Banyak Manfaatnya, Kenalkan Permainan Puzzle pada Anak

(0)
25 May 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Permainan puzzle memberikan banyak manfaat pada anakSeorang anak sedang bermain puzzle
Bingung memilih mainan apa yang bermanfaat bagi anak Anda? Permainan puzzle adalah jawabannya. Permainan ini merupakan salah satu media pembelajaran yang penting bagi balita dan anak-anak karena telah terbukti dapat memberikan banyak keterampilan dan manfaat untuk perkembangan Si Kecil.Balita atau anak-anak dapat mulai dengan permainan puzzle yang terdiri dari dua atau tiga potongan besar, dan kemudian pindah ke permainan puzzle yang lebih kompleks dengan lebih banyak potongan yang lebih kecil dan lebih rumit.Orang dewasa juga dapat memanfaatkan permainan puzzle untuk melatih cara berpikir. Menyusun puzzle yang rumit atau menyelesaikan permainan puzzle dapat memberikan banyak manfaat.

Manfaat permainan puzzle untuk anak

Faktanya, permainan puzzle tidak hanya disukai oleh anak-anak, orang dewasa pun sering kali ikut memainkannya. Berikut adalah beberapa manfaat permainan puzzle bagi anak.

1. Mengasah kemampuan kognitif

Sering kali kita jumpai permainan puzzle yang tersedia dalam beragam tema dan gambar, seperti huruf alfabet, bentuk, sayuran, angka, hewan peliharaan, transportasi, dan warna.Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan kesadaran spasial visual anak Anda dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang tema dan topik terkait.Permainan puzzle bisa menjadi media anak-anak untuk memahami suatu tema tertentu, misalnya huruf alfabet. Selain itu, permainan ini juga bisa membantu anak Anda untuk mengikuti petunjuk langkah demi langkah agar mencapai tujuan dalam hidup.

2. Melatih koordinasi mata dan tangan

Ketika seorang anak mencoba memasang, melepas, atau membalik potongan puzzle untuk menemukan tempat yang tepat, secara tidak langsung telah melatih koordinasi antara mata dan tangan. Kemampuan untuk mengoordinasikan apa yang dilihat mata, dengan apa yang digambarkan oleh otak dan apa yang dilakukan tangan, membutuhkan banyak latihan. Permainan puzzle adalah cara yang tepat dan menyenangkan untuk mengembangkan keterampilan ini.

3. Mengembangkan keterampilan motorik halus

Dalam perkembangan anak, melatih keterampilan motorik adalah salah satu hal terpenting dan permainan puzzle membantu mengajarkan keterampilan ini. Permainan ini menjadi cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan dan memperbaiki keterampilan motorik halus mereka.Ketika sedang melakukan permainan puzzle, anak-anak diharuskan untuk mengambil, memegang, dan menggenggam potongan-potongan puzzle itu dan memindahkannya, serta memasangnya dengan teliti di tempat yang benar.

4. Melatih keterampilan emosional

Anak-anak dapat belajar tentang kesabaran dan kegigihan saat melakukan permainan puzzle.  Mengatasi tantangan dalam permainan puzzle akan memberikan mereka rasanya mencapai sesuatu dan kebanggaan dalam diri mereka sendiri.Melakukan permainan puzzle juga bisa memberikan dorongan untuk rasa kepercayaan diri dan harga diri yang berguna untuk perkembangan anak.

5. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah

Permainan puzzle memang menuntut anak Anda untuk berpikir kritis agar bisa menyelesaikannya. Bahkan dalam menyelesaikan permainan puzzle yang paling sederhana sekalipun, anak-anak dan balita harus menggunakan imajinasi mereka dan mengembangkan strategi tentang cara mencapai tujuannya.Dengan demikian, permainan ini dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan memecahkan masalah, berpikir strategis, dan kemampuan berpikir berdasarkan logika.

6. Mendorong kerja dalam tim dan kemampuan bersosialisasi

Percaya atau tidak, permainan puzzle sebenarnya adalah cara yang bagus untuk mendorong kerja tim dan keterampilan sosial untuk anak-anak Anda. Siapkan beberapa permainan puzzle untuk bersama dan lihat seberapa baik mereka berfungsi sebagai tim.Anda dapat mendorong kerja tim secara verbal atau memberikan instruksi permainan untuk dikerjakan bersama. Pimpin dengan memberi contoh, seperti undang anak-anak Anda untuk mengatur berbagai peran dan tanggung jawab untuk setiap peserta.

7. Memperbanyak kemampuan berkosakata

Mencari potongan puzzle dan mendiskusikannya dengan teman atau keluarga membantu anak-anak menggunakan kosakata mereka untuk menggambarkannya.Tidak hanya itu, tema permainan puzzle yang beragam, seperti binatang, angka, bentuk, kendaraan, semuanya akan membantu mendorong ucapan dan memperbanyak kosakata Si Kecil.

8. Menambah rasa ingin tahu

Warna-warna cerah dan bentuk yang unik akan sangat menarik bagi anak-anak. Secara tidak langsung, hal ini juga dapat memicu rasa ingin tahu anak-anak Anda. Mereka akan mencoba mencari tahu mengapa puzzle biru masuk ke dalam lubang berbentuk segitiga dan masih banyak lagi.Menambah rasa ingin tahu ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk membantu anak-anaknya belajar meraih kesuksesan kelak di masa depannya.Tidak hanya puzzle dalam bentuk fisik, game puzzle yang ada di gawai atau smartphone Anda ternyata juga baik untuk perkembangan anak, lho. Namun, pastinya ada beberapa manfaat yang tidak dapat ditemukan bila dibandingkan bermain puzzle secara fisik.
mainan anak
Galttoys. https://www.galttoys.com/blog/2017/02/12/7-benefits-of-puzzles-for-children/
Diaskes pada 11 Mei 2020
Lakeside. https://www.lakeside.com/browse/5-Benefits-of-Puzzle-Play-for-Kids/_/N-1z100q2Z1z0xzct
Diakses pada 11 Mei 2020
Learning4kids. https://www.learning4kids.net/2012/02/21/why-are-puzzles-so-good-for-kids-learning/
Diakses pada 11 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait