Batuk Sampai Muntah, Ini Daftar Penyebab dan Pemicunya

(0)
07 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Batuk sampai muntah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk rokok, infeksi, hingga efek samping obat-obatanBila batuk sampai muntah disertai kesulitan bernapas, Anda disarankan segera menemui dokter
Batuk merupakan cara tubuh untuk menyingkirkan lendir, benda asing, dan mikroba pemicu penyakit agar keluar dari tubuh. Saat terpapar zat polutan yang ada di udara, Anda mungkin juga akan mengalami batuk-batuk. Namun, adakalanya batuk yang dialami begitu keras hingga Anda muntah. Apa penyebab batuk sampai muntah?

Batuk sampai muntah, apa penyebabnya pada orang dewasa?

Berikut ini penyebab batuk sampai muntah yang bisa dialami orang dewasa:

1. Rokok

Rokok sama sekali tidak memiliki manfaat untuk tubuh. Benda ini justru dapat memicu beragam penyakit, termasuk batuk sampai muntah. Batuk pada perokok dapat bersifat basah, kering, hingga sampai membuat muntah. Emfisema juga menjadi masalah yang rentan dialami perokok. Emfisema ditandai dengan kerusakan pada alveolus, kantung udara tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam paru-paru. Emfisema dapat ditandai dengan batuk-batuk dan napas pendek. 

2. Postnasal drip

Postnasal drip terjadi ketika adanya penumpukan lendir di belakang tenggorokan. Kondisi ini memicu serangan batuk dan bisa membuat penderitanya muntah. 

3. Asma

Asma merupakan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Kondisi ini dapat membuat penderitanya sulit bernapas, produksi lendir menjadi berlebihan, hingga batuk sampai muntah. Ada pula jenis asma dengan batuk sebagai gejala satu-satunya. Batuk yang dialami penderitanya yaitu batuk kering dan bisa bersifat parah hingga menimbulkan muntah. 

4. GERD dan refluks asam lambung

Naiknya asam lambung pada penderita GERD dapat mengakibatkan batuk sampai muntah
Naiknya asam lambung dapat memicu batuk sampai muntah
GERD terjadi ketika asam lambung naik (refluks) ke kerongkongan dan mengiritasi jaringan bagian bawah organ tersebut. Refluks atau naiknya asam lambung dapat memicu batuk dan sakit tenggorokan. 

5. Bronkitis akut

Bronkitis merupakan infeksi dan peradangan yang terjadi di cabang batang tenggorokan atau bronkus. Apabila terjadi dalam waktu kurang dari sepuluh hari, maka bronkitis yang dialami pasien disebut dengan bronkitis akutBronkitis dapat menyebabkan dan menghasilkan lendir dalam jumlah banyak. Kondisi ini dapat membuat penderitanya tersedak dan mengalami muntah. Setelah infeksi mereda, penderita bronkitis akut biasanya masih mengalami batuk kering dan mengi, bahkan muntah-muntah. 

6. Pneumonia

Batuk sampai muntah juga bisa disebabkan oleh pneumonia. Pneumonia merupakan peradangan pada satu atau kedua paru-paru yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, hingga jamur. 

7. Efek samping obat hipertensi

Selain penyakit, batuk sampai muntah juga berisiko terjadi sebagai efek samping obat tertentu. Salah satu obat yang memicu batuk hingga muntah adalah penghambat ACE. Obat ini diresepkan dokter untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung.  

Penyebab anak batuk sampai muntah

Anak juga bisa mengalami batuk sampai muntah
Penyebab anak batuk sampai muntah ada yang sama dengan orang dewasa
Anak-anak juga bisa mengalami batuk sampai muntah. Penyebab anak batuk sampai muntah ada yang sama dengan orang dewasa, termasuk bronkitis, asma, hingga penyakit asam lambung. Namun, ada dua penyebab lain yang membuat anak batuk sampai muntah, yaitu:
  • Penyakit batuk rejan atau pertusis. Penyakit ini terjadi karena infeksi bakteri Bordetella pertussis.
  • Infeksi respiratory syncytial virus atau RSV: Infeksi ini dapat menimbulkan peradangan di paru-paru dan bagian pernapasan lain. Infeksi RSV juga menjadi penyebab utama pneumonia dan bronkitis pada bayi.

Kapan harus ke dokter jika mengalami batuk sampai muntah?

Anda sangat disarankan segera menemui dokter jika batuk sampai muntah diiringi dengan gejala berikut ini:
  • Batuk berdarah
  • Kesulitan bernapas atau laju pernapasan menjadi cepat
  • Bibir, wajah, atau lidah menjadi biru atau kehitaman
  • Munculnya gejala dehidrasi

Penanganan batuk sampai muntah

Karena batuk sampai muntah dapat disebabkan oleh beragam faktor, maka penangannya juga akan disandarkan atas penyebabnya tersebut. Dokter akan memberikan kelompok obat berikut ini tergantung kasus yang dialami pasien:
  • Antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri, termasuk batuk rejan
  • Dekongestan dan antihistamin untuk mengatasi reaksi alergi dan postnasal drip
  • Glukokortikoid pada kasus asma, alergi, dan postnasal drip
  • Obat-obatan penghambat asam pada kasus penyakit asam lambung dan GERD
  • Inhaler untuk penderita asma
  • Obat pereda batuk untuk kasus yang tidak spesifik

Catatan dari SehatQ

Batuk sampai muntah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk rokok, infeksi, hingga efek samping obat-obatan. Jika masih memiliki pertanyaan terkait batuk dan penyakit terkait, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa di-download di Appstore dan Playstore untuk mendampingi hidup sehat Anda.
asmagerdmuntahbatukbahaya asap rokok
Healthline. https://www.healthline.com/health/bronchitis
Diakses pada 23 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/can-you-cough-so-hard-that-you-vomit
Diakses pada 23 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pertussis
Diakses pada 23 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pneumonia
Diakses pada 23 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/emphysema/symptoms-causes/syc-20355555
Diakses pada 23 September 2020
MSD Manuals. https://www.msdmanuals.com/home/lung-and-airway-disorders/biology-of-the-lungs-and-airways/exchanging-oxygen-and-carbon-dioxide
Diakses pada 23 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait