Begini Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan secara Online dan Offline

(0)
02 Apr 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara cetak kartu BPJS Ketenagkerjaan bisa dilakukan secara online dan offlineKartu BPJS Ketenagakerjaan dapat dicetak secara online dan offline (Credit: Creative 69 Studio/Shutterstock)
Jika kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang, Anda tidak perlu risau karena kartu yang baru bisa dicetak sendiri dengan mudah. Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan juga tidaklah sulit, Anda dapat melakukannya secara online atau offline.Kartu BPJS Ketenagakerjaan dibutuhkan untuk proses klaim jaminan yang diperoleh oleh pesertanya. Jika kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang, berikut adalah penjelasan seputar cara mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terdaftar.

Persyaratan mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang

Jika kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang, Anda harus segera melakukan proses penggantian kartu. Sebelum mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau memprosesnya secara online, siapkan terlebih dahulu persyaratan berikut:
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan aslinya
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan aslinya
  • Surat pengantar dari perusahaan tempat bekerja yang menyatakan bahwa Anda masih bekerja di perusahaan tersebut dan permohonan pembuatan kartu baru BPJS Ketenagakerjaan
  • Membawa materai.
Apabila semua persyaratan sudah siap, Anda bisa melanjutkan untuk mengurus pencetakan ulang kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan

kartu bpjs ketenagakerjaan
Kartu BPJS Ketenagakerjaan
Berikut adalah sejumlah cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan: 
  • Melalui kantor BPJS Ketenagakerjaan

 Datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan di atas. Mintalah bantuan pada satpam atau petugas di tempat, lalu jelaskan tujuan Anda. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke salah satu petugas yang akan membantu proses cetak ulang kartu BPJS Ketenagakerjaan. Petugas akan memberi form duplikat kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan melakukan pengecekan terhadap persyaratan yang dibawa. Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan ini kurang lebih memakan waktu sekitar 10-15 menit apabila tidak ada antrean yang panjang. 
  • Melalui aplikasi BPJSTKU

 Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang juga bisa dilakukan sendiri secara online melalui aplikasi BPJSTKU. Namun, pastikan Anda mengingat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda. Berikut langkah cetak kartu BPJS ketenagakerjaan secara online:
  • Unduh aplikasi BPJSTKU di Play Store atau App Store
  • Bagi Anda yang belum memiliki akun, pilih opsi “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU.” Selanjutnya, pilih jenis kepesertaan Anda. Isilah form yang terdapat di layar, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nomor NIK, dan nomor BPJS Ketenagakerjaan. 
  • Setelah dilakukan verifikasi, akun telah berhasil dibuat. Jika Anda sudah memiliki akun, login menggunakan email dan password yang terdaftar. Bagi Anda yang lupa password, pilih opsi “Lupa Password” untuk melakukan pengaturan ulang kata sandi.
  • Jika berhasil login, Anda akan masuk ke beranda aplikasi. Kemudian, pilih opsi “Kartu Digital.” Klik kartu sehingga muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan beserta informasi kepesertaan Anda. Hal ini juga akan sangat membantu jika Anda ingin cek kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Di menu pojok kanan bawah, terdapat opsi “Simpan Kartu ke Galeri” dan “Kirim Kartu ke Email.” Anda bisa memilih salah satu opsi tersebut. Jika kartu digital sudah tersimpan di perangkat, Anda pun bisa langsung mencetaknya dengan printer. 
Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan ini bukan hanya mudah, tapi juga bisa menghemat waktu Anda. 
  • Melalui website BPJS Ketenagakerjaan

 Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan melalui website resmi . Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Pada halaman beranda website, pilih menu “Layanan Peserta.” Kemudian pilih “Tenaga Kerja.” Klik “Masuk” dan pilih BPJSTKU.
  • Jika Anda belum memiliki akun, pilih opsi “Daftar Pengguna.” Isi form yang tersedia hingga pendaftaran berhasil. Sementara, jika sudah memiliki akun, Anda bisa login menggunakan email dan password yang telah dibuat.
  • Kemudian pilih menu “Kartu Digital.” Pada gambar kartu, klik kanan dan pilih menu “Save Image As.” Setelah kartu digital BPJS Ketenagakerjaan berhasil tersimpan di perangkat, Anda bisa mencetaknya langsung.
Cara cetak kartu BPJS ketenagakerjaan tidaklah sulit dilakukan. Setelah dicetak ulang, pastikan Anda menyimpannya dengan baik dan jangan sampai kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang lagi.Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa menghubungi contact centre di nomor 175 atau melalui media sosial BPJS Ketenagakerjaan, baik Twitter @BPJSTKinfo, Facebook di laman BPJS Ketenagakerjaan, atau Instagram @bpjs.ketenagakerjaan.
bpjs ketenagakerjaanpeserta bpjs
BPJS Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Diakses pada 19 Maret 2021
Kode BPJS. https://www.kodebpjs.com/cara-mencetak-kartu-bpjs-ketenagakerjaan/
Diakses pada 19 Maret 2021
Cermati. https://www.cermati.com/artikel/cara-cepat-mengurus-kartu-bpjs-ketenagakerjaan-dan-bpjs-kesehatan-yang-hilang-dan-rusak
Diakses pada 19 Maret 2021
Lifepal. https://lifepal.co.id/media/kendala-dan-solusi-pencairan-dana-bpjs-ketenagakerjaan/
Diakses pada 19 Maret 2021
Akseleran. https://www.akseleran.co.id/blog/kartu-bpjs-ketenagakerjaan-hilang/
Diakses pada 19 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait