Beef Tallow adalah MInyak Lemak Sapi Padat, Kenali Potensi Manfaatnya bagi Kesehatan


Beef tallow adalah lemak yang diekstrak dari daging sapi. Ada sejumlah manfaat beef tallow yang bisa Anda dapatkan, mulai dari sumber lemak sehat yang dibutuhkan tubuh hingga membantu penyerapan vitamin.

0,0
27 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Beef tallow adalah makanan yang dianggap sehatBeef tallow adalah minyak lemak pada yang berasal dari daging sapi
Beef tallow adalah lemak yang diekstrak dari daging sapi. Minyak lemak sapi ini merupakan bentuk olahan dari suet, yakni lapisan lemak putih yang mengelilingi organ. Selain itu, beef tallow dapat dibuat dengan mengolah lemak yang ditemukan di dalam sumsum tulang sapi.Beef tallow memiliki bentuk yang padat, tapi bisa meleleh menjadi cairan ketika dipanaskan. Beef tallow adalah salah satu bahan yang cukup sering digunakan untuk memasak. Akan tetapi, saat ini penggunaannya kalah populer dengan minyak sayur.

Kandungan nutrisi beef tallow

Beef tallow adalah bahan makanan yang mengandung nutrisi alami sehingga membawa sejumlah manfaat bagi tubuh. Minyak lemak sapi yang padat ini mengandung vitamin A, D, E, K, niasin, dan kolin.Beef tallow juga memiliki kandungan beberapa jenis lipid, seperti:
  • Asam laurat
  • Asam miristat
  • Asam palmitat
  • Asam margarat
  • Asam palmitoleat
  • Asam oleat
  • Asam gadoleat
  • Asam linoleat
  • Asam linolenat
  • Kolesterol.

Manfaat beef tallow

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi beef tallow.

1. Sumber lemak sehat

Beef tallow mengandung sekitar 40-50 persen lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai salah satu lemak paling sehat untuk jantung.Kandungan lemak jenuh beef tallow juga diyakini memiliki dampak yang sebagian besarnya netral pada kadar kolesterol darah.Maka dari itu, Anda dapat mengonsumsi beef tallow dalam jumlah yang wajar tanpa khawatir meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler.

2. Memiliki titik pembakaran yang tinggi

Minyak untuk memasak rentan teroksidasi pada suhu tinggi sehingga berpotensi menyebabkan masalah, seperti pembentukan radikal bebas. Namun, beef tallow dapat digunakan untuk memasak pada suhu tinggi tanpa menyebabkan perubahan komposisi.

3. Membantu penyerapan vitamin

Mengonsumsi beef tallow dapat membantu menyerap vitamin yang larut dalam lemak, di amtaranya vitamin A, D, E, dan K. Vitamin-vitamin esensial ini memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan organ dan fungsi tubuh.

4. Membantu mengontrol berat badan

Beef tallow kaya akan asam lemak CLA yang dapat mendukung metabolisme sehat untuk pembakaran lemak. Selain itu, CLA terbukti secara ilmiah memiliki sifat antiradang, mendukung kekebalan tubuh, bahkan memiliki potensi melawan pertumbuhan tumor.

5. Berpotensi meringankan efek samping cuci darah dan terapi radiasi

Kandungan vitamin E pada beef tallow dapat menurunkan efek samping cuci darah (dialisis) dan terapi radiasi. Kandungan antioksidan ini dapat membantu menangkal radikal bebas, serta mengurangi efek samping obat-obatan yang menyebabkan kerontokan rambut dan kerusakan paru-paru.

6. Membantu memperkuat otot

Mengonsumsi minyak lemak sapi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan fisik. Beberapa potensi manfaat untuk otot dari beef tallow adalah:
  • Meningkatkan energi
  • Menurunkan stres oksidatif pada otot
  • Memperkuat otot dan mengobati kelelahan
  • Meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sel serta dinding kapiler.

7. Membantu menjaga kelembapan kulit

Beef tallow kaya akan asam lemak, seperti asam palmitoleat, asam stearat, dan asam oleat, yang dapat membantu kesehatan kulit, seperti:
  • Mendukung fungsi pelindung kulit
  • Meningkatkan kelembapan kulit dan mengatasi kekeringan
  • Meningkatkan kelenturan kulit dan membantu menyembuhkan dari masalah gangguan kulit.

8. Membantu menjaga kesehatan lansia

Fungsi antioksidan berupa vitamin E pada beef tallow dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang-orang yang berusia lanjut.Selain itu, kandungan ini juga dapat menghambat hilangnya ingatan dan berkembangnya penyakit Alzheimer, serta menurunkan risiko demensia.

Kemungkinan efek samping beef tallow

Pilihlah beef tallow yang berasal dari sapi dengan pakan rumput. Pasalnya, saat ini banyak beef tallow dari sapi yang dipelihara dengan menggunakan hormon, antibiotik, dan sebagainya. Anda juga perlu menghindari beef tallow terhidrogenasi yang mengandung lemak trans berbahaya bagi kesehatan.Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi beef tallow sewajarnya saja karena dapat menyebabkan mual, tersedak karena muntah, serta kenaikan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.Anda perlu membatasi konsumsi lemak hewani jika berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan memiliki riwayat kolesterol tinggi. Sebaiknya konsultasikan masalah ini lebih lanjut ke dokter jika Anda termasuk golongan yang berisiko.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatnutrisi
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/beef-beef tallow-uses-and-benefits/
Diakses 14 Agustus 2021
Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/beef tallow/
Diakses 14 Agustus 2021
Babs Bone Broth. https://babsbonebroth.com/2020/02/18/why-you-should-be-cooking-with-beef tallow-fat/
Diakses 14 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait