Radang Tenggorokan Dapat Mengakibatkan Batuk Berdarah, Apa Iya?

Untuk mencegah batuk darah semakin buruk, sebaiknya segera lakukan pengobatan
Jangan sepelekan batuk darah, karena kondisinya bisa semakin serius jika tidak segera ditangani

Sejumlah kondisi tertentu bisa memicu terjadinya batuk darah. Salah satunya adalah radang tenggorokan. Batuk berdarah karena radang, bisa dialami anak-anak maupun orang dewasa.

Namun secara umum, radang tenggorokan terjadi pada seseorang yang sedang mengalami batuk. Sebab dalam kondisi batuk yang sering, terlalu keras, dan sifatnya kering, tenggorokan bisa terluka.

[[artikel-terkait]]

Radang tenggorokan bisa picu batuk darah

Sakit tenggorokan biasanya terjadi ketika Anda mengalami flu atau batuk. Akan tetapi, sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti berteriak terlalu kencang, menghirup polusi udara, merokok, alergi, tenggorokan yang kering, menelan benda asing, ataupun asam lambung.

Hal tersebut dapat mengiritasi, dan membuat tenggorokan mengalami peradangan. Radang tenggorokan sendiri merupakan rasa sakit, tergores, maupun iritasi pada tenggorokan, terutama ketika Anda menelan. Radang tenggorokan memiliki gejala umum berikut ini.

  • Nyeri atau sensasi gatal di tenggorokan
  • Tenggorokan terasa sakit ketika menelan atau berbicara
  • Kelenjar nyeri, dan bengkak di leher atau rahang
  • Suara serak atau teredam
  • Bercak putih atau nanah pada amandel

Batuk berdarah dapat terjadi ketika ada perdarahan di tenggorokan atau saluran pernapasan. Tenggorokan yang terluka dan berdarah, dapat menyebabkan keluarnya darah ketika batuk. Darah yang keluar dapat berwarna merah terang, baik disertai dahak maupun tidak.

Anda jangan menyepelekan hal tersebut, karena kondisi ini dapat semakin parah jika tidak diobati. Selain itu, jangan biarkan tenggorokan Anda kering, agar tenggorokan tidak terus-menerus terluka dan berdarah, saat batuk semakin menjadi-jadi.

Minumlah air dengan cukup agar tenggorokan selalu terhidrasi, sehingga radang tenggorokan dan batuk berdarah Anda segera pulih.

Penyebab lain batuk berdarah

Batuk berdarah dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, sebagai berikut ini.

Semua kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya batuk berdarah. Anda tentu harus waspada jika mengalaminya.

Perawatan radang tenggorokan penyebab batuk berdarah

Ada beberapa perawatan di rumah yang dapat Anda lakukan untuk meringankan radang tenggorokan penyebab batuk berdarah.

1. Istirahat yang cukup

Anda harus beristirahat dengan cukup, dan  mengistirahatkan tenggorokan Anda, dengan “puasa berbicara” sementara waktu. Hal tersebut dapat membantu mempercepat pemulihan radang tenggorokan yang dapat menyebabkan batuk berdarah.

2. Minum air hangat

Air hangat dapat menenangkan radang tenggorokan Anda. Tak hanya itu, air hangat akan membuat batuk Anda mereda. Akan tetapi, hindarilah minuman yang mengandung kafeina, meski hangat, maupun alkohol.

Sebab, minuman tersebut dapat membuat dehidrasi, yang memperparah radang tenggorokan, dan membuat batuk terus-menerus.

3. Berkumur air garam

Anda dapat berkumur dengan air garam, dengan menuangkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat untuk meredakan radang tenggorokan. Selain itu, berkumur dengan air garam juga dapat membuat batuk mereda, sehingga Anda terhindar dari batuk berdarah.

4. Hindari penyebab iritasi

Anda harus menghindari asap rokok ataupun polusi udara lainnya, yang dapat menyebabkan tenggorokan iritasi. Asap rokok sangat berbahaya, karena selain dapat menyebabkan Anda mengalami batuk berdarah, juga berisiko memicu berbagai penyakit lain.

Biasakanlah rutin meminum air putih, tidak berbicara terlalu keras, dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan tenggorokan Anda mengalami radang dan terluka. Selain itu, ketika mengalami batuk, sebaiknya segera melakukan pengobatan, agar tidak menjadi parah. Dengan melakukan langkah tersebut, Anda akan terhindar dari batuk berdarah karena radang tenggorokan.

Artikel Terkait

Banner Telemed