Bebas Lemak Jahat, Inilah Kandungan Nutrisi Susu Gandum atau Oat Milk

(0)
Susu gandum atau oat milk cocok dikonsumsi para penganut vegan maupun vegetarianSecangkir susu gandum menawarkan beragam nutrisi seperti karbohidrat, lemak, dan protein
Terbuat dari gandum, oat milk ternyata mempunyai beragam manfaat yang tidak kalah baiknya dari produk susu hewani. Dengan segudang manfaat yang dimiliki, susu gandum dapat dibuat sendiri di rumah. Menariknya, susu gandum atau oat milk cocok sebagai pengganti nutrisi bagi Anda yang pantang atau mempunyai masalah ketika mengonsumsi produk hewani.

Manfaat susu gandum

Menurut studi mengenai oat dan oat milk, mengonsumsi susu gandum mempunyai beragam manfaat yang baik bagi kesehatan Anda. Manfaat konsumsi susu gandum bagi kesehatan, di antaranya:

1. Sumber vitamin B yang baik

Oat milk mengandung berbagai macam vitamin B, antara lain vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B12. Vitamin B dapat membantu untuk memperbaiki suasana hati Anda dan memerangi stres oksidatif. Selain itu, nutrisi ini juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, kuku, dan kulit, terutama bagi Anda yang sudah kekurangan vitamin B.

2. Dapat menurunkan kolesterol darah

Susu gandum kaya akan akan kandungan beta-glucan, serat larut yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Beta-glukan membentuk zat seperti gel di dalam usus Anda, yang mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya. Ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol darah jahat (LDL), yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

3. Baik untuk kesehatan tulang

Susu gandum dapat membuat tulang lebih kuat
Vitamin D pada susu gandum baik untuk kesehatan tulang
Selain vitamin B, susu gandum juga diperkaya dengan kandungan kalsium dan vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang. Kandungan vitamin B12 yang ada di dalam oat milk juga disebut baik untuk menurunkan risiko terkena osteoporosis.

4. Cegah anemia

Anemia biasanya terjadi karena tubuh kekurangan nutrisi penting yang diperlukan untuk sintesis sel darah merah, seperti zat besi dan vitamin B12. Satu cangkir susu gandum mengandung sekitar 10 persen zat besi yang Anda butuhkan sepanjang hari.Dipadukan dengan makanan kaya zat besi lainnya, seperti spirulina, lentil, dan cokelat hitam, menambahkan satu atau dua porsi susu gandum ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

5. Tingkatkan imunitas

Memasukkan oat milk ke dalam makanan Anda secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin A dan D yang ada dalam susu gandum.Studi menunjukkan bahwa vitamin D berkaitan langsung dengan fungsi sel kekebalan. Di sisi lain, vitamin A dapat mengubah respons dan meningkatkan kekebalan terhadap beberapa jenis penyakit menular.

Kandungan nutrisi dalam oat milk

MInum segelas susu gandum memberikan banyak nutrisi bagi tubuh
Susu gandum mengandung beragam nutrisi yang menyehatkan
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir susu gandum memiliki kandungan kalori sebesar 130. Selain itu, oat milk juga mengandung berbagai macam nutrisi, mulai dari karbohidrat, lemak, hingga protein.
  • Karbohidrat

Jumlah karbohidrat dalam secangkir oat milk lebih tinggi jika dibandingkan produk susu lainnya. Karbohidrat yang berasal dari serat susu gandum membantu untuk mengatur pergerakan makanan dalam usus, mengurangi sembelit, dan menyerap nutrisi.
  • Lemak

Susu gandum memang mempunyai kandungan 2,5 gram lemak. Meski begitu, oat milk tidak mengandung asam lemak, lemak jenuh, maupun lemak trans.
  • Protein

Dibanding susu sapi dan susu kedelai, kandungan protein dalam susu gandum memang lebih sedikit. Namun, oat milk sangatlah membantu bagi para vegan yang tidak mengonsumsi protein hewani dan produk turunannya seperti susu.
  • Mikronutrien

Susu gandum mengandung thiamin dan folat, keduanya merupakan vitamin B yang penting untuk produksi energi. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral seperti tembaga, seng, mangan, dan magnesium dalam oat milk.

Cara membuat susu gandum

Membuat susu gandum terbilang mudah. Anda dapat mempraktekkannya sendiri di rumah. Apalagi, membuat oat milk sendiri memungkinkan Anda memilih dan menghindari bahan tambahan atau pengental yang mungkin ditemukan dalam produk yang dijual di pasaran.Untuk membuat susu gandum, campurkan satu cangkir (81 gram) rolled oat atau steel cut oat dengan tiga cangkir (710 ml) air ke dalam blender. Proses hingga oat menjadi halus.Tuang campuran tersebut di atas kain katun tipis untuk menyaring dan memisahkan susu dari ampas gandum. Anda bisa menambahkan perasa pada susu gandum dengan menambahkan 1/4 sendok teh garam, satu sendok teh ekstrak vanila atau kayu manis, kurma, sirup maple, maupun madu. Simpan dalam botol kaca, susu gandum dapat bertahan di kulkas hingga lima hari.

Variasi mengonsumsi oat milk

Susu gandum dapat dikonsumsi dengan diminum langsung maupun sebagai bahan tambahan pada makanan. Tekstur susu gandum yang kental dan rasanya yang manis membuatnya cocok dijadikan sebagai campuran kopi untuk membuat latte maupun cappucinoAnda juga bisa menambahkan susu gandum pada smoothie, sup krim, cake, maupun cookie. Selain itu, susu gandum juga merupakan pengganti susu untuk membuat pancake, waffle, dan mashed potato. Ada banyak variasi menarik bagaimana mengonsumsi susu gandum. Meski jarang terjadi, beberapa orang bisa saja mengalami alergi pada oat. Untuk itu, konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi susu gandum.
vitamin b12susukesehatan tulangvitamin b2karbohidrat
Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/oat-milk/
Diakses pada 7 Agustus 2020
Shape. https://www.shape.com/healthy-eating/healthy-drinks/oat-milk-nutrition-dairy-free-milk
Diakses pada 7 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/oat-milk#recipe
Diakses pada 7 Agustus 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/oat-milk-nutrition-facts-4771939
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait