8 Cara Menidurkan Bayi yang Efektif dan Bisa Anda Coba

(0)
03 May 2019|Olivia
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Memberikan susu lebih awal adalah salah satu cara menidurkan bayi yang ampuhMenerapkan cara menidurkan bayi sejak dini bisa bantu kebiasaan tidur yang sehat
Bayi yang baru lahir masih sulit membedakan antara siang dan malam hari, sehingga orangtua harus jeli dalam mencari cara menidurkan bayi. Pasalnya, jika bayi sulit tidur, orangtua bisa kewalahan dan merasa stres karena tidak mendapat cukup waktu untuk tidur.Saat bayi berusia beberapa minggu, Anda sudah bisa memulai untuk menerapkan pola tidur untuk si kecil sehingga ia terbiasa dengan kebiasaan tidur yang teratur. Lantas bagaimana cara cepat menidurkan bayi yang efektif? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara menidurkan bayi yang efektif

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si Kecil cepat tidur dan tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari di antaranya adalah:

1. Terapkan pencahayaan yang tepat di siang dan malam hari

Bayi banyak mengandalkan sinar atau cahaya untuk memahami dunia di sekelilingnya. Ruangan yang gelap akan memicu pelepasan melatonin atau hormon tidur yang telah terbukti dapat meningkatkan efisiensi tidur dan durasi tidur. Maka dari itu, coba lakukan strategi lampu berikut ini untuk membantu bayi agar cepat tidur:
  • Pada pagi hari, biarkan cahaya matahari menerangi rumah atau bawa bayi keluar untuk melihat sekelilingnya. Tidur siang juga bisa dilakukan di dalam ruangan yang masih memiliki pencahayaan cukup terang.
  • Mulai redupkan lampu menjelang jam tidur bayi (sekitar 2 jam sebelum tidur) lalu padamkan untuk menenangkannya.
  • Jika bayi terbangun tengah malam, jangan menyalakan lampu. Gunakan lampu kecil untuk mengecek kondisinya dan segera padamkan setelah selesai. Anda harus membiarkan bayi tidur kembali.
  • Bangunkan anak saat matahari terbit.

2. Atur jam tidur bayi

Penelitian yang dilakukan pada 405 ibu – menunjukkan bahwa si Kecil yang 'terbiasa' dengan jam tidur bayi yang teratur akan tidur dengan lebih mudah, nyenyak, dan jarang menangis di tengah malam.Maka dari itu, penting untuk membiasakan hal ini secara teratur sejak bayi berusia 6 hingga 8 minggu. Rutinitas tidur yang baik mungkin dapat dicapai dengan melakukan beberapa tahapan berikut:
  • Ajak bayi bermain permainan yang aktif di siang hari dan permainan yang tenang di sore hari. Ini dilakukan untuk membuat bayi lelah akibat aktivitas di siang hari.
  • Rutinkan aktivitas ini – lakukan setiap hari dengan urutan yang sama.
  • Menjelang tidur, pastikan Anda dan bayi Anda hanya melakukan aktivitas yang tenang atau tidak banyak membutuhkan energi.
  • Banyak bayi yang menikmati mandi air hangat sebelum waktu tidur yang menenangkan mereka.
  • Simpan salah satu aktivitas kesukaan bayi Anda untuk waktu tidur di malam hari. Dengan demikian, bayi akan menanti-nanti saat tidurnya.
  • Buatlah kondisi malam di kamar bayi tetap konsisten untuk membuat bayi merasa nyaman. Perhatikan suhu kamar bayi saat menjelang tidur, jangan biyarkan terlalu dingin atau terlalu panas.
  • Jika bayi Anda bangun di tengah malam, suara dan lampu dalam ruangan harus dijaga tetap sama seperti saat mereka tidur.

3. Hindari langsung menggendong bayi saat ia terbangun

Jika bayi terbangun saat tidur siang atau tengah malam, jangan serta merta bangkit dan mengeceknya. Pantau bayi dari kejauhan untuk memastikan kondisinya, biasanya bayi akan perlahan-lahan tertidur kembali.Salah satu jenis pelatihan tidur dan menangis adalah Metode Ferber yang terkenal, atau dikenal juga sebagai "Progressive Watching" atau "Graduated Extinction." Tujuannya adalah untuk mengajari bayi Anda cara tidur sendiri dan menidurkan dirinya kembali jika dia terbangun di malam hari.Namun juga jangan menunggu sampai bayi menangis meraung-raung sebelum didekati. Antisipasi dan pelajari kebiasaan tidur bayi untuk mencari pendekatan yang tepat.

4. Hindari Kontak Mata

Kontak mata akan memancing stimulasi bayi, sehingga rasa kantuknya malah akan hilang. Cara menidurkan bayi yang tepat adalah dengan tidak melakukan kontak mata supaya bayi termotivasi untuk segera terlelap. Minimalisir interaksi antara ibu dan bayi, seperti berbicara atau menyanyikan lagu favoritnya. Usahakan untuk tetap diam, tatap bagian perut bayi dan tepuk perlahan supaya bayi terlelap.

5. Jangan sering mengganti popok bayi saat tidur

Banyak orangtua yang punya aturan ketat seputar jadwal mengganti popok, terutama saat malam hari. Tidak jarang, bayi akan dibangunkan untuk diganti popoknya dan malah menjadi sulit tidur kembali.Solusinya adalah dengan menggunakan popok bayi yang berkualitas tinggi dan hanya mengganti popok jika bayi BAB atau popok sudah kotor.

6. Berikan susu lebih awal

Jika bayi susah tidur, berikan sesi menyusui lebih awal, misalnya sekitar jam 10-12 malam. Jika bayi merasa kenyang, maka hal tersebut akan membuat bayi tertidur lebih lama dan tidak perlu terus bangun pada tengah malam saat merasa lapar.

7. Segera letakan bayi yang sudah mengantuk ke tempat tidur

Saat bayi sudah berusia 6 hingga 12 minggu, Anda dapat menenangkannya sampai mengantuk dalam gendongan. Namun, letakan ke tempat tidur bayi segera setelah ia mengantuk. Jangan menunggu sampai bayi benar-benar tidur di pelukan Anda.Rutinitas ini akan mengajarkan bayi untuk menenangkan dirinya sendiri saat tidur. Ini akan membantu ia cepat tidur dan Anda tidak perlu memeluknya untuk tidur setiap kali dia terbangun di malam hari. 

8. Perhatikan kapan usia terbaik bayi mulai bisa tidur teratur

Bayi biasanya harus menginjak usia 4 bulan untuk benar-benar siap dilatih untuk tidur semalaman tanpa disusui pada tengah malam. Dimulai dari rutinitas seperti jam tidur teratur, jadwal seharian yang terencana, hingga memastikan kondisi kesehatan bayi, semuanya bisa menjadi strategi cara menidurkan bayi yang efektif.Cara menidurkan bayi yang rewel juga bisa dengan menerapkan langkah-langkah seperti di atas. Namun jika bayi susah tidur dengan gejala yang mengkhawatirkan seperti demam, sulit bernapas hingga mengganggu aktivitasnya, maka segera berkonsultasi ke dokter.Selamat mencoba!
bayi & menyusuimenidurkan bayitumbuh kembang bayimerawat bayiperkembangan bayi
Babycenter. https://www.babycenter.com/0_expert-sleep-strategies-for-babies_1445907.bc 
Diakses pada September 2018.
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4334454/
Diakses pada 19 Maret 2019.
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/nighttime#1
Diakses pada 19 Maret 2019.
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/baby-sleep/art-20045014 Diakses pada 23 Oktober 2020WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/nighttime Diakses pada 23 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait