Mengenal Berbagai Manfaat Kacang Merah yang Menyehatkan Tubuh


Manfaat kacang merah cukup beragam untuk kesehatan. Mulai dari mengendalikan gula darah, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker usus besar bisa didapatkan.

(0)
02 Oct 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kacang merah untuk kesehatanSelain rasanya yang enak dan gurih, kacang merah juga menyimpan sejumlah manfaat untuk kesehatan
Kacang merah sering Anda jumpai, di panganan seperti es kacang merah, sup kacang merah, bahkan juga dicampurkan di makanan berat seperti rendang. Dengan cita rasanya yang lezat, kacang merah juga bernutrisi dan memiliki sejumlah khasiat, lho!Kacang merah merupakan makanan yang bernutrisi tinggi. Bahan makanan ini kaya dengan protein, karbohidrat rilis lambat (energi dilepaskan dengan perlahan), serta serat pangan. Tak hanya itu, kacang merah juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, serta molekul antioksidan seperti isoflavon.

Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh

Salah satu manfaat kacang merah untuk kesehatan Anda adalah mengendalikan gula darah serta berpotensi mencegah kanker usus besar. Tak hanya itu, kacang merah pun bisa Anda masukkan ke menu diet, karena para ahli juga menemukan khasiatnya untuk menurunkan berat badan.Berikut ini penjelasan lengkap mengenai manfaat kacang merah, untuk kebaikan tubuh Anda.

1. Mengendalikan kadar gula darah

Anda tentu sudah sangat paham, bahwa gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kondisi fatal bagi tubuh. Sehingga, menjaga dan melakukan pengecekan kadar gula darah, penting untuk dilakukan.Anda bisa menjaga kadar gula darah, dengan mengonsumsi kacang merah. Menurut ahli, kandungan protein, serat, dan karbohidrat yang dirilis lambat di dalamnya, bisa membantu tubuh mengontrol gula darah. Kacang merah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga lebih lambat dalam menaikkan kadar gula darah.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan bobot, memasukkan kacang merah ke dalam menu diet, bisa dilakukan. Sebab, banyak sekali penelitian ilmiah yang menemukan, konsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang merah, bisa membantu penurunanan berat badan.Kandungan nutrisi kacang merah, seperti protein, serat pangan, dan antinutrien, diperkirakan memberikan kontribusi positif tersebut. Selain itu, kacang merah juga mengandung sejenis protein, untuk memperlambat pencernaan karbohidrat, yang secara tidak langsung memberikan efek pengurusan berat badan.

3. Berpotensi mencegah kenaikan tekanan darah pada penderita hipertensi

Menurut penelitian, kulit kacang merah mengandung polifenol yang dapat melemahkan stres oksidatif vaskular dan peradangan selama perkembangan hipertensi pada tikus hipertensi secara spontan.

4. Mencegah kanker usus besar

Beberapa riset melalui pengamatan, riset pada hewan, dan penelitian uji tabung juga menemukan, potensi manfaat kacang merah untuk mencegah kanker usus besar. Kanker usus besar sendiri merupakan salah satu jenis kanker, yang umum terjadi secara global.Kacang-kacangan, seperti kacang merah, mengandung zat gizi seperti serat, yang memiliki potensi memberikan efek antikanker. Beberapa jenis serat di kacang merah, dapat difermentasikan oleh bakteri baik, yang hasilnya akan membentuk asam lemak serupa asam lemak rantai pendek (SCFA).SCFA dapat membantu menjaga kesehatan usus, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kacang merah diketahui dapat menjaga kesehatan jantung. Dalam 200 gram kacang merah, terkandung 46 gram serat yang telah melebihi jumlah serat yang Anda butuhkan per harinya, yaitu antara 25 - 30 gram. Perlu diketahui, serat merupakan salah satu asupan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung.Kacang merah juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Kalium dapat membantu jantung Anda untuk berdetak dengan normal jika Anda memiliki masalah pada irama jantung. Jumlah asupan kalium idealnya adalah 4700 mg per hari. Sedangkan di dalam 180 gram kacang merah, Anda bisa mendapatkan sekitar 2500 mg kalium. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kadar kalium ini sudah memenuhi 72 persen kebutuhan kalium harian Anda.

6. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Kacang merah mengandung nutrisi penting bagi kesehatan ibu serta janin selama masa kehamilan. Mulai dari protein, asam folat, dan zat besi bisa Anda dapatkan dari kacang merah. Saat hamil, wanita membutuhkan zat besi dan asam folat lebih banyak daripada sebelumnya. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk membantu pertumbuhan bayi dan plasenta.Perlu diketahui, kekurangan zat besi pada masa kehamilan dapat menyebabkan bayi terlahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah, ibu hamil mengalami anemia, gangguan mood, atau bahkan depresi.

7. Mencegah penuaan dini

Manfaat kacang merah tidak hanya untuk mencegah berbagai penyakit, melainkan juga untuk menjaga keremajaan tubuh. Kacang merah diketahui mengandung kadar antioksidan yang tinggi, bahkan melebihi antioksidan dalam sayuran dan buah-buahan tertentu.Dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, seperti kacang kedelai atau kacang tanah, kacang merah ternyata menjadi yang paling unggul dalam mencegah penuaan dini. Semakin gelap warnanya, maka semakin tinggi pula kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. 

Yang harus diperhatikan dari konsumsi kacang merah

Di samping manfaat kacang merah, serta nutrisinya yang memukau, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Sebab, kacang merah memiliki sifat racun, kandungan antinutriennya, serta berisiko menyebabkan perut kembung.

1. Sifat racun kacang merah mentah

Kacang merah mentah mengandung racun, yang disebut phytohaemagglutinin. Kandungan ini ditemukan juga pada jenis kacang lain, tapi kadarnya sangat tinggi di kacang merah.Walau begitu, merendam dan memasak bahan makanan ini, dapat menghilangkan sebagian besar racun tersebut. Sehingga, sebelum mengonsumsinya, Anda harus merendam kacang merah minimal 5 jam. Kemudian, rebuslah kacang merah pada suhu 100 derajat Celcius, setidaknya selama 10 menit.

2. Kandungan antinutrien pada kacang merah

Antinutrien adalah kandungan yang dapat menghambat penyerapan zat gizi lain. Walau terkadang bermanfaat, kandungan nutrien juga dapat menjadi masalah, terlebih bagi masyarakat yang menyantap kacang-kacangan sebagai makanan pokok.Merendam dan memasaknya, juga menjadi cara yang ampuh, untuk menonaktifkan zat-zat antinutrien tersebut.

3. Risiko perut kembung

Bagi beberapa orang, kacang merah dapat menimbulkan efek tidak menyenangkan. Efek tidak menyenangkan tersebut dapat berupa perut kembung hingga diare. Merendam dan memasaknya dengan benar, dapat menyingkirkan zat pemicu perut kembung dan diare tersebut, walau sifatnya hanya sebagian.

Catatan dari SehatQ

Sering Anda temukan di berbagai olahan pangan, kacang merah juga memiliki sejumlah manfaat. Manfaat kacang merah tersebut, mulai dari menurunkan bobot, mengendalikan gula darah, hingga mencegah kanker usus besar.
Namun, pastikan Anda merendam dan memasaknya hingga matang, sebelum mengonsumsi kacang merah. Sebab, dalam keadaan mentah, kacang merah memiliki sifat racun, serta mengandung antinutrien yang menghambat penyerapan zat gizi lain.
hidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/kidney-beans
Diakses pada 1 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-reduce-antinutrients
Diakses pada 1 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/short-chain-fatty-acids-101
Diakses pada 1 Oktober 2019
IJHSR. https://www.ijhsr.org/IJHSR_Vol.9_Issue.4_April2019/43.pdf
Diakses pada 26 Agustus 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/4692-need-health-benefits-red-beans/
Diakses pada 26 Agustus 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5466941/
Diakses pada 26 Agustus 2020

NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29751617/
Diakses pada 26 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait