Bedak Pemutih dengan Serbuk Mutiara, Bisakah Memutihkan Wajah?


Jenis bedak pemutih dengan serbuk mutiara ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam sebagai bagian dari pengobatan tradisional China dan Ayurveda. Manfaatnya adalah menjaga kesehatan kulit.

(0)
24 Feb 2021|Azelia Trifiana
Serbuk mutiara berguna untuk kesehatan kulitSerbuk mutiara berguna untuk kesehatan kulit
Bukan bedak biasa, jenis bedak pemutih dengan serbuk mutiara ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam sebagai bagian dari pengobatan tradisional China dan Ayurveda. Bahkan permaisuri Wu Zetian dari Dinasti Tang diyakini menggunakan pearl powder untuk mempercantik kulitnya.Bahkan, ada pula yang mencari cara memutihkan wajah dengan bedak bayi. Belum ada bukti ilmiah yang membuktikannya. Jika ada pun, bukan wajah lebih putih melainkan tampak lebih cerah.

Manfaat pearl powder

Proses membuat pearl powder berbeda dengan bedak lainnya. Bedak pemutih ini diolah dengan merebus air biasa atau air laut agar steril. Kemudian, mutiara diuraikan hingga berbentuk menjadi serbuk halus.Komposisi yang membedakan pearl powder dengan produk perawatan semacamnya adalah kandungan asam amino, kalsium, dan mineral. Inilah yang membuatnya mengandung beberapa manfaat, seperti:
  • Memproduksi kolagen

Kandungan asam amino penting untuk tubuh agar bisa berfungsi optimal. Tak hanya itu, asam amino dalam serbuk mutiara juga memberikan stimulasi agar sel-sel kulit memproduksi kolagen, regenerasi sel, memberikan kelembapan, dan juga melindungi dari polusi.
  • Menjaga kesehatan kulit

Di dalam pearl powder terdapat lebih dari 30 mineral mikro, termasuk magnesium dan potasium. Kandungan ini membantu menjaga kesehatan kulit.
  • Melembutkan kulit

Jika ada klaim bahwa serbuk mutiara bisa membuat kulit lebih lembut, itu datang dari kandungan kalsiumnya. Bukan hanya itu, kalsium yang tinggi ini juga membantu regenerasi sel kulit dan mengendalikan sebum.
  • Sumber antioksidan

Bedak pemutih dari serbuk mutiara ini bisa memberikan asupan antioksidan yang diperlukan tubuh, yaitu superoxide dismutase (SOD) dan glutathione. Kedua jenis antioksidan ini dapat membantu melawan penyakit.
  • Menghambat produksi melanin

Menggunakan pearl powder dapat mengurangi enzim tyrosinase yang menyebabkan produksi melanin. Itulah mengapa bedak pemutih ini diyakini membuat kulit tampak lebih berkilau, layaknya mutiara.
  • Memulihkan luka

Ada kandungan dalam serbuk mutiara yang disebut nacre. Istilahnya adalah “ibu dari mutiara”. Adanya nacre ini memberikan rangsangan kepada sel fibroblas dalam tubuh sehingga proses pemulihan luka menjadi lebih cepat.Tak hanya itu, dengan adanya nacre, kolagen juga dirangsang agar bisa regenerasi secara alami. Itulah mengapa, garis halus dan keriput juga tampak lebih samar
  • Meredakan masalah mental

Pearl powder juga mengandung magnesium. Ketika seseorang mendapat asupan magnesium, maka level gamma aminobutyric acid atau GABA bisa meningkat. Ini dapat meringankan depresi, cemas berlebih, hingga masalah tidur tertentu.Penggunaan serbuk mutiara bisa beragam, bukan hanya dalam bentuk bedak pemutih saja. Ada pula yang diolah dalam bentuk masker, lotion, pastag gigi, dan suplemen.

Putihkan wajah dengan bedak bayi, bisakah?

Mengingat klaim yang menyebut bedak pemutih ini bisa membuat kulit wajah semulus mutiara, banyak yang mencari cara memutihkan wajah dengan bedak bayi. Jawabannya, belum tentu.Masih sedikit penelitian ilmiah di balik manfaat pearl powder untuk memutihkan wajah. Jika kolagen berfungsi optimal pun, wajah akan tampak lebih cerah, bukan lebih putih.Terlebih, warna kulit lebih bergantung pada pigmentasi, bukan produk perawatan kulit yang digunakan.Meski demikian, klaim bahwa pearl powder dapat menjadi sumber antioksidan apabila dikonsumsi dalam bentuk suplemen memang terbukti secara ilmiah.Sementara apabila diaplikasikan secara langsung ke kulit, bisa membantu memperkecil pori-pori, mengurangi kulit kemerahan, hingga memperbaiki tekstur kulit.

Secara umum, bedak ini aman digunakan. Namun, ada pula yang mengalami reaksi alergi karena kadar kalsium di dalamnya. Oleh sebab itu, akan jauh lebih baik melakukan patch test sebelum mengoleskan atau mengonsumsinya jika dalam bentuk suplemen.Tunggu beberapa hari untuk melihat apakah ada reaksi alergi. Contohnya seperti kulit menjadi gatal, kemerahan, dan juga bengkak.Jika ingin berdiskusi lebih lanjut seputar kemungkinan alergi dari kandungan pearl powder seperti kalsium dan magnesiumnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play
perawatan kulitproduk kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/pearl-powder#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 30 Januari 2021
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4586582/
Diakses pada 30 Januari 2021
Journal of Food and Drug Analysis. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1021949817301011
Diakses pada 30 Januari 2021
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23043617/
Diakses pada 30 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait