Bayi 7 Bulan Sudah Bisa Apa Saja? Ini Perkembangan Emasnya

0,0
15 Nov 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Bayi 7 bulan sudah mulai tumbuh gigi dan merespon ucapan orantuaBayi 7 bulan umumnya sudah bisa duduk tegak
Ada banyak perkembangan bayi 7 bulan yang penting dan harus Anda perhatikan. Bayi bukan hanya semakin besar tapi juga sudah semakin bisa melakukan banyak hal. Apa sajakah itu?

Sederet pencapaian penting dalam tumbuh kembang bayi 7 bulan

Secara umum, bayi 7 bulan umumnya sudah bisa berubah posisi dari tengkurap menuju duduk. Bayi mungkin sudah bisa berdiri dengan cara berpegangan pada seseorang atau sesuatu. Beberapa bayi juga sudah mulai merangkak di usia ini.Namun, proses bayi merangkak bisa berbeda pada tiap anak. Jadi orang tua tak perlu khawatir jika perkembangan buah hatinya tidak sama dengan bayi lain seusianya. Ada yang bisa melakukannya lebih cepat, ada pula yang melakukannya belakangan.Hal yang paling penting adalah orang tua bisa menyediakan mainan yang sesuai dengan usia dan aktivitas bayi, serta memastikan keamanannya.Berikut adalah perkembangan bayi (milestones) lainnya yang terjadi di bulan ke-tujuh usia si Kecil:

1. Sudah bisa mengonsumsi makanan padat

Saat memasuki usia 7 bulan, bayi umumnya sudah bisa makan makanan padat. Anda sudah bisa memperkenalkan MPASI dengan tekstur lebih kaya seperti buah dan sayuran yang ditumbuk.Anda juga bisa mencoba memberi si Kecil sereal yang diperkaya zat besi setiap hari. Makanan dengan tekstur lebih kental seperti sereal akan membuat bayi lebih mudah beradaptasi dan belajar mengunyah.Ingat selalu untuk berjaga-jaga barangkali si Kecil alergi pada makanan tertentu atau menyebabkan sakit perut.

2. Mampu merespons ucapan

Si Kecil mulai memahami arti bahasa meski tak selalu menuruti apa yang diperintahkan. Salah satu tanggapan bayi bisa berwujud menoleh saat dipanggil namanya, melambaikan tangan atau berhenti melakukan sesuatu saat Anda berkata tidak.Yang paling menggemaskan, bayi usia 7 bulan bisa mengeluarkan aneka ekspresi wajah sebagai bentuk komunikasi nonverbal mereka. Senyum lebar hingga cemberut mungkin akan mereka tunjukkan saat berkomunikasi dengan Anda.Ia mulai mengenal orang di sekitarnya sehingga bisa tersenyum pada yang ia kenal atau menangis ketika berada di dekat orang asing. Bayi mungkin sudah fasih juga mengucapkan kata “da-da-da”.

3. Bayi tumbuh gigi 

Gigi pertama biasanya sudah menghiasi mulut mungil si Kecil di usia antara 5 hingga 7 bulan. Tanda gigi tumbuh biasanya berupa air liur yang lebih sering keluar dan lebih rewel.Terkadang bayi membutuhkan mainan yang aman dikunyah agar gusinya terasa lebih nyaman. Di lain waktu, kompres dingin mungkin akan membantunya.Saat si Kecil sudah punya gigi bayi pertama, usahakan untuk menyikat gigi dengan yang lembut. Hanya saja, pastikan Anda sabar melakukannya karena hal ini merupakan sesuatu yang baru baginya.

4. Tidur tak senyenyak sebelumnya

Kualitas tidur si Kecil mungkin tidak akan seperti usia sebelumnya. Karena kemunculan gigi, tidurnya mungkin akan lebih sering terganggu. Anda wajib bersabar karena mungkin akan sering begadang untuk menidurkannya kembali.Agar bayi berusia 7 bulan memiliki jam tidur yang teratur, Anda bisa mengajaknya bermain di siang hari dan membuatnya nyaman di malam hari untuk menunjukkan jam tidur yang tepat waktu.Selain rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi, cara tidur yang berguling atau bahkan berputar, keamanan wajib ditingkatkan. Anda tak perlu bangun untuk menempatkan si Kecil ke posisi tidur semula karena khawatir akan mengganggu tidurnya. Lebih baik jika tempat tidur dibuat agar di Kecil tidak jatuh.

5. Berat badan dan panjang (tinggi) badan ideal bayi umur 7 bulan

Dikutip dari Kemenkes, perkembangan berat badan bayi umur 6-12 bulan akan bertambah sekitar 909 gram untuk bayi laki-laki dan 824 gram untuk bayi perempuan.Sementara itu, berat badan normal bayi di umur 7 bulan adalah berkisar 6,7 - 9,2 kg untuk  bayi laki-laki dan 6,0 - 8,6 kg untuk bayi perempuan.Sedangkan untuk tahap pertumbuhan panjang (tinggi) badan bayi usia 7 bulan idealnya adalah berkisar pada rata-rata 69,2 cm untuk bayi laki-laki dan 67,3 cm untuk bayi perempuan. Pertumbuhan panjang atau tinggi badan ini diperkirakan adalah naik 1 cm per bulan pada bayi usia 6-12 bulan. 

6. Sudah bisa duduk tegak

Pada usia 7 bulan, bayi sudah dapat memutar badan dan menegakkan punggung untuk duduk tegak lebih lama. Kemampuan motoriknya dalam menggenggam sesuatu juga semakin baik, sehingga di usia ini, bayi sebaiknya sudah mulai diperkenalkan dengan cangkir atau MPASI finger food.

Tips untuk orang tua

Memiliki bayi yang sudah bergerak aktif dan pertumbuhan yang signifikan tentu akan membuat kedua orang tua kelelahan. Waktu untuk beristirahat juga kemungkinan akan berkurang drastis. Namun, sebaiknya jangan tergoda untuk memberikan bayi gadget agar dia tidak rewel.Daripada mengenalkan layar gadget sejak dini, lebih baik Anda mengenalkan bayi 7 bulan dengan musik, bermain agar lebih mandiri, atau membacakan buku cerita. Jika perlu berikan buku yang memiliki gambar dan bentuk menarik untuk dijadikan stimulant bagi si Kecil.Bayi 7 bulan memiliki perkembangan yang mungkin akan membuat kehidupan Anda tidak sama seperti dahulu. Segala energi mungkin akan tersalurkan penuh untuk menghadapi tumbuh kembang bayi. Maka dari itu, diperlukan kekompakkan orang tua agar proses tersebut berjalan lancar.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang bayi 7 bulan dan tumbuh kembangnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tumbuh kembang bayibayitumbuh gigi pada bayi
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-7-month-old-baby-development-and-milestones-4172912
Diakses pada 15 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old#1
Diakses pada 15 November 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-7.aspx
Diakses pada 15 November 2020
Kemenkes. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf Diakses pada 11 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait