Selain Wortel, Berbagai Sumber Makanan Ini Sediakan Vitamin untuk Mata

Mata kering dan katarak adalah beberapa gangguan mata yang acap kali menyerang lansia
Rajin konsumsi makanan yang kaya dengan vitamin untuk mata, Anda dapat mencegah gangguan mata saat lansia.

Mata yang sehat merupakan idaman semua orang, terlebih saat memasuki usia senja. Beberapa gangguan mata, seperti mata kering, mengintai Anda apabila tidak dicegah sejak dini. Kondisi mata kering dan gangguan mata lain, dapat dicegah dengan memperhatikan asupan vitamin untuk mata.

Mata kering merupakan salah satu gangguan mata yang acapkali menyerang lansia. Namun, tidak hanya mata kering yang kerap menyerang kelompok umur ini. Katarak dan gangguan mata degenerasi makula yang menyebabkan kebutaan, juga rentan menyerang mata saat di hari tua.

[[artikel-terkait]]

Ini dia vitamin untuk mata dari makanan sehat Anda

Vitamin A, C, E, dan B2, merupakan jenis vitamin yang membantu penglihatan senantiasa sehat. Vitamin ini dapat ditemukan pada makanan di sekitar Anda.

  • Vitamin A

Vitamin A menjadi kunci utama untuk organ penglihatan Anda. Vitamin A membantu kesehatan mata, dengan melindungi permukaan kornea mata Anda.

Defisiensi atau kekurangan vitamin A, dapat menyebabkan kondisi mata kering dan rabun senja. Selain itu, kekurangan vitamin A akan merusak retina mata, yang dapat berujung pada kebutaan. Dengan mengonsumsi vitamin A yang cukup, Anda dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Vitamin untuk mata ini, bisa Anda dapatkan dari makanan yang berasal dari hewani, maupun nabati. Makanan dari hewan yang kaya akan vitamin A adalah daging sapi, susu, dan keju. Sementara itu pada tumbuhan, Anda dapat menemukan vitamin A pada wortel, ubi jalar, bayam, telur rebus, mentega, keju, hati sapi, serta hati kambing.

  • Vitamin C

Vitamin C, atau yang dikenal pula sebagai asam askorbat, merupakan jenis antioksidan, yang sangat bermanfaat untuk mata. Vitamin bagi mata ini, membantu memelihara jaringan ikat di tubuh, termasuk kolagen pada kornea mata.

Konsumsi vitamin C yang cukup, dapat mengurangi risiko terhadap katarak dan degenerasi makula, yang kerap menyerang lansia.

Anda dapat mengonsumsi makanan seperti paprika, jeruk, tomat, kentang, stroberi, serta sayuran berdaun hijau, yang kaya akan kandungan vitamin C.

  • Vitamin E

Seperti vitamin C, Vitamin E juga jenis antioksidan yang baik untuk mata. Vitamin untuk mata ini, dapat mencegah komplikasi parah, apabila Anda mengalami gejala degenerasi makula. Beberapa penelitian juga menemukan, vitamin E berperan dalam pencegahan katarak.

Makanan yang menjadi sumber terbaik untuk vitamin E antara lain ikan kembung, ikan kakap, bayam, alpukat, kacang tanah dan sereal gandum.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 merupakan antioksidan, yang membantu untuk mengurangi kerusakan bagian tubuh akibat radikal bebas, termasuk pada mata. Disebut juga sebagai riboflavin, vitamin B2 juga memiliki potensi untuk mencegah katarak.

Vitamin B2 sangat mudah ditemui. Anda dapat mengonsumsi telur, alpukat, kacang polong, jamur, ubi jalar, produk susu, yogurt, ikan, daging sapi, dan ayam, untuk memperoleh asupan vitamin B2.

Vitamin untuk mata bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan

Itulah beberapa vitamin untuk mata, yang dapat menjaga penglihatan Anda tetap prima. Selain mejaga penglihatan, vitamin-vitamin tersebut juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

All About Vision. https://www.healthline.com/nutrition/eye-vitamins
Diakses pada 3 Juli 2019

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/nutrition/vitamin_a.htm
Diakses pada 3 Juli 2019

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/nutrition/vitamin_c.htm
Diakses pada 3 Juli 2019

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/nutrition/vitamin_e.htm
Diakses pada 3 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-nutrients-for-eyes
Diakses pada 3 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/eye-vitamins
Diakses pada 3 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-a
Diakses pada 4 Juli 2019

Kementerian Kesehatan RI.
http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/pgm/article/view/3086/3053
Diakses pada 4 Juli 2019

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/supplement-guide-vitamin-a#1
Diakses pada 3 Juli 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed