Bau Matahari di Rambut dan Badan Bikin Tidak Nyaman? Ini Cara Menghilangkannya

(0)
Penyebab bau matahari adalah perpaduan udara panas, keringat, dan bakteri di permukaan kulitBau matahari adalah sebutan untuk aroma khas yang muncul setelah seseorang terlalu lama terpapar sinar matahari
Melakukan aktivitas di bawah sinar matahari memang rentan membuat siapa pun berkeringat. Bahkan, tak jarang keringat yang muncul dapat menimbulkan bau matahari di tubuh hingga rambut. Seperti apa itu “bau matahari” dan bagaimana cara menghilangkannya?

Apa itu “bau matahari”?

Rambut bau matahari adalah aroma khas yang muncul setelah seseorang terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari
Anak-anak paling sering mengalami bau matahari
Bau matahari adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebut aroma khas yang muncul setelah seseorang terlalu lama terpapar sinar matahari.Kulit tubuh dan rambut bau matahari biasanya memiliki aroma yang menyengat, sedikit asam, dan terkadang apek.Setiap orang berisiko mengalami bau matahari setelah melakukan aktivitas yang cukup lama di bawah sinar matahari.Anak-anak biasanya yang paling sering mengalami bau matahari setelah pulang sekolah atau bermain di luar rumah.

Apakah bau matahari sungguh nyata?

Pada dasarnya, sinar matahari sendiri tidak memiliki bau atau aroma khas tertentu.Bau matahari adalah “bau” yang telah bercampur dengan aroma bebas lainnya di udara yang disertai keluarnya keringat dari tubuh Anda.Jadi, apa yang Anda cium pada tubuh dan rambut sesaat setelah terpapar sinar matahari bukanlah khas bau matahari asli. Melainkan, kehadiran matahari yang diyakini memengaruhi aroma di udara disertai keluar keringat dari tubuh. Hal ini jadi menarik karena berarti udara bisa memiliki aroma yang khas pada hari yang hangat atau dingin.Saat udara hangat atau terdapat sinar matahari, molekul udara akan bergerak bebas. Sedangkan, udara yang dingin membuat molekul udara bergerak lebih lamban.

Penyebab kulit dan rambut bau matahari dapat muncul

Rambut bau matahari sebenarnya tidaklah nyata melainkan berasal dari keluarnya keringat
Penyebab bau matahari berasal dari keluarnya keringat dari tubuh
Bau matahari adalah “bau” yang telah bercampur dengan aroma bebas lainnya di udara yang disertai keluarnya keringat dari tubuh.Jadi, penyebab kulit dan rambut bau matahari bisa disebabkan oleh seiring keringat yang keluar dari tubuh.Udara yang panas serta beraktivitas di bawah sinar matahari membuat suhu tubuh Anda meningkat. Akibatnya, tubuh akan berusaha menyeimbangkan suhu kembali dengan memproduksi lebih banyak keringat.Walaupun sebenarnya keringat tidak menimbulkan bau, ketika keringat bercampur dengan bakteri yang ada di permukaan kulit Anda, maka ia akan memunculkan bau badan.Perpaduan panas, keringat yang keluar dari tubuh, serta bakteri di permukaan kulit itulah yang membuat Anda atau anak Anda memiliki bau matahari.

Cara menghilangkan bau matahari di rambut dan kulit

Meski bau matahari yang menempel di rambut dan kulit tubuh bisa mengganggu dan membuat tidak nyaman, bukan berarti Anda perlu menghindari aktivitas di bawah sinar matahari sepenuhnya.Tak perlu khawatir, Anda dapat menerapkan cara menghilangkan bau matahari di rambut dan kulit dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mandi dengan teratur

Mandi teratur jadi cara menghilangkan bau matahari yang ampuh
Mandi pakai sabun antibakteri bisa menghilangkan bau matahari
Salah satu cara menghilangkan bau matahari yang paling ampuh adalah mandi.Mandi secara teratur dapat mengurangi pertumbuhan bakteri-bakteri yang ada di permukaan kulit tubuh.Jangan lupa gunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan bakteri di kulit yang jadi penyebab bau badan.

2. Cuci rambut secara rutin

Keramas secara rutin juga jadi cara menghilangkan bau matahari
Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat saat keramas
Setelah melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, ada baiknya Anda mandi sekaligus mencuci rambut.Gunakan sampo atau produk perawatan rambut yang sesuai dengan tipe rambut dan jenis kulit kepala.Misalnya, jika Anda memiliki kulit kepala berminyak atau tipe rambut sangat tipis, pertimbangkan untuk keramas dengan sampo yang mempunyai kandungan ringan setiap dua hari sekali.Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tetapi tidak dibarengi dengan keramas secara rutin dapat menimbulkan bau keringat, termasuk kulit kepala dan rambut bau matahari.

3. Hindari menggunakan pakaian yang sama berulang kali

Cara menghilangkan bau matahari adalah dengan mengganti pakaian
Segera cuci pakaian yang dipakai menggunakan deterjen
Selain rambut dan tubuh yang harus dibersihkan, cara menghilangkan bau matahari juga perlu menghindari kebiasaan menggunakan pakaian yang sama berulang kali.Sebab, pakaian yang sudah Anda gunakan saat beraktivitas di bawah sinar matahari mungkin masih terdapat bakteri dan bau keringat.Jadi, segera cuci pakaian Anda secara rutin menggunakan deterjen yang lembut sebagai cara menghilangkan bau matahari.

4. Pakai deodoran atau antiperspiran setelah mandi

Penggunaan deodoran bisa menghilangkan bau matahari
Deodoran bisa mengurangi produksi keringat
Cara menghilangkan bau matahari selanjutnya adalah menggunakan deodoran atau antiperspiran.Deodoran bekerja dengan menghambat bakteri penyebab bau keringat. Sementara, antiperspiran mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi produksi keringat.Anda dapat menggunakan salah satu produk tersebut setelah mandi dan sebelum tidur di malam hari sebagai cara menghilangkan bau matahari.

Cara mencegah bau matahari di kulit dan rambut

Selain melakukan cara menghilangkan bau matahari di atas, Anda juga perlu melakukan langkah pencegahan agar kemunculan bau matahari dapat terhindarkan. Berikut adalah cara mencegah bau matahari di kulit dan rambut.

1. Kenakan pakaian dengan bahan tertentu

Tak hanya menggunakan deodoran dan antiperspiran sebelum beraktivitas, memilih pakaian yang tepat juga penting sebagai cara mencegah bau matahari di kulit dan rambut.Pasalnya, bahan pakaian yang dikenakan dapat memengaruhi bau badan dan produksi keringat yang dikeluarkan.Pilihlah pakaian dari bahan katun yang cenderung menyerap keringat dan membuat kulit bernapas sebagai cara mencegah bau matahari di kulit dan rambut.

2. Pakai topi atau syal untuk melindungi rambut

Untuk mencegah rambut bau matahari, Anda bisa menggunakan topi atau syal saat beraktivitas di bawah terik matahari.Langkah ini juga dapat melindungi rambut dari paparan asap kendaraan bermotor dan polusi udara. Akan tetapi, jangan menggunakannya terlalu lama.Penggunaan topi atau syal untuk menutupi rambut dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan produksi keringat di rambut dan kulit kepala sehingga berisiko menyebabkan rambut bau.Sebenarnya, bau matahari tidaklah nyata. Bau matahari adalah “bau” yang telah bercampur dengan aroma bebas lainnya di udara yang disertai keluarnya keringat dari tubuh.Namun, Anda perlu waspada apabila bau matahari atau bau badan semakin menyengat dan tak kunjung hilang.Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebabnya. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
hidup sehatbau badanterbakar matahari
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sweating-and-body-odor/diagnosis-treatment/drc-20353898
Diakses pada 22 September 2020
Web Md. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/preventing-body-odor#1
Diakses pada 22 September 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/smelly-hair
Diakses pada 22 September 2020
How Stuff Works. https://science.howstuffworks.com/science-vs-myth/everyday-myths/can-something-smell-like-sunshine.htm
Diakses pada 22 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait