logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Ini Cara Mengatasi Bayi Susah Makan yang Perlu Anda Coba

open-summary

Cara mengatasi bayi susah makan bisa dilakukan dengan membentuk kebiasaan makan yang baik pada anak agar ia memiliki pola makan sehat yang bisa meningkatkan nafsu makannya.


close-summary

27 Nov 2019

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara mengatasi bayi susah makan salah satunya bisa dengan mengatur jadwal makan mereka

Hindari memberikan camilan susu sebagai cara mengatasi bayi susah makan

Table of Content

  • Penyebab bayi susah makan
  • Cara mengatasi bayi susah makan yang efektif

Saat telah berusia empat sampai enam bulan, si Kecil yang perlahan tumbuh besar mulai memerlukan asupan dari makanan luar selain air susu dari sang ibu atau telah memasuki masa MPASI. Namun, tidak jarang bayi tidak mau makan makanan yang Anda buat.

Advertisement

Kasus bayi tidak mau makan atau memilih untuk tidak mengonsumsi makanan tertentu bisa dialami oleh banyak orangtua. Lantas, apakah ada cara untuk mengatasi bayi susah makan tersebut?

Penyebab bayi susah makan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab bayi susah makan. Beberapa di antaranya karena mereka sedang sakit atau tidak menyukai rasa dan tekstur dari makanan yang diberikan. 

Bayi yang sedang sakit seperti mengalami gangguan pencernaan, tumbuh gigi, flu, atau sakit tenggorokan biasanya akan memiliki nafsu makan yang rendah. Rasa tidak nyaman saat sakit akan memicu bayi tidak mau makan.

Selain karena sakit, rasa dan tekstur dari makanan juga bisa mempengaruhi nafsu makan anak. Si Kecil mungkin menolak makanan karena merasa tekstur makanan yang Anda berikan terlalu cair, kental, lembek, dan lainnya. 

Untuk itu, terkadang Anda harus berpikir keras tentang bagaimana cara agar bayi mau makan. Mengatasi bayi yang tidak mau makan sebenarnya mudah asalkan Anda mengetahui penyebab dan tips jitu untuk meningkatkan nafsu makan anak. Salah satunya dengan memperhatikan kebiasaan perlikau bayi saat makan. 

Cara mengatasi bayi susah makan yang efektif

Tidak perlu frustrasi, pada dasarnya si Kecil yang baru belajar makan akan rewel mengenai makanan yang diberikan dan mungkin hanya akan mengonsumsi sedikit masakan yang Anda berikan.

Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi tidak mau makan. Beberapa di antaranya adalah nafsu makan yang berubah-ubah, perut yang masih kecil, fokus yang teralihkan dari makanan, dan sebagainya.

Meskipun lumrah terjadi, tidak berarti orangtua tidak bisa mengatasinya. Berikut adalah sejumlah cara mengatasi bayi susah makan yang bisa Anda terapkan pada si Kecil.

1. Ciptakan atmosfer yang positif 

no caption
Buat atmosfer menyenangkan saat menyuapi Si Kecil

Jangan jadikan waktu makan menjadi sesuatu yang negatif dan membuat anak tertekan. Bayi tidak mau makan bisa disebabkan oleh atmosfer yang tidak mendukung anak untuk melahap makanannya.

Makanlah bersama Si Kecil dan buat waktu makan menjadi waktu keluarga yang menggembirakan dan menyenangkan. Anda juga bisa memperlihatkan anak sewaktu Anda memasak.

2. Jangan menghukum anak

Orangtua yang frustrasi dengan bayi tidak mau makan bisa memarahi dan menghukum anak yang tidak mau mengonsumsi makanannya. Padahal, cara mengatasi bayi susah makan yang seperti ini justru dapat berakibat buruk pada anak dan membuat bayi tidak mau makan.

Saat bayi tidak mau makan, jangan menghukum dan memarahinya, cobalah untuk memuji si Kecil saat ia berhasil memakan beberapa suap makanannya. Aturlah batas waktu tertentu untuk si Kecil menghabiskan makanannya. Bila tidak habis dalam batas waktu tersebut, Anda bisa mengambil makanannya tanpa perlu memaksanya untuk makan.

3. Hentikan kebiasaan ‘menyogok’ si Kecil

Selain menghukum anak, orangtua juga bisa jadi ‘menyogok’ sang buah hati dengan memberikan berbagai camilan atau makanan manis lainnya. Akan tetapi, metode ini tidak efektif dan tidak akan bertahan lama untuk mengatasi bayi tidak mau makan.

4. Berikan jenis makanan baru

no caption
Ibu harus variatif dalam memberikan makanan untuk Si Kecil

Bayi tidak mau makan bisa jadi karena tidak menyukai atau bosan dengan rasa makanan yang dihidangkan. Cobalah untuk selalu memberikan jenis makanan baru untuk anak agar orangtua juga bisa mengetahui makanan apa yang disukai dan tidak disukai oleh si Kecil.

Bila pada awalnya si Kecil menolak makanan yang diberikan, orangtua dapat mencoba menyajikannya minggu depannya. Terkadang dibutuhkan 10-15 kali percobaan untuk memahami apa yang disukai dan tidak disukai anak.

5. Biarkan anak mengeksplorasi makanan

Cara mengatasi bayi susah makan lainnya adalah dengan membiarkan anak makan sendiri. Anda tidak perlu menyuapi anak atau memaksa si Kecil untuk makan. Orangtua dapat membiarkan anak makan dengan sendirinya dan hanya membantu anak saat si Kecil terlihat membutuhkan bantuan untuk makan.

Tidak perlu khawatir dengan membiarkan anak memainkan, menjilat, ataupun menyentuh makanannya. Pasalnya, hal tersebut adalah salah satu cara anak untuk mempelajari apa yang akan ia makan.

6. Sesuaikan porsi makanan 

no caption
Sesuaikan porsi makanan untuk Si Kecil

Bayi tidak mau makan bisa dikarenakan porsi makanan yang terlalu banyak. Sebab, perut si Kecil masih belum cukup besar untuk menampung banyak makanan. Maka dari itu, Anda bisa memberinya makan sesuai porsi kebutuhan anak.

7. Jadi contoh yang benar untuk anak

Bila orangtua ingin mendorong anak untuk bisa makan, maka orangtua perlu menjadi contoh atau panutan bagi si Kecil. Anda dapat mengonsumsi jenis makanan yang sama dengan anak untuk memperlihatkan bahwa Anda juga senang memakan hidangan tersebut.

8. Tunggu sampai nafsu makan anak kembali

Cara agar bayi mau makan saat sedang sakit dan membuatnya susah makan adalah dengan menunggu sampai nafsu makannya kembali normal. Tetapi, Anda sebaiknya tetap memberinya makan seperti biasanya. Biarkan bayi yang menentukan seberapa banyak ia ingin makan. Walaupun bayi menolak makan di saat sedang sakit, Anda tetap harus memberinya makan untuk mengisi ulang tenaganya agar cepat sembuh.

9. Hindari terlalu sering makan junk food

Dikutip dari Kids Health, hal yang tidak kalah penting adalah untuk menaikkan nafsu makan makanan sehat pada anak. Hindari pemberian makanan cepat saji sejak dini pada bayi.  

Plilhlah makanan dan camilan sehat dari buah dan sayur ketimbang memberikan anak permen atau jajanan tidak sehat lainnya. Hal ini bisa membentuk kebiasaan makan sehatnya yang baik untuk bayi di masa depan.

10. Mengatur jadwal makan dan camilan anak

Cara mengatasi bayi susah makan lainnya yang tak kalah penting adalah dengan mengatur jadwal makan anak. Anda bisa meningkatkan nafsu makan mereka dengan memberikan kudapan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Tetapkan waktu yang pasti untuk bayi makan setiap hari. Ajari mereka untuk mematuhi waktu makan tersebut setiap harinya hingga membentuk pola makan yang baik. Namun, hindari memberikan anak camilan untuk menenangkannya saat lapar dengan susu atau jus. Hal tersebut akan membuat bayi cepat kenyang hingga mengurangi nafsu makan mereka. 

Baca Juga

  • Suhu Tubuh Normal Bayi Berbeda dengan Orang Dewasa, Ini Cara Mengukurnya
  • Bayi Buang Air Besar Lebih dari 5 Kali Sehari, Haruskah Khawatir?
  • Babbling: Ocehan Bayi yang Punya Banyak Makna, Plus Ketahui Juga Cara Menstimulasinya

Jika tidak ada perubahan setelah menerapkan cara mengatasi bayi susah makan seperti yang telah disebutkan dan bayi tidak mau makan terjadi terus menerus, bahkan sampai memengaruhi berat badannya, Anda bisa menemui dokter untuk berkonsultasi. Dengan ini, Si Kecil bisa menjalani pemeriksaan dan diberikan penanganan yang tepat.

Advertisement

bayi & menyusuiibu dan anaktumbuh kembang bayi

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved