Pastikan Anda Miliki Kolesterol Normal, demi Kesehatan di Masa Depan

Kadar kolesterol normal harus dijaga baik untuk dewasa dan anak-anak
Jika kadarnya mencapai 240 mg/dl, maka Anda harus mewaspadai risiko kolesterol tinggi.

Sebagian orang, mungkin termasuk Anda, mengira bahwa kolesterol bersifat jahat sehingga harus dihindari, seperti kolesterol tinggi. Akan tetapi, Anda harus tahu, kolesterol tidak selamanya jahat. Sebab, ada kolesterol yang sifatnya baik.

Anda akan mengalami gangguan kesehatan, ketika kadar kolesterol jahat, terlalu tinggi. Begitu pula saat kadar kolesterol baik, kelewat rendah. Dalam kondisi ini, Anda berisiko mengalami stroke, penyakit jantung, atau serangan jantung.

[[artikel-terkait]]

Kolesterol tinggi picu berbagai penyakit

Anda harus mempertahankan kadar kolesterol normal, agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Untuk menjaga kolesterol dalam batas normal, ada baiknya Anda memahami LDL, HDL, trigliserida serta kolesterol total.

Kolesterol LDL

Low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau kolesterol jahat, dapat menumpuk di dinding arteri, dan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Semakin rendah jumlah kolesterol jahat Anda, maka semakin sedikit pula risiko terkena penyakit jantung.

Jika kolesterol jahat Anda tinggi, maka dokter akan merekomendasikan obat golongan statin, yang merupakan obat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, dokter pasti menganjurkan Anda untuk menjalani gaya hidup sehat.

Kolesterol HDL

High-density lipoprotein cholesterol (HDL) atau kolesterol baik, dapat mengeluarkan kolesterol jahat dari darah Anda, dan menjaganya agar tidak menumpuk di arteri. Selain itu, kolesterol baik dapat melindungi Anda dari penyakit jantung.

Semakin tinggi jumlah kolesterol baik dalam tubuh, maka semakin rendah risiko Anda terkena penyakit jantung. Obat statin dan berolahraga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik Anda.

Trigliserida

Trigliserida merupakan lemak yang dibawa dalam darah, dari makanan yang Anda konsumsi. Orang dengan trigliserida tinggi, biasanya memiliki kadar kolesterol total yang tinggi pula.

Selain itu, jika tingkat trigliserida tinggi, maka Anda lebih berisiko terkena penyakit arteri koroner. Gaya hidup yang buruk, penyakit atau kelainan genetik, dapat meningkatkan kadar trigliserida.

Kolesterol total

Kolesterol total merupakan gabungan dari perhitungan kolesterol baik dan kolesterol jahat, ditambah 20% kadar trigliserida Anda. Kadar kolesterol total juga harus dikontrol. Jangan sampai Anda berisiko terkena penyakit jantung kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, henti jantung, dan lainnya.

Kadar kolesterol normal

Baik orang dewasa maupun anak-anak, sama-sama memiliki kolesterol. Pemantauan kolesterol haruslah dilakukan, untuk mencegah peningkatan kolesterol yang tidak diketahui. Batas kadar kolesterol normal berbeda-beda untuk setiap jenisnya.

Orang dewasa

  • Kolesterol total: Kadar kolesterol total yang baik adalah kurang dari 200 mg/dl. Jika mencapai 240 mg/dl atau lebih, maka kolesterol total sudah termasuk tinggi.
  • Kolesterol HDL: Kadar kolesterol HDL yang baik adalah 60 mg/dl atau lebih. Namun, kadar 40 mg/dl bagi laki-laki dan 50 mg/dl bagi perempuan, masih termasuk baik. Apabila kurang dari 40 mg/dl, maka kolesterol HDL sudah termasuk rendah.
  • Kolesterol LDL: Kadar kolesterol LDL yang baik adalah kurang dari 100 mg/dl. Jika mencapai 160 mg/dl atau lebih, maka kolesterol LDL sudah dianggap
  • Trigliserida: Kadar trigliserida yang baik adalah kurang dari 150 mg/dl. Di atas 200 mg/dl, kadar trigliserida sudah termasuk tinggi.

Anak-anak

  • Kolesterol total: Kadar kolesterol total yang baik adalah kurang dari 170 mg/dl. Apabila mencapai 200 mg/dl atau lebih, kolesterol anak termasuk tinggi.
  • Kolesterol HDL: Kadar kolesterol HDL yang baik adalah 45 mg/dl atau lebih. Kolesterol HDL anak dianggap rendah, apabila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
  • Kolesterol LDL: Kadar kolesterol LDL yang baik adalah kurang dari 110 mg/dl. Kadar 130 mg/dl ke atas, dianggap sebagai kolesterol tinggi.
  • Trigliserida: Kadar trigliserida yang baik untuk anak berusia 0-9 tahun yaitu kurang dari 75 mg/dl. Namun untuk anak dan remaja berusia berusia 10-19 tahun, kurang dari 90 mg/dl. Kadar trigliserida anak berusia 0-9 tahun yang mencapai 100 mg/dl atau lebih, dan 130 mg/dl pada anak dan remaja berusia 10-19 tahun, dianggap sebagai kadar tinggi.

WebMD. https://www.webmd.com/cholesterol-management/guide/understanding-numbers
Diakses pada 20 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/levels-by-age#children
Diakses pada 20 Mei 2019

American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/about-cholesterol/what-your-cholesterol-levels-mean#.V-uhUIh97IW
Diakses pada 20 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed