Batuk Tak Kunjung Sembuh? Coba 7 Cara Mengobati Batuk Berdahak

Air hangat dan madu dapat membantu meredakan batuk berdahak yang menganggu
Obati batuk berdahak yang mengganggu menggunakan air hangat dan madu

Pernahkah Anda merasakan batuk berdahak selama berhari-hari dan tak kunjung sembuh? Menyebalkan, memang. Tapi kabar baiknya, ada cara mengobati batuk berdahak yang mudah dan alami. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah!

Saat Anda mengalami batuk berdahak, selain rasa gatal di tenggorokan dan tidur terganggu, banyak gejala tak mengenakkan lainnya. Batuk berdahak pun bisa mengganggu aktivitas Anda.

[[artikel-terkait]]

Mengapa batuk berdahak terjadi?

Batuk adalah mekanisme pertahanan diri tubuh manusia saat ada partikel asing terdeteksi. Dengan batuk, tubuh melindungi paru-paru dari infeksi dan peradangan.

Dalam kasus batuk berdahak, artinya sedang ada akumulasi lendir di dada. Hal yang mengesalkan adalah jika batuk berdahak tetap bertahan selama berhari-hari.

Hal ini bisa terpicu karena banyak hal seperti menghirup debu, asap rokok, alergi, asma, infeksi, dan lainnya.

Nah, pertanyaannya: apakah yang Anda lakukan selama ini tepat sasaran?

Cara mengobati batuk berdahak

Memang, batuk berdahak bukan penyakit yang sangat membahayakan. Terlebih jika baru berlangsung selama beberapa hari. Istirahat cukup dan pengobatan di rumah sebenarnya bisa jadi jalan keluar yang jitu. Berikut ini, SehatQ telah merangkum 7 cara mengobati batuk berdahak secara alami di rumah:

  • Air hangat

Sejak dulu, konsumsi cairan adalah cara yang tepat untuk mengeluarkan dahak. Lebih jauh lagi, penelitian Cardiff University Inggris tahun 2008 lalu menemukan fakta bahwa minum air hangat bisa jadi cara mengobati batuk berdahak secara alami.

Air hangat secara instan memberikan sensasi tenang dan lega dari gejala-gejala batuk berdahak. Tak hanya air putih, Anda juga bisa meminum air hangat dalam bentuk teh herbal.

  • Inhalasi uap air panas

Masih soal air panas, cara alami mengobati batuk berdahak berikutnya adalah menghirup uap dari air panas untuk memastikan kelembaban udara yang terhirup.

Caranya mudah: isi baskom dengan air panas. Menunduklah di atas baskom sembari menutup atas kepala dengan handuk. Dengan cara ini, Anda bisa menghirup uap dengan leluasa. Bernapaslah perlahan.

  • Madu 

Popularitas madu sebagai pengobatan alami untuk berbagai penyakit sudah tak diragukan lagi, termasuk untuk batuk berdahak. Kandungan antibakteri madu membantu mengeluarkan dahak.

Anda cukup mengonsumsi satu sendok makan madu setiap 4 jam sekali hingga gejala batuk berdahak mereda. Tapi ingat, madu sebaiknya tidak dikonsumsi anak di bawah 1 tahun.

  • Gunakan humidifier

Coba lembabkan kamar tidur Anda menggunakan humidifier. The National Heart, Lung, and Blood Institute merekomendasikan humidifier atau steam vaporizer untuk mengatasi batuk berdahak.

Cara ini bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Untuk hasil maksimal, pastikan jendela dan pintu tertutup.

  • Essential oil

Banyak essential oil yang mendapat testimoni positif karena ampuh mengatasi masalah pernapasan. Biasanya, dekongestan alami yang digunakan adalah peppermint dan eucalyptus.

Anda bisa menghirupnya langsung dari botol atau meneteskan di rendaman air panas. Diyakini, cara ini bisa membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak.

  • Tingkatkan imunitas

Cara mudah meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi. Contohnya adalah kaldu ayam, bawang putih, dan teh jahe.

Selain itu, probiotic foods seperti cuka apel, miso, hingga kombucha juga bisa jadi pilihan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Pijat

Memijat leher belakang, punggung, serta dada bisa membantu membuka jalur pernapasan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah paru. Selain itu, pijat juga bisa membuat tubuh terasa rileks dan Anda bisa beristirahat optimal.

Semoga cara mengatasi batuk berdahak di atas efektif menjadi andalan Anda saat batuk menyerang, ya!

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321549.php
Diakses pada 16 Mei 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19145994
Diakses pada 16 Mei 2019

Jama Pediatrics. https://jamanetwork.com/journals/jamapediatrics/fullarticle/571638
Diakses pada 16 Mei 2019

Oxford Academic. https://academic.oup.com/jac/article/47/5/565/858508
Diakses pada 16 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-mucus-in-chest#overthecounter-medicine
Diakses pada 16 Mei 2019

Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/that-nagging-cough
Diakses pada 16 Mei 2019

Dr. Axe. https://draxe.com/home-remedies-cough/
Diakses pada 16 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed