliki kulit wajah kering. Jika ini yang terjadi, pilih jenis pembersih wajah krim dan pelembap yang lebih pekat.

Pemilik kulit wajah kombinasi juga perlu tahu produk yang tepat untuk kulit mereka. Tak hanya itu, orang dengan kulit sensitif juga sebaiknya memilih produk yang tidak terlalu banyak komposisinya.

2. Tak harus produk untuk pria

Memang ada banyak produk skincare untuk pria, namun bukan berarti tidak boleh menggunakan produk untuk perempuan. Banyak produk skincare yang bisa digunakan baik oleh perempuan maupun laki-laki.

Jika suka dengan aroma tertentu, pilih dengan aroma sandalwood atau cedarwood yang bisa menenangkan.

3. Eksperimen

Skincare adalah bagian dari eksperimen mencoba produk yang benar-benar cocok dan tidak. Jika belum yakin cocok atau tidak dengan produk tertentu, beli kemasan sample atau kecil. Dengan demikian, bisa diketahui preferensi produk yang tepat untuk jenis kulit masing-masing.

Catatan dari SehatQ

Itulah berbagai pilihan yang bisa Anda coba sebagai cara memutihkan wajah pria. Perlu digarisbawahi, metode-metode di atas mayoritas hanya bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, sehingga jadi tampak lebih putih dan bersih, alih-alih mengubah tone warna kulit menjadi putih.

Punya pertanyaan seputar kesehatan kulit? Tanya langsung dengan dokter terbai melalui layanan live chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 

Advertisement

kulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajah

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved