Bayi Tumbuh Gigi? Ketahui Gejala dan Cara Mengatasinya!

Melewati masa bayi tumbuh gigi bisa sulit karena bayi kerap rewel
Hindari obat tumbuh gigi berbentuk cairan atau gel yang mengandung bahan benzocaine.

Tumbuhnya gigi pertama atau gigi susu merupakan salah satu peristiwa besar dalam kehidupan si kecil. Akan tetapi, orangtua harus mengerti bahwa bayi dapat merasa tidak nyaman bahkan rewel dalam periode ini.

Semakin banyak informasi yang Anda ketahui tentang bayi tumbuh gigi, maka semakin mudah Anda menenangkan bayi melewati fase ini. Untuk itu, mari pelajari tanda-tanda dan cara mengantisipasi bayi tumbuh gigi.

Kenali Tanda Bayi Tumbuh Gigi Berikut

Sebagian besar bayi akan mulai tumbuh gigi antara usia 4-7 bulan, namun proses ini juga dapat terjadi lebih lambat dari jangka waktu tersebut. Tanda bayi tumbuh gigi yang muncul tidak sama untuk setiap bayi, tapi tanda yang paling umum antara lain:

  • Bengkak pada gusi
  • Bayi rewel dan terus menangis
  • Bayi demam (walaupun biasanya kurang dari 38 derajat celcius)
  • Ingin menggigit atau mengunyah benda/mainan yang keras
  • Banyak air liur
  • Pola makan dan tidur berubah
  • Diare pada bayi
  • Nafsu makan berkurang

Atasi Bayi Rewel Selama Tumbuh Gigi dengan Cara Ini

Melewati masa bayi tumbuh gigi bisa memang terasa sulit karena selama proses ini, bayi rewel dan kerap menangis. Untuk mengatasinya, cobalah tips berikut:

  1. Berikan Gigitan atau Teether Bayi yang Dingin

    Sesuatu yang dingin akan meredakan ketidaknyamanan pada mulut bayi. Selain teether bayi, Anda bisa memberikan sendok dingin, kain bersih yang dingin, dan semacamnya. Pastikan untuk membersihkan semua benda yang akan digigit bayi sebelum digunakan.
  2. Sediakan Biskuit Bertekstur Keras

    Tidak hanya mainan atau teether bayi, ibu dapat memberikan biskuit yang bertekstur keras dan tidak manis. Jika bayi Anda berusia lebih dari 6-9 bulan, Anda bisa menawarkan air dingin yang ditaruh dalam sippy cup (gelas hisap).
  3. Memijat Gusi Bayi dengan Jari Ibu

    Saat menyusui bayi, bersihkan jari Anda dan celupkan dalam air dingin. Kemudian, secara perlahan pijat gusi bayi sebelum menyusui. Langkah ini dapat mencegah bayi menggigit puting saat menyusu.
  4. Hindari Kalung Tumbuh Gigi (Teething Necklace)

    Pakar kesehatan anak tidak menganjurkan kalung gigi atau teething necklaces. Gigitan ini memiliki tali yang terpasang dan berpotensi untuk mencekik leher bayi. Selain itu, bayi bisa tersedak atau menelan manik-maniknya.

Bolehkah Memberi Obat saat Bayi Tumbuh Gigi?

Obat cair yang biasanya digosokkan pada gusi bayi tidak dapat menghentikan rasa sakit akibat tumbuh gigi secara efektif. Pasalnya, obat ini akan segera larut di dalam mulut. Hindari obat tumbuh gigi berbentuk cairan atau gel yang mengandung bahan benzocaine.

FDA (Badan Pengawasan Obat dan Pangan Amerika Serikat) menyatakan tidak boleh memberikan bahan tersebut untuk anak-anak di bawah usia dua tahun. Alasannya adalah bahan tersebut dapat menyebabkan efek samping dari ringan hingga serius.

Sementara itu, untuk meredakan nyeri pada anak-anak, dosis kecil dari acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu bayi. Namun, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat kepada bayi atau si kecil.

Dengan beberapa tips di atas, fase bayi tumbuh gigi yang terdengar sulit di awal akan terasa lebih mudah karena orangtua setidaknya memiliki bekal mengenai serba-serbi bayi tumbuh gigi. Sehingga, jika bayi rewel, Anda dapat mulai memeriksa apakah terdapat tanda-tanda tumbuh gigi yang mungkin sedang dialami Si Kecil.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4517507/
Diakses pada September 2018

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/teething-symptoms-remedies#1
Diakses pada September 2018

Parenting. https://www.parenting.com/article/guide-teething-symptoms
Diakses pada September 2018

TheBump. https://www.thebump.com/a/teething-symptoms-and-remedies
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed