logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

10 Manfaat Permainan Puzzle untuk Anak, Salah Satunya Mengasah Kemampuan Kognitif!

open-summary

Lebih dari sekadar menyenangkan, ternyata ada banyak manfaat permainan puzzle untuk anak yang tak diduga-duga, mulai dari mengasah kemampuan kognitif, menambah rasa ingin tahu, hingga meningkatkan koordinasi tangan dan mata.


close-summary

5

(1)

6 Jun 2022

| Adhenda Madarina

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Permainan puzzle memberikan banyak manfaat pada anak

Seorang anak sedang bermain puzzle

Table of Content

  • Apa itu permainan puzzle?
  • Manfaat permainan puzzle untuk anak
  • Jenis-jenis mainan puzzle anak
  • Game puzzle online untuk anak

Bingung memilih mainan apa yang bermanfaat bagi anak? Permainan puzzle bisa jadi pilihan yang baik.

Advertisement

Permainan ini merupakan salah satu media pembelajaran yang penting bagi balita dan anak-anak karena telah terbukti dapat memberikan banyak keterampilan dan manfaat untuk perkembangan mereka.

Anda bisa memulai dengan permainan puzzle yang terdiri dari dua atau tiga potongan besar untuk balita dan anak-anak, kemudian beralih ke bentuk puzzle yang lebih kompleks dengan lebih banyak potongan yang kecil dan rumit.

Orang dewasa juga dapat memanfaatkan permainan puzzle untuk melatih cara berpikir. Menyusun puzzle yang rumit atau menyelesaikannya dinilai mampu memberikan banyak manfaat.

Apa itu permainan puzzle?

Sebelum mengintip berbagai manfaat bemain puzzle, mari kita ketahui dulu apa itu puzzle.

Secara harfiah, puzzle artinya sebuah pertanyaan atau masalah yang memerlukan pemikiran, kemampuan, dan kecerdikan untuk dijawab atau dipecahkan.

Nama ini kemudian digunakan dalam permainan jigsaw puzzle, yang dimainkan dengan cara menyatukan berbagai potongan gambar hingga menjadi gambar utuh dan sempurna.

Permainan puzzle konon ditemukan oleh John Spilsbury, seorang pembuat peta asal London, Inggris, pada tahun 1760 silam.

Kala itu, gambar yang digunakan dalam puzzle adalah peta yang direkatkan pada sepotong kayu datar dan dipotong-potong mengikuti garis negara.

Manfaat permainan puzzle untuk anak

Faktanya, permainan puzzle tidak hanya disukai oleh anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menggandrunginya. Berikut adalah beberapa manfaat permainan puzzle bagi anak.

1. Mengasah kemampuan kognitif

permainan puzzle
Permainan puzzle

Sering kali kita jumpai mainan puzzle anak yang tersedia dalam beragam tema dan gambar, seperti huruf alfabet, bentuk, sayur, angka, hewan peliharaan, transportasi, dan warna.

Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan kesadaran visual spasial anak dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang tema dan topik terkait.

Permainan puzzle dapat dijadikan media anak-anak untuk memahami suatu tema tertentu, misalnya huruf alfabet.

Selain itu, manfaat bermain puzzle bisa membantu anak untuk mengikuti petunjuk langkah demi langkah agar mencapai tujuan dalam hidupnya.

Dilansir dari The Malaysian Journal of Nursing tahun 2020, menyusun puzzle merupakan salah satu media bermain untuk anak yang berfungsi untuk merangsang perkembangan kognitifnya.

2. Melatih koordinasi mata dan tangan

Ketika anak mencoba memasang, melepas, atau membalik potongan puzzle untuk menemukan tempat yang tepat, secara tidak langsung mereka telah melatih koordinasi antara mata dan tangan. 

Kemampuan untuk mengoordinasikan apa yang dilihat mata, dengan apa yang digambarkan otak dan dilakukan tangan, membutuhkan banyak latihan.

Permainan puzzle adalah cara yang tepat dan menyenangkan untuk mengembangkan keterampilan ini.

3. Mengembangkan keterampilan motorik halus

Manfaat bermain puzzle selanjutnya adalah mengembangkan keterampilan motorik halus. Dalam perkembangan anak, melatih keterampilan motorik adalah salah satu hal terpenting.

Permainan puzzle dapat menjadi cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan dan memperbaiki keterampilan motorik halus mereka.

Ketika sedang menyusun mainan puzzle anak, mereka diharuskan untuk mengambil, memegang, dan menggenggam potongan-potongan puzzle dan memindahkannya, serta memasangnya dengan teliti di tempat yang benar.

4. Melatih keterampilan emosional

Anak-anak dapat belajar tentang kesabaran dan kegigihan saat melakukan permainan puzzle.  

Mengatasi tantangan dalam permainan puzzle dapat memberikan pengalaman dan perasaan berhasil, serta kebanggaan dalam diri mereka sendiri.

Bermain puzzle juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri yang berguna untuk perkembangan anak.

5. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah

permainan puzzle
Permainan puzzle

Permainan puzzle memang menuntut anak untuk berpikir kritis agar bisa menyelesaikannya.

Bahkan dalam menyelesaikan puzzle yang paling sederhana sekalipun, balita dan anak-anak harus menggunakan imajinasi mereka dan mengembangkan strategi untuk mencapai tujuannya.

Dengan demikian, manfaat bermain puzzle dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan memecahkan masalah, berpikir strategis, dan kemampuan berpikir berdasarkan logika.

6. Mendorong kerja dalam tim dan kemampuan bersosialisasi

Percaya atau tidak, mainan puzzle balok dianggap sebagai cara yang bagus untuk mendorong kerja tim dan keterampilan sosial untuk anak-anak.

Siapkan beberapa permainan puzzle untuk dimainkan bersama dan lihat seberapa baik mereka berfungsi sebagai tim.

Anda dapat mendorong kerja tim secara verbal atau memberikan instruksi permainan untuk dikerjakan bersama.

Pimpin dengan memberikan contoh, seperti ajak anak untuk mengatur peran dan tanggung jawab untuk setiap pesertanya.

7. Memperbanyak kemampuan berkosakata

Mencari potongan puzzle dan mendiskusikannya dengan teman atau keluarga, dapat membantu anak menggunakan kosakata untuk menggambarkannya.

Tidak hanya itu, tema mainan puzzle anak yang beragam, seperti binatang, angka, bentuk, kendaraan, semuanya akan membantu mendorong ucapan dan memperbanyak kosakata mereka.

Manfaat bermain puzzle untuk anak ini tentunya sayang untuk dilewatkan.

8. Menambah rasa ingin tahu

Warna-warna cerah dan bentuk yang unik umumnya sangat menarik di mata anak-anak. Secara tidak langsung, hal ini juga bisa memicu rasa ingin tahu mereka.

Contohnya, anak-anak dapat mencoba mencari tahu mengapa puzzle biru masuk ke dalam lubang berbentuk segitiga dan sebagainya.

Menambah rasa ingin tahu merupakan salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu anak belajar meraih kesuksesan di masa depannya kelak.

9. Memperbaiki suasana hati

Apakah suasana hati anak sedang tidak baik? Cobalah ajak mereka bermain puzzle.

Bermain puzzle juga dipercaya dapat meningkatkan produksi hormon dopamin di dalam otak.

Dopamin adalah senyawa kimia di otak yang mengatur suasana hati dan perasaan optimis di dalam diri.

Tidak hanya itu, dopamin memiliki pengaruh terhadap daya ingat, konsentrasi, serta motivasi.

Setiap kali anak berhasil menyelesaikan puzzle-nya, atau bahkan sukses dalam memecahkan satu teka-teki saja, dopamin di dalam otak akan dilepas.

10. Meningkatkan perhatian terhadap hal-hal kecil

Belum banyak yang tahu bahwa bermain puzzle dapat meningkatkan perhatian anak terhadap hal-hal kecil yang ada di sekelilingnya.

Saat bermain puzzle, mata anak akan mencoba untuk mencari perbedaan warna dan bentuk yang akan membantu mereka dalam menyatukan gambar hingga menjadi utuh.

Kemampuan dalam mencari perbedaan warna dan bentuk ini dapat membantu anak lebih memperhatikan hal-hal dengan lebih rinci.

Jenis-jenis mainan puzzle anak

Knob puzzle untuk anak
Knob puzzle memiliki gagang yang mudah digenggam anak

Omong-omong soal puzzle, yang ada di pikiran banyak orang mungkin adalah puzzle klasik (jigsaw puzzle) yang masing-masing bagiannya bisa dihubungkan.

Namun, tahukah Anda kalau mainan puzzle anak tidak hanya ini saja? Ada jenis lainnya yang disebut dengan inset puzzle.

Inset puzzle umumnya terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Knob puzzle, yakni mainan puzzle anak yang ada gagangnya dan biasanya terbuat dari kayu. Mainan puzzle kayu ini cocok untuk anak bayi dan usia dini yang mulai mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Cara bermain puzzle untuk anak usia dini ini juga mudah, si kecil hanya perlu mencocokkan gambarnya saja.
  • Chunky puzzle, yakni puzzle mainan yang bentuknya tebal, biasanya dalam bentuk mencocokkan gambar hewan. Contoh puzzle ini cocok untuk mengasah kemampuan dan memperkuat otot tangan anak balita.
  • Peg puzzle, yakni jenis puzzle yang mirip dengan knob puzzle. Hanya saja gagangnya lebih kecil dan tingkat kesulitannya lebih tinggi. Contoh puzzle ini dinilai dapat membantu mengasah kemampuan motorik halus anak-anak balita dan prasekolah.

Baca Juga

  • Ayah dan Bunda, Ajak Si Kecil Bermain Jenis-Jenis Permainan Bayi Ini
  • Anak 3 Tahun Belum Lepas Popok? Ajarkan dengan Cara Ini
  • Jenis Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman dan Berbahaya

Game puzzle online untuk anak

Tidak hanya puzzle dalam bentuk fisik, game puzzle online yang ada di gawai atau smartphone Anda ternyata juga baik untuk perkembangan anak, lho.

Berikut adalah beberapa contoh game puzzle anak yang bisa diunduh secara gratis.

  • Super Puzzle - Jigsaw Puzzle for Toddlers
  • PINKFONG Kids Puzzle Fun
  • Coco - Educational Games
  • Kids Puzzles Game for Girls & Boys
  • Toddler Puzzles for Kids - Baby Learning Games App

Anda bisa menemukan berbagai game puzzle anak ini di Google Play atau Apple App Store.

Namun, pastinya ada beberapa manfaat yang tidak dapat ditemukan bila dibandingkan bermain puzzle secara fisik.

Apabila Anda punya pertanyaan soal kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi kesehatan SehatQ. Konsultasi bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun. Unduh gratis aplikasinya di App Store maupun Google Play.

Advertisement

mainan anakaktivitas anak prasekolahperkembangan anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved