Bayi Menangis Saat Tidur? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Bayi menangis saat tidur bisa terjadi karena mimpi buruk
Tak hanya karena lapar, bayi menangis saat tidur juga bisa terjadi karena mimpi buruk

Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi. Saat lapar, basah popok, ingin dipeluk, semua diutarakan oleh si Kecil dengan cara menangis.

Tapi jika bayi menangis saat tidur, kadang orang tua langsung waswas karena merasa ada yang salah. Apakah dia lapar? Apakah perutnya sakit? Dan berbagai pertanyaan bernada cemas lainnya.

Padahal menangis saat tidur merupakan hal yang wajar terjadi pada bayi, dan umumnya bukan pertanda masalah serius.

Kenapa bayi menangis saat tidur?

bayi menangis saat tidur bisa dipengaruhi siklus tidur
Bayi menangis saat tidur bisa terjadi karena siklus tidurnya yang belum teratur

Mendengar bayi tiba-tiba menangis memang bikin risau. Apalagi jika si Kecil menangis saat sedang tidur. Karena bayi belum bisa berbicara, Anda pun tidak tahu pasti mengapa mereka menangis.

Lalu, apa yang membuat bayi menangis saat tidur?

  • Siklus tidur belum teratur

Bayi baru lahir, misalnya, belum memiliki siklus tidur yang teratur seperti orang dewasa. Mereka juga belum bisa membedakan antara siang dan malam. Hal inilah yang membuat si Kecil sering terbangun tiba-tiba atau mengigau saat tidur.

  • Mimpi buruk atau night terror

Menangis saat tidur bisa jadi pertanda bahwa si Kecil sedang mengalami mimpi buruk atau night terror. Tapi umumnya ini terjadi pada bayi yang sudah lebih besar. Menurut laporan, bayi usia 18 bulan sudah bisa mengalami night terror. Beberapa faktor penyebabnya adalah sedang sakit dan kurang tidur.

Mimpi buruk dan night terror merupakan dua hal yang berbeda. Mimpi buruk bisa membuat bayi terbangun dan bisa juga tetap tidur. Sementara night terror dapat berlangsung selama beberapa menit hingga 45 menit, dan bayi akan tetap tertidur selama dan setelah itu terjadi.  

  • Basah popok, lapar, kedinginan

Basah popok, lapar, atau kedinginan bisa menjadi penyebab bayi menangis dalam tidurnya. Saat ini terjadi, tangisan bayi biasanya akan semakin keras. Dan ketika sudah terbangun, biasanya mereka tidak mudah untuk kembali tidur. 

Apa yang bisa dilakukan oleh orang tua?

elus perut bayi agar ia berhenti menangis
Elusan pada perut dan punggung bayi bisa menenangkan bayi menangis saat tidur

Memang tidak mudah untuk tidak panik bila melihat bayi menangis saat tidur. Apalagi jika bayi sampai menjerit keras. Namun, tetaplah tenang dan coba lakukan hal-hal berikut ini:

  • Tunggu dan tetap mengawasi

Wajar jika Anda ingin buru-buru membangunkan dan menggendong si Kecil sampai kembali tenang. Tapi sebaiknya Anda tidak melakukan ini karena malah bisa mengganggu tidur buah hati.

Cara terbaik adalah dengan menunggu dan tetap mengawasi. Bisa jadi bayi menangis karena mereka sedang mengalami transisi tidur dari light sleep ke deep sleep. Fase ini memang dapat membuat bayi agak rewel, dan bukan berarti bayi sudah siap bangun atau ingin menyusu. 

  • Tenangkan bayi

Jika tangisan bayi tak kunjung mereda, Anda bisa mengelus punggung atau perut mereka, atau mengajak mereka bicara pelan-pelan. Cara ini akan membantu bayi kembali tidur nyenyak dan berhenti menangis.

  • Perhatikan suara tangisnya

Jika tangisan bayi semakin keras, itu bisa berarti si Kecil mengalami basah popok, lapar, atau kedinginan. Anda perlu segera memeriksa apa yang menjadi penyebabnya. Tapi pastikan Anda melakukannya dengan tetap tenang, dengan menjaga ruangan tetap redup dan merendahkan volume suara.

Meski bayi belum mengerti perbedaan antara siang dan malam, Anda tetap perlu melatihnya. Jadi, jagalah suasana tetap tenang agar bayi tahu jika malam hari adalah waktu untuk istirahat.       

Kapan harus ke dokter?

bawa bayi ke dokter bila ada kondisinya yang mencurigakan
Segera bawa Si Kecil ke dokter apabila ada kondisi yang terasa mencurigakan

Umumnya, bayi menangis saat tidur itu normal. Namun Anda perlu membawa si Kecil ke dokter anak jika mereka turut mengalami kondisi berikut

  • Bayi tampak kesakitan saat menangis
  • Kebiasaan tidur bayi tiba-tiba berubah
  • Masalah tidur berlangsung selama beberapa malam, yang pada akhirnya mengganggu fungsi atau aktivitas sehari-hari bayi
  • Bayi mengalami kesulitan dalam menyusu, seperti adanya masalah pelekatan, tidak mendapat cukup ASI, dan lainnya

Terdapat beberapa alasan yang membuat bayi menangis saat tidur, mulai dari siklus tidur yang belum teratur hingga basah popok dan kedinginan. Anda tidak perlu langsung membangunkan si Kecil jika itu terjadi karena malah bisa mengganggu tidur mereka.

Namun jika buah hati sering menangis saat tidur dan disertai kondisi lain yang mengganggu, ada baiknya untuk segera diperiksakan ke dokter anak. Sebab bisa jadi hal ini disebabkan karena anak sedang tumbuh gigi atau sakit.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324327.php#why-do-babies-cry-in-their-sleep
Diakses pada 15 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/baby-crying-in-sleep
Diakses pada 15 Januari 2020

Artikel Terkait