Batas Telat Haid Adalah 35 Hari Sejak Siklus Sebelumnya, Apakah Berarti Hamil?


Perubahan pola makan dan gaya hidup bisa berpengaruh terhadap batas telat haid seseorang. Jadi setiap orang memiliki batas yang berbeda. Ini penjelasannya.

(0)
02 Dec 2020|Azelia Trifiana
Batas telat seseorang bisa berbeda dengan yang lainBatas telat seseorang bisa berbeda dengan yang lain
Setiap perempuan memiliki batas telat haid yang berbeda-beda karena siklusnya bisa beragam mulai dari 21-35 hari. Umumnya, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari. Namun jika ternyata hamil, test pack dapat mendeteksinya bahkan sejak 6 hari sebelum jadwal mens tiba.Salah satu faktor yang membuat seseorang dinyatakan hamil adalah ketika hasil test pack positif. Sekitar 10 hari sejak berhubungan seksual, kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) sudah bisa terdeteksi. Ini adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta pada ibu hamil.

Faktor yang pengaruhi batas telat haid

Ada orang yang bisa haid 2 kali dalam sebulan, di sisi lain ada yang siklusnya tidak teratur seperti tak mendapat haid meski telah lebih dari sebulan. Banyak faktor yang turut berpengaruh akan hal ini, di antaranya:
  • Kondisi tubuh

Haid terjadi ketika dinding rahim luruh karena tidak terjadi pembuahan sel telur. Ketika dinding rahim atau endometrium sudah menjadi lebih tebal, pada akhirnya akan luruh dan keluar dalam bentuk darah menstruasi. Itulah mengapa terkadang ada darah seperti gumpalan daging yang keluar saat haid.Namun terkadang, keluarnya luruhan dinding rahim lewat serviks dan vagina ini tidak berjalan lancar. Ada kemungkinan jaringan menutup serviks sehingga darah yang keluar lebih sedikit. Ini yang menyebabkan seseorang bisa telat haid.
  • Stres

Pikiran yang stres sekaligus tubuh kelelahan juga dapat berpengaruh terhadap siklus haid seseorang. Jika normalnya siklus haid berlangsung selama 28 hari, bisa saja siklusnya menjadi lebih lama hingga 35 hari. Selama tidak ada keluhan yang berarti, tak masalah.Meski demikian, stres yang terjadi terus menerus harus dikelola dengan baik. Jika tidak, ada kemungkinan stres mengakibatkan masalah pada kondisi fisik. Carilah cara meredakan stres seperti melakukan macam-macam hobi pereda stres hingga relaksasi.
  • Perubahan berat badan

Jika ada perubahan berat badan yang cukup signifikan, ini juga bisa berpengaruh terhadap siklus haid seseorang. Contohnya apabila berat badan di bawah standar atau underweight, sangat mungkin siklus haid menjadi berantakan.Perempuan yang tidak memiliki cukup lemak dalam tubuhnya mungkin saja hanya memiliki darah haid sedikit. Tak hanya itu, perempuan yang kelaparan dan berolahraga berlebihan bisa membuat tubuh tidak lagi memproduksi hormon estrogen. Ini akan berpengaruh terhadap siklus haid normal.
  • Faktor hormonal

Jangan lupa perhitungkan faktor hormonal seperti mengonsumsi pil KB, atau KB hormonal lain (susuk, suntik) yang juga dapat berpengaruh terhadap siklus haid. Ada perempuan yang siklusnya menjadi lebih singkat dengan volume darah haid lebih banyak. Sebaliknya, ada juga yang siklusnya lebih panjang bahkan sering melewati batas telat haid.

Kapan telat haid berarti hamil?

Sebenarnya, hormon hCG yang diproduksi oleh plasenta bisa terdeteksi sejak 10 hari setelah ovulasi terjadi. Apabila pembuahan terjadi tak lama setelah haid selesai, berarti kehamilan bisa terdeteksi bahkan sebelum siklus menstruasi tiba. Pada beberapa orang, kehamilan bisa terdeteksi pada usia sekitar 2 minggu.Meski demikian, ada juga kemungkinan test pack memberikan hasil negatif palsu maupun positif palsu. Bisa saja ketika seseorang sudah melewati batas telat haid dan test pack menunjukkan hasil positif, sebenarnya yang terdeteksi adalah hal lain.

Faktor-faktor lain yang memengaruhi

Terkadang, seseorang bisa merasakan test pack positif kemudian haid karena banyak faktor, seperti:
  • Keguguran

Ketika seseorang mengalami keguguran, kadar hormon hCG akan terus meningkat dan berada di puncaknya saat berusia 10 minggu. Ketika kehamilan tidak berlanjut pun, hCG masih akan terdeteksi hingga 6 kemudian. Penurunan kadar hCG berlangsung sangat pelan.
  • Konsumsi obat

Ada beberapa jenis obat seperti antihistamin dan antikejang yang bisa berpengaruh terhadap batas telat haid seseorang. Kadar hCG bisa menjadi lebih tinggi dan menyebabkan test pack mendeteksi hasil positif.
  • PCOS
Kondisi polycystic ovary syndrome atau PCOS menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan berpengaruh terhadap sel telur dan proses ovulasi.Gejala utamanya adalah siklus haid tidak teratur. Umumnya, gejala lain yang juga menyertai adalah munculnya jerawat, kerontokan rambut, berat badan meningkat, hingga kulit tampak lebih gelap di leher, paha dalam, serta bawah payudara.Untuk memastikan apakah seseorang hamil setelah batas telat haid terlewati, tentu perlu tes lebih dari satu kali. Tidak ada salahnya melakukan pembacaan test pack beberapa kali untuk hasil akurat. Pastikan cara penggunaannya tepat serta lakukan di pagi hari saat kadar hormone dalam urine masih terkonsentrasi.Selain itu, jangan segan untuk memeriksakan diri apabila:
  • Haid berlangsung lebih lama dari 8 hari
  • Haid berlangsung kurang dari 2 hari
  • Tidak mengalami haid selama 3 bulan namun tidak hamil
  • Jarak siklus haid kurang dari 21 hari
  • Jarak siklus haid lebih dari 35 hari

Catatan dari SehatQ

Batas telat haid tidak selalu berarti kehamilan. Fluktuasi hormon saat fase PMS hingga haid juga turut berpengaruh. Namun jika ada gejala yang tidak biasa, tak ada salahnya memeriksakan diri.Untuk tahu apa saja gejala yang termasuk kondisi tidak biasa, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
kesehatan wanitahidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326479
Diakses pada 16 November 2020
Pakistan Journal of Medical Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3955559/
Diakses pada 16 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-late-can-a-period-be
Diakses pada 16 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pcos-and-pregnancy-test#false-negativesDiakses pada 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait