logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Waspada, Ini Kebiasaan Sehari-Hari dan Makanan yang Bikin Cepat Tua Kulit

open-summary

Ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda cepat tua dari usia seharusnya, seperti tidak pakai sunscreen, menggosok mata, hingga posisi tidur yang salah. Selain itu, mengonsumsi makanan yang bikin cepat tua juga dapat mengancam kondisi kesehatan kulit Anda.


close-summary

3.82

(22)

9 Jun 2021

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Banyak kebiasaan yang memicu wajah cepat tua

Penuaan kulit merupakan proses alamiah yang terjadi seiring bertambahnya usia

Table of Content

  • Kebiasaan yang menjadi penyebab cepat tua pada kulit
  • Ragam minuman dan makanan yang bikin cepat tua
  • Pesan dari SehatQ

Penuaan kulit memang proses alamiah yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat Anda cepat tua dari usia seharusnya, lho

Advertisement

Beberapa kebiasaan yang membuat cepat tua tersebut, di antaranya mengerutkan bibir saat menggunakan sedotan, menggosok mata, hingga posisi tidur yang salah.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang bikin cepat tua juga dapat mengancam kondisi kesehatan kulit Anda. 

Ketahui penyebab cepat tua dari kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari hingga makanan yang dikonsumsi dalam artikel berikut ini. 

Kebiasaan yang menjadi penyebab cepat tua pada kulit

Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan bisa membuat kulit wajah Anda terlihat lebih tua dan tampak kusam. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang membuat cepat tua pada kulit wajah Anda:

1. Tidak menggunakan sunscreen 

Salah satu kebiasaan yang membuat cepat tua adalah tidak menggunakan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari perawatan kulit dasar sehari-hari. 

Padahal, penggunaan sunscreen sangat penting dalam mencegah beberapa masalah kulit, seperti sensasi kulit terbakar pada kulit (sunburn), menangkal tanda-tanda penuaan dini, hingga menurunkan risiko kanker kulit.

Meski demikian, Anda harus jeli dalam membeli sunscreen. Pasalnya, tak semua jenis tabir surya dapat melindungi kulit dari risiko penuaan.

Cara memilih sunscreen yang benar harus melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB). 

Perlindungan terhadap sinar UVA bisa mencegah Anda dari risiko penuaan dini dan kanker kulit.

Sedangkan, proteksi terhadap sinar UVB dapat melindungi kulit dari risiko kanker kulit dan kulit terbakar sinar matahari (sunburn).

Kebiasaan cepat tua karena tidak menggunakan sunscreen
Penggunaan sunscreen wajib sebagai perawatan kulit sehari-hari

Jika sunscreen tidak berlabel broad spectrum pada kemasannya, maka tabir surya hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, bukan dari risiko penuaan dini dan kanker kulit.

Anda juga disarankan untuk menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF minimal 30. 

Oleskan tabir surya 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan agar dapat menyerap maksimal ke dalam kulit sebelum bekerja melindungi kulit.

Kemudian, oleskan sunscreen kembali tiap 2 jam sekali, termasuk saat Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan.

2. Penggunaan produk antipenuaan yang salah

Penggunaan produk antipenuaan yang salah juga dapat membuat tampilan wajah Anda terlihat lebih cepat tua dari usia sesungguhnya. 

Anda memang bisa menggunakan sejumlah produk perawatan kulit antipenuaan yang mengandung retinol, peptida, dan antioksidan untuk memperbaiki tekstur kulit. 

Akan tetapi, pastikan Anda memakai produk perawatan antipenuaan dalam bentuk krim atau serum wajah, bukan produk sabun pembersih muka.

Menurut ahli kulit dari Departemen Dermatologi St. Louis University, sabun pembersih wajah dengan bahan antipenuaan biasanya tidak memiliki kadar konsentrasi yang cukup tinggi untuk memperbaiki masalah kulit yang dialami sehingga tidak dapat memberikan hasil yang signifikan pada wajah.

3. Sering menggosok mata

Menggosok mata terlalu sering bikin cepat tua
Menggosok mata bisa memunculkan mata panda

Kebiasaan yang membuat cepat tua berikutnya adalah sering menggosok mata. Ya, Anda mungkin kerap melakukan kebiasaan ini secara tak sengaja. 

Padahal, kebiasaan menggosok mata dapat memicu munculnya lingkaran hitam pada area mata, sekaligus memengaruhi penampilan wajah Anda secara keseluruhan. 

Jika Anda tidak bisa berhenti melakukan kebiasaan ini, coba berkonsultasi dengan dokter. Sebab, ada kemungkinan kebiasaan mengucek mata yang Anda alami berkaitan dengan reaksi alergi

4. Menyeruput minuman melalui sedotan

Tahukah Anda kalau kebiasaan menyeruput minuman melalui sedotan bisa menjadi penyeabab cepat tua pada area wajah?

Dalam jangka panjang, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan di area bibir, seperti garis-garis halus atau kerutan di area mulut.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menghindari penggunaan sedotan saat minum. 

5. Posisi tidur menyamping

Anda perlu tahu kalau posisi tidur menyamping merupakan penyebab muka cepat tua. 

Saat Anda tidur dalam posisi menyamping, tekanan pada bantal bisa memunculkan garis-garis halus pada dagu, pipi, ataupun kening Anda.

Kebiasaan yang membuat cepat tua ini tidak terjadi secara instan, tetapi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memperlihatkan tandanya. 

Namun, bila kulit mulai kehilangan elastisitasnya, garis-garis halus tersebut akan lebih mudah terlihat.

Tidur menyamping bisa bikin cepat tua
Tidur menyamping bisa memunculkan kerutan di dagu sampai kening

Biasanya ciri penuaan yang muncul karena posisi tidur, terletak pada bagian sisi kening, mulai dari bagian dari alis sampai ke garis rambut, dan bagian tengah pipi.

Walau setiap posisi tidur memiliki kelebihan dan kekurangan, tidur terlentang menjadi pilihan untuk menghindari penuaan kulit di wajah. 

Selain itu, manfaat tidur terlentang juga dapat mengurangi tekanan akibat sakit kepala, serta menyelaraskan tulang belakang.

6. Tidur kurang dari 5 jam

Penyebab awet muda salah satunya adalah memiliki kualitas tidur yang baik. Tidak hanya posisi tidur, kurangnya waktu tidur yang berkualitas dapat menjadi penyebab cepat tua pada wajah. 

Hal ini karena proses regenerasi sel tubuh jadi terganggu sehingga menyebabkan wajah cepat tua dan tampak lebih kusam. 

Setidaknya, ada sebuah studi kecil yang dimuat dalam Clinical and Experimental Dermatology  membuktikan bahwa pola tidur kurang dari 5 jam dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan rusaknya fungsi penghalang kulit (skin barrier).

Sedangkan, partisipan yang tidur 7-9 jam memiliki kulit yang lebih awet muda, serta bangun dalam kondisi lebih segar.

7. Sering stres

Banyak hal yang memicu kondisi stres pada diri Anda, mulai dari urusan keluarga, hingga drama pekerjaan. Stres yang mengganggu ini, dapat menjadi penyebab muka cepat tua dan tampak kusam. 

Saat stres, otak akan melepas hormon kortisol. Hormon ini dapat melemahkan kolagen sehingga membuat kulit Anda menjadi lebih cepat tua.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengenali faktor yang membuat Anda sering merasa stres, serta mencari tahu langkah untuk menangani kondisi stres tersebut. 

Cara mengatasinya bisa dengan melakukan hal-hal yang disukai, seperti mendengarkan musik, mengatur napas, atau berolahraga.

Apabila stres yang Anda rasakan sangat parah, hingga mengarah pada gejala gangguan stres akut, segera cari pertolongan dari ahli kejiwaan.

8. Berat badan terlalu kurus

Terlalu kurus merupakan penyebab cepat tua
Tubuh terlalu kurus bisa jadi penyebab cepat tua pada area wajah

Tidak hanya kondisi obesitas yang memiliki efek negatif pada tubuh. Kondisi tubuh yang kurus pun ternyata tidak sehat, bahkan bisa menjadi penyebab cepat tua pada area wajah Anda. 

Kekurangan lemak di wajah dapat memicu kulit kendur pada bagian ini, serta membuat penampilan terlihat lebih tua.

Jika Anda terlalu kurus, sebaiknya lakukan diet sehat dan makan yang cukup sebagai cara untuk mengatasi hal ini. 

Konsumsilah nutrisi, seperti omega-3, yang banyak terkandung dalam ikan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk rajin mengonsumsi vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Ragam minuman dan makanan yang bikin cepat tua

Selain berbagai kebiasaan di atas, penyebab cepat tua pada wajah juga dipicu oleh konsumsi minuman dan makanan yang bikin cepat tua. 

Adapun berbagai jenis minuman dan makanan yang bikin cepat tua adalah sebagai berikut. 

1. Minuman atau makanan tinggi gula

Makanan yang bikin cepat tua adalah tinggi gula
Makan makanan manis bisa merusak kolagen pada kulit

Penyebab awet muda salah satunya adalah banyak minum air putih. Sedangkan salah satu jenis makanan dan minuman yang bikin cepat tua adalah mengandung tinggi gula. 

Jika Anda kerap mengonsumsi makanan atau minuman manis, molekul gula yang berlebih akan bergabung dengan protein sehingga membentuk advanced glycation end products (AGEP).

Molekul AGEP dapat merusak kolagen pada kulit, yakni suatu jenis protein yang penting untuk menyusun jaringan pada kulit dan bagian tubuh lainnya. Apabila kolagen rusak, kulit bisa kering, kendur, dan tampak kusam. 

Makanan yang membuat kulit kusam ini juga tidak baik bagi senyum Anda. Sebab, gula yang menempel pada gigi bisa memicu pertumbuhan bakteri, pembusukan gigi, dan perubahan warna gigi. Jadi, sebisa mungkin batasi makanan yang bikin Anda cepat tua ini.

2. Makanan tinggi garam

Walaupun Anda tidak memasak makanan dengan garam, bukan berarti ini tidak menjamin asupan garam harian. 

Pasalnya, unsur natrium pada garam mudah ditemukan pada banyak produk kemasan dan makanan olahan.

Pada tubuh Anda, garam akan berikatan dengan air. Natrium juga dapat menahan air pada area wajah sehingga menyebabkan pipi semakin ‘membengkak’. 

Selain itu, kandungan lemak jenuh dan sulfit yang sering ditemukan dalam makanan tinggi garam juga dapat membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan peradangan yang merusak kolagen. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk pelembap yang mengandung kafein. Batasi pula konsumsi makanan olahan serta makanan kalengan atau kemasan.

3. Daging merah

Daging merah adalah jenis makanan bikin cepat tua
Batasi makan daging merah bila ingin kulit tetap sehat

Tahukah Anda daging merah dapat menjadi jenis makanan yang membuat kulit kusam dan cepat tua?

Daging merah dapat menyebabkan radikal bebas. Radikal bebas akan mencari elektron yang hilang, merobek elektron dari sel-sel yang sehat, kemudian merusaknya. 

Nah, kerusakan yang ditimbulkan ini akhirnya memengaruhi kesehatan kulit dan merusak kolagen. 

Kendati demikian, Anda tidak perlu menghindari konsumsi daging merah sebagai makanan anti aging

Anda hanya perlu membatasi konsumsi daging merah dan jangan lupa untuk selalu mengimbanginya dengan makanan kaya antioksidan, seperti sayuran dan buah-buahan. 

4. Makanan pedas

Makanan pedas adalah makanan penyebab cepat tua
Makanan pedas ternyata bisa membuat kulit cepat tua

Makanan pedas memang terasa nikmat dan mampu meningkatkan nafsu makan. Akan tetapi, ini juga merupakan makanan yang bikin cepat tua untuk kulit. 

Para ahli kesehatan meyakini bahwa makanan pedas dapat menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih lebar. Hal ini umumnya terjadi pada penderita rosacea

Mereka punya kulit yang kemerahan dengan pembuluh darah yang tampak jelas. Jika pembuluh darah di bawah kulit melebar, ruam kemerahan pada wajah akan semakin terlihat.

5. Makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar atau nyaris hangus bisa menjadi penyebab muka cepat tua. 

Sebab, makanan yang bikin cepat tua ini mengandung hidrokarbon yang dapat memicu peradangan dan merusak kolagen pada kulit. 

Meski demikian, Anda tidak perlu sepenuhnya menghilangkan daging barbekiu dari daftar makanan favorit Anda.

Cukup pastikan Anda memotong atau menghilangkan bagian daging yang hangus sebelum mengonsumsinya.

6. Minuman berkafein

Minuman berkafein bisa bikin cepat tua
Terlalu banyak konsumsi minuman berafein bisa sebabkan dehidrasi

Minuman untuk kulit yang lebih cepat menua adalah mengandung kafein, seperti kopi dan teh. 

Minuman mengandung kafein bersifat diuretik. Ini artinya, kopi atau teh dapat mengeluarkan cairan dan mengeluarkan kelembapan dari tubuh, termasuk kulit. 

Maka dari itu, jika Anda kerap mengonsumsi kopi atau teh, selalu ikuti dengan minum air putih yang cukup agar kulit tidak mengalami dehidrasi serta tampak kusam dan menua.

7. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol juga menjadi jenis minuman untuk kulit yang lebih cepat tua. Jika Anda sering minum minuman beralkohol, organ hati tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Itu artinya, racun yang berpotensi memengaruhi kulit akan menyebar di dalam hati dan tidak terurai dengan benar. Akibatnya, kulit akan mengalami berbagai masalah. 

Masalah kulit yang mungkin muncul, di antaranya jerawat, warna kulit kusam, keriput, hingga memperburuk kondisi rosacea. 

Selain itu, hasil studi yang dilakukan oleh Case Western Reserve University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa alkohol dapat memengaruhi kualitas tidur Anda secara tidak langsung. 

Dengan demikian, kulit bisa tampak kecokelatan, keriput, kendur, pigmentasi, dan tampak kusam.

8. Olahan produk susu

Olahan produk susu bisa menjadi makanan penyebab cepat tua
Olahan produk susu disebut bisa meningkatkan peradangan

Olahan produk susu disebut sebagai jenis minuman dan makanan yang bikin cepat tua. Namun, kondisi ini belum tentu dialami oleh semua orang. 

Pada beberapa kondisi tertentu, mengonsumsi olahan produk susu dapat meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh sehingga memicu stres oksidatif sehingga memunculkan tanda-tanda penuaan pada kulit. 

Baca Juga

  • Jerawat di Alis, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengobatinya?
  • Tips Pakai Makeup untuk Kulit Kering agar Riasan Tahan Lama
  • Cara Merawat Kecantikan Kulit Agar Senantiasa Sehat dan Bersih

Pesan dari SehatQ

Kebiasaan yang dilakukan serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari ternyata bisa membuat penampilan cepat tua. Terlebih, bila dilakukan terus-menerus atau terlalu sering. 

Oleh karena itu, hindari berbagai kebiasaan cepat tua di atas serta praktikkan tips awet muda untuk mencegah penuaan dini dengan cara melakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga, banyak minum air putih, dan imbangi dengan pola makan sehat sebagai makanan anti aging

Jika masih punya pertanyaan seputar kebiasaan yang membuat cepat tua lebih lanjut, segera konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 

Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store atau Google Play.

Advertisement

kulit dan kecantikanmasalah kulitkulit keriputpenuaan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved