logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
BPJS

3 Cara Cetak Kartu Bpjs Ketenagakerjaan yang Hilang Secara Online Maupun Offline

open-summary

Kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang? Jangan khawati karena ada berbagai cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang dapat dilakukan secara online maupun offline. Langkah-langkah yang bisa kamu tempuh, yakni mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, menggunakan aplikasi BPJSTKU, atau mengakses situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.


close-summary

3.71

(7)

28 Apr 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan secara online dan offline

Kartu BPJS Ketenagakerjaan dapat dicetak secara online dan offline (Credit: Creative 69 Studio/Shutterstock)

Table of Content

  • Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang
  • Langkah-langkah cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan
  • Cetak kartu BPJS pakai kertas apa?
  • Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Jika kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang, Anda tidak perlu risau karena kartu yang baru bisa dicetak sendiri dengan mudah. Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan juga tidaklah sulit, Anda dapat melakukannya secara online atau offline.

Advertisement

Kartu BPJS Ketenagakerjaan dibutuhkan untuk proses klaim jaminan yang diperoleh oleh pesertanya. Apabila kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang, berikut adalah penjelasan seputar cara mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terdaftar.

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang

Anda harus segera melakukan proses penggantian kartu jika kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang. Sebelum mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau memprosesnya secara online, siapkan terlebih dahulu persyaratan untuk mencetak kartu berikut:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan aslinya
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan aslinya
  • Surat pengantar dari perusahaan tempat bekerja yang menyatakan bahwa Anda masih bekerja di perusahaan tersebut dan permohonan pembuatan kartu baru BPJS Ketenagakerjaan
  • Membawa materai.

Apabila semua persyaratan sudah siap, Anda bisa melanjutkan untuk mengurus pencetakan ulang kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Langkah-langkah cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan

kartu bpjs ketenagakerjaan

Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Berikut adalah sejumlah cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan:

1. Melalui kantor BPJS Ketenagakerjaan

Datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Mintalah bantuan pada satpam atau petugas di tempat, lalu jelaskan tujuan Anda. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke salah satu petugas untuk membantu proses cetak ulang kartu BPJS Ketenagakerjaan. 

Petugas akan memberikan formulir duplikat kartu BPJS Ketenagakerjaan dan melakukan pengecekan terhadap persyaratan yang dibawa.

Cara mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan ini kurang lebih memakan waktu sekitar 10-15 menit apabila tidak ada antrean yang panjang.

2. Melalui aplikasi BPJSTKU

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang juga bisa dilakukan sendiri secara online melalui aplikasi BPJSTKU.

Namun, pastikan Anda mengingat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda. Berikut langkah cetak kartu BPJS ketenagakerjaan secara online.

  • Unduh aplikasi BPJSTKU di Play Store atau App Store
  • Bagi Anda yang belum memiliki akun, pilih opsi “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU”. Selanjutnya, pilih jenis kepesertaan Anda. Isilah form yang ada di layar, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nomor NIK, dan nomor BPJS Ketenagakerjaan. 
  • Setelah dilakukan verifikasi, akun telah berhasil dibuat. Jika Anda sudah memiliki akun, login menggunakan email dan password yang terdaftar. Bagi Anda yang lupa password, pilih opsi “Lupa Password” untuk melakukan pengaturan ulang.
  • Jika berhasil login, Anda akan masuk ke beranda aplikasi. Kemudian, pilih opsi “Kartu Digital”. Klik kartu sehingga muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan beserta informasi kepesertaan Anda. Hal ini juga akan sangat membantu jika Anda ingin cek kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Di menu pojok kanan bawah, terdapat opsi “Simpan Kartu ke Galeri” dan “Kirim Kartu ke Email”. Anda bisa memilih salah satu opsi tersebut untuk download kartu BPJS Ketenagakerjaan. Jika kartu digital sudah tersimpan di perangkat, Anda pun bisa langsung mencetaknya dengan printer

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan ini bukan hanya mudah, tapi juga bisa menghemat waktu Anda.

Contoh kartu BPJS Ketenagakerjaan
Contoh kartu BPJS Ketenagakerjaan

3. Melalui website BPJS Ketenagakerjaan

Cara download kartu BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pada halaman beranda website, pilih menu “Layanan Peserta” dan pilih “Tenaga Kerja”. Klik “Masuk” dan pilih BPJSTKU.
  • Jika Anda belum memiliki akun, pilih opsi “Daftar Pengguna”. Isi form yang tersedia hingga pendaftaran berhasil. Jika sudah memiliki akun, Anda bisa login menggunakan alamat email dan password yang telah dibuat.
  • Kemudian pilih menu “Kartu Digital”. Pada gambar kartu, klik kanan dan pilih menu “Save Image As”. Setelah kartu digital BPJS Ketenagakerjaan berhasil tersimpan di perangkat, Anda bisa mencetaknya langsung.

Cara mencetak kartu BPJS ketenagakerjaan yang sudah terdaftar ini tidak sulit dilakukan. Setelah dicetak ulang, pastikan Anda menyimpannya dengan baik dan jangan sampai kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang lagi.

Adanya kartu BPJS Ketenagakerjaan digital juga dapat memberi kemudahan. Saat tidak membawa kartu fisik, Anda bisa mengunakan kartu digital ini. 

Cetak kartu BPJS pakai kertas apa?

Jika Anda sudah mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh jika kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang dan lupa nomor, langkah selanjutnya adalah mengetahui jenis kertas apa yang bisa digunakan untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Perlu dipahami, Anda dapat menggunakan kertas HVS atau kertas foto untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, perlu diingat bahwa Anda wajib menggunakan tinta berwarna alias tidak boleh hitam-putih saja.

Selain kertas yang harus digunakan, Anda juga perlu memahami ukuran kartu yang akan dicetak. Berikut penjelasannya:

  • Ukuran kartu dalam milimiter: 85mm x 52,2mm
  • Ukuran kartu dalam centimeter: 8,5cm x 5,22cm
  • Ukuran kartu dalam inci: 3,3464inci x 2,055118inci.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Sebagian dari Anda mungkin meremehkan keberadaan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, jika sewaktu-waktu kartunya hilang, mungkin Anda tidak mau mengurusnya.

Padahal, program dari pemerintah ini dapat membawa banyak dampak baik yang bisa Anda dan keluarga rasakan.

Berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, berikut adalah beberapa manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda rasakan:

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Salah satu manfaat BPJS Ketenagakerjaan adalah program Jaminan Kecelakaan Kerjanya alias JKK.

Program ini berfungsi untuk menanggulangi hilangnya sebagian atau seluruh penghasilan yang terjadi akibat risiko-risiko sosial, seperti kematian atau cacat karena kecelakaan kerja, entah itu yang fisik atau mental.

Selain itu, peserta yang mengalami kecelakaan kerja bisa mendapatkan hak berupa pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan medisnya.

Peserta juga bisa mendapatkan uang tunai jika mengalami cacat total dan keluarga dapat menerima uang tunai kalau peserta meninggal dunia.

  • Jaminan Hari Tua (JHT)

Program Jaminan Hari Tua memiliki tujuan untuk memastikan bahwa peserta dapat menerima uang tunia ketika masuk masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

JHT diselenggarakan berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib. Nantinya, hasil uang yang diterima saat masa pensiun akan diakumulasikan dari iuran yang peserta bayar dan hasil pengembangannya.

  • Jaminan Pensiun

Selanjutnya, peserta bisa menikmati Jaminan Pensiun yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak ketika mengalami kehilangan atau berkurang penghasilannya akibat memasuki usia pensiun atau menderita cacat total tetap.

Jaminan Pensiun diselenggarakan berdasarkan manfaat pasti dan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib.

Manfaat Jaminan Pensiun dapat berupa uang tunai yang diterima setiap bulan (bagi peserta dengan masa iuran minimal 15 tahun) atau uang tunai hasil akumulasi iuran ditambah hasil pengembangan (untuk peserta dengan masa iuran kurang dari 15 tahun).

Manfaat berupa uang tunai ini dapat dibayarkan kepada peserta, janda atau duda, anak peserta, orang tua, hingga ahli waris peserta.

  • Jaminan Kematian

Jaminan Kematian memiliki tujuan untuk memberikan santunan kematian yang diberikan kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia.

Program ini diselenggarakan atas dasar prinsip asuransi sosial. Manfaat Jaminan Kematian diberikan dalam bentuk uang tunai yang langsung dibayarkan kepada ahli waris peserta.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa menghubungi contact centre di nomor 175 atau melalui media sosial BPJS Ketenagakerjaan, baik di Twitter @BPJSTKinfo, Facebook di laman BPJS Ketenagakerjaan, atau Instagram @bpjs.ketenagakerjaan.

Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di AppStore dan Google Play.

Advertisement

bpjs ketenagakerjaanpeserta bpjs

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved