Cara Menghilangkan Serangan Panik yang Harus Dilakukan

(0)
03 May 2019|Lenny Tan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Meditasi akan membantu Anda mengatasi serangan panik.Meditasi akan membantu Anda mengatasi serangan panik.
Serangan panik dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Anda mungkin pernah mengalaminya satu dua kali. Namun ada sebagian orang yang sering sekali mengalami serangan ini. Kondisi ini bisa sangat menakutkan. Serangan-serangan panik ini berasal dari kecemasan mendalam yang dapat membuat jantung berdebar hebat dan lutut terasa lemah. Selain itu, ketika rasa panik menyerang, Anda jadi kesulitan bernapas, pusing, dan mengalami nyeri di dada. Tak jarang orang mengira bahwa dirinya mengalami serangan jantung.Dokter biasanya menganjurkan perawatan untuk serangan panik yang berupa: terapi, pengobatan, atau bahkan gabungan keduanya. Apapun cara yang Anda pilih untuk mengatasi serangan panik, pahami bahwa semua itu membutuhkan waktu dan kesabaran. 

Ciri-ciri Serangan Panik

Rasa panik datang tiba-tiba dan tanpa peringatan, sehingga menyebabkan ketakutan. Serangan ini biasanya berlangsung selama 10-20 menit. Tapi pada kasus yang parah, dapat terjadi lebih dari satu jam. Setiap orang memiliki pengalaman dan gejala serangan panik yang berbeda-beda. Namun secara umum, ciri-ciri serangan panik meliputi:
  • Jantung berdebar-debar.
  • Sesak napas.
  • Perasaan tersedak/tercekik.
  • Pusing, vertigo.
  • Mual.
  • Keringat dingin.
  • Gemetar/menggigil.
  • Perubahan kondisi mental, termasuk perasaan tidak sadar atau terlepas dari tubuh sendiri.
  • Mati rasa/kesemutan di tangan dan kaki.
  • Nyeri dada.
  • Takut mati.
Gejala serangan panik seringkali terjadi tanpa alasan jelas. Karena tak dapat diprediksi, serangan ini benar-benar dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Cara Menghilangkan Serangan Panik

Seperti yang telah disebutkan di atas, serangan panik dapat diatasi dengan terapi dan pengobatan. Namun sebelumnya, dokter akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Beberapa ciri-ciri serangan panik mirip dengan gejala penyakit lain, salah satunya penyakit jantung.Jika bukan karena penyakit fisik, dokter akan merekomendasikan penderita untuk ke psikolog atau psikiater. Dengan ini, para ahli dapat mengecek seberapa parah gangguan panik yang dialami oleh penderita. Adapun cara menghilangkan serangan panik yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Konseling

Langkah mengatasi serangan panik dimulai dengan "talk therapy". Anda akan duduk bersama konselor yang dapat membantu Anda memahami apa itu gangguan panik dan bagaimana mengatasinya.Kemudian secara bertahap, konselor Anda akan mengajak Anda menelaah saat-saat Anda mengalami serangan panik. Konselor akan menunjukkan kepada Anda bahwa efek serangan panik itu sebenarnya tidak melukai Anda. Proses terapi ini dilakukan secara aman dan bertahap sehingga tidak akan membuat Anda ketakutan. Anda juga akan diajari cara mengendalikan pernapasan dan teknik relaksasi untuk mengurangi gejala ketika rasa panik menyerang.

2. Pengobatan

Pada kondisi tertentu, dokter mungkin memutuskan bahwa Anda harus mengonsumsi obat sebagai bagian dari terapi untuk mengobati gejala fisik serangan panik. Beberapa jenis obat yang mungkin diresepkan oleh dokter Anda meliputi:
  • Antidepresan. Digunakan sebagai pilihan pertama untuk mencegah ketika rasa panik menyerang. 
  • Obat racikan untuk anti-kecemasan.
  • Obat untuk meredakan detak jantung yang tidak teratur.
Dokter mungkin akan memberi Anda lebih dari satu obat untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda.

3. Cara Lain untuk Mengatasi Serangan Panik

Untuk membantu terapi dan obat-obatan, Anda perlu mempraktikkan beberapa hal berikut ini dan menjadikannya sebagai kebiasaan:
  • Yoga dan meditasi. Dua kegiatan ini akan membantu Anda bernapas lebih dalam dan meredakan stres, sehingga serangan panik pun dapat dikendalikan dengan baik. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah atau mengikuti kelas bersama instruktur.
  • Olahraga. Aktivitas fisik akan membantu menenangkan pikiran dan mengimbangi efek samping dari pengobatan, misalnya penambahan berat badan. Kegiatan ini juga dapat melepas hormon kebahagiaan yang mampu memperbaiki suasana hati Anda.
  • Hindari alkohol, minuman berkafein, dan rokok yang dapat memicu serangan. Hal tersebut juga hanya akan memperburuk serangan panik yang Anda alami.
  • Tidur cukup. Tidur dengan cukup dapat membuat tubuh dan pikiran Anda beristirahat, serta mengembalikan energi sehingga merasa lebih segar ketika bangun.
Serangan panik yang tidak dikendalikan dengan baik dikhwatirkan akan membuat kehidupan sehari-hari Anda menjadi terganggu. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi pada psikolog atau psikiater untuk mendapat penanganan yang tepat.
panikgangguan kecemasan
WebMD. https://www.webmd.com/anxiety-panic/guide/understanding-panic-attack-treatment#1
Diakses pada Februari 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/panic-disorder
Diakses pada Februari 2019
Everyday Health. https://www.healthline.com/health/panic-disorder
Diakses pada Februari 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait