Ini Inspirasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil sebagai Camilan


Makanan sehat bagi ibu hamil bisa berupa camilan atau olahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan dan mengandung banyak nutrisi.

(0)
10 Sep 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan sehat untuk ibu hamil bisa berupa camilan dan olahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatanBuah-buahan seperti apel, dapat menjadi camilan sehat saat Anda hamil
Mencari makanan dan camilan sehat di saat mengandung Si Kecil, memang gampang-gampang susah. Anda mungkin khawatir camilan yang dikonsumsi, memberikan efek negatif terhadap kesehatan diri sendiri, maupun janin. Walau begitu, beberapa bahan makanan sehat untuk ibu hamil, juga bisa diolah menjadi camilan bergizi, lho!Camilan dari makanan sehat juga tak perlu membuat Anda repot atau mengeluarkan banyak uang. Sebab, tak sedikit dari bahan makanan tersebut, yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional dan supermarket. Anda juga bisa memilih olahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan.Apa saja makanan sehat yang baik untuk ibu hamil dan olahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan yang bisa dipilih? Berikut ulasan lengkapnya. 

Makanan sehat untuk ibu hamil dalam bentuk camilan

Buah-buahan, sayuran, olahan susu, dan kacang-kacangan merupakan beberapa makanan sehat untuk ibu hamil, yang bisa Anda jadikan sebagai camilan. Begitu juga dengan cokelat hitam, yang mungkin menjadi kesukaan banyak orang.Berikut ini beberapa camilan sehat dari makanan yang baik untuk ibu hamil, yang di antaranya bisa Anda olah maupun dikonsumsi secara langsung.

1. Popcorn dengan kacang

Camilan ini merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Sebab, popcorn kaya akan serat pangan yang menghindarkan Anda dari sembelit. Namun Anda harus ingat, hindari tambahan mentega dan garam. Untuk menghadirkan rasa manis, Anda dapat menambahkan olesan selai kacang tanpa garam, atau kacang berlapis cokelat.

2. Yogurt dengan kacang dan buah

Mineral kalsium sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kebutuhan kalsium dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi olahan susu, seperti yogurt. Greek yogurt adalah pilihan terbaik. Selain tinggi kalsium, yogurt jenis ini juga mengandung lebih banyak protein.Sebagai variasi, taburkan 1-2 sendok makan kacang-kacangan untuk memperkaya kandungan protein dan seratnya. Tambahkan buah sebagai topping, seperti buah-buah beri, atau kismis.

3. Cokelat dengan buah

Cokelat dapat menurunkan risiko preeklampsia, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada beberapa ibu hamil. Camilan sehat ibu hamil ini cocok dimakan langsung, atau disantap dengan buah-buahan.Puding cokelat yang terbuat dari susu rendah lemak, juga akan meningkatkan asupan kalsium harian Anda. Pilihan olahan coklat lainnya yakni yogurt coklat, yang memiliki bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan.

4. Apel, selai kacang, dan biskuit gandum

Kandungan protein, serat, dan lemak baik pada apel, selai kacang, biskuit membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang lama. Oleskan 1-2 sendok makan selai kacang pada irisan apel atau biskuit gandum utuh. Pilihlah selai kacang alami, yang tak mengandung minyak terhidrogenasi.Anda juga dapat mencoba berbagai varian selai kacang, misalnya almond atau mete. Selain buah apel, jenis buah lainnya juga bisa menjadi pilihan, seperti pir dan pisang.

5. Trail mix

Trail mix memang makanan yang identik dengan pendaki gunung. Namun sebenarnya, camilan ini juga bisa dikonsumsi ibu hamil. Sebaiknya, Anda membuat trail mix sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan seperti kacang tanpa garam, buah kering bebas gula, dan cokelat hitam.Kacang dan buah kering mengandung serat yang dapat mencegah konstipasi. Sementara itu, Cokelat hitam sangat sehat bagi jantung, mengandung lebih sedikit gula, lebih banyak serat, zat besi, dan mineral lainnya.

6. Smoothie

Smoothie termasuk camilan rendah kalori. Anda dapat membuat sendiri smoothie menggunakan yogurt atau susu sebagai bahan dasar. Tambahkan pisang atau buah-buah beri untuk memperkaya rasanya. Anda juga bisa membuat smoothie menggunakan sayur bayam atau seledri. Sayuran ini kaya dengan vitamin dan serat.Campurkan satu sendok selai kacang sebagai protein tambahan. Apabila Anda tidak terlalu menyukai makanan manis, bubuk kakao bisa menjadi alternatif.

7. Roti lapis tuna

Ibu hamil boleh untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan per minggu. Ikan tuna menjadi pilihan terbaik, karena kaya dengan protein, serta merupakan sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang membantu perkembangan otak bayi.Lengkapi kandungan serat dan lemak sehat dengan memilih alpukat untuk menemani roti gandum. Roti lapis tuna ini merupakan camilan sehat ibu hamil dengan kandungan gizi yang cukup kompleks.

Olahan makanan yang bemanfaat bagi kesehatan

Ibu hamil juga bisa mengonsumsi olahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan berikut sebagai camian sehat sehari-hari. Meski makanan olahan kerap dianggap tak sehat, namun namun beberapa di antaranya memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja salah satunya? Berikut rekomendasinya.

1. Kacang kalengan dan selai kacang

Meski makanan kalengan dianggap tak sehat, namun olahan makanan berupa kacang kalengan dan selai kacang bisa menjadi yang dikecualikan. Kacang kalengan mengandung sedikit lemak jenuh dan kalori namun masih cukup banyak mengandung serat.Kandungan yang terdapat pada kacang kalengan dan selai kacang ini adalah salah satunya dapat bantu untuk menurunkan risiko gangguan jantung dan diabetes. Dikutip dari Harvard Health Publishing, kacang sendiri diketahui memiliki kandungan lemak sehat seperti omega-3 yang tinggi. Pilihlah kacang kalengan yang mengandung lebih sedikit garam (natrium) atau cuci dahulu kacang yang hendak dikonsumsi untuk mengurangi kandungan garam yang dikonsumsi.

2. Buah dan sayuran beku

Buah dan sayuran beku bisa jadi salah satu olahan makanan sehat yang bisa dipilih. Umumnya buah dan sayuran beku akan lebih murah dan bermanfaat untuk kesehatan karena dikemas saat mereka berada di puncak kesegarannya. Berbagai makanan beku juga lebih sehat karena tak memerlukan zat aditif tambahan sepeti garam atau gula untuk pengawetan. Hal ini memungkinkan nutrisi sayur dan buahnya tetap terjaga.

3. Olahan pasta berbahan gandum

Olahan pasta berbahan gandum yang banyak dijual di pasaran ternyata menjadi olahan makanan sehat yang memiliki banyak manfaat. Makanan olahan tersebut banyak mengandung protein, Vitamin A dan B yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Tuna dan salmon kaleng

Tuna dan salmon yang dikemas dalam makanan kaleng memiliki kandungan yang hampir sama dengan tuna dan salmon segar. Terlebih tuna dan salmon kalengan tersebut mengandung lebih banyak kalsium dari tulang ikan yang turut bisa dikonsumsi. Pilihlah makanan kalengan yang dikemas dalam air karena memilkiki lebih banyak kandungan protein dan omega-3 daripada makanan kalengan yang dikemas dalam minyak.[[artikel-terkait]]Camilan dari makanan sehat untuk ibu hamil di atas, bisa masuk dalam menu santapan sehari-hari. Camilan yang diolah sendiri menjadi pilihan terbaik, karena Anda bisa mengetahui zat gizi yang terkandung di dalamnya.Selain itu, hindari pula beberapa camilan yang tidak menyehatkan. Misalnya, makanan yang digoreng, serta camilan bergula seperti cookies, soda, dan jus dalam kemasan.
makanan sehatmenjaga kehamilankehamilan
WebMD. https://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-snacksDiakses pada 10 September 2019 What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/snacks-during-pregnancy/Diakses pada 10 September 2019Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/nutrition/why-nutritionists-are-crazy-about-nuts Diakses pada 12 Oktober 2020Healthline. https://www.health.com/nutrition/reasons-nutritionist-buys-frozen-fruits-veggies Diakses pada 12 Oktober
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait