Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan, Kenali 6 Makanan yang Mengandung Omega 3

Makanan yang mengandung omega 3 untuk kesehatan
Kandungan omega 3 yang penting untuk jantung, otak, paru-paru, dan sirkulasi peredaran darah

Lemak ikan dianggap sebagai jenis lemak yang baik. Tidak seperti lemak jenuh daging yang buruk bagi kesehatan, lemak ikan mengandung omega 3 yang penting untuk jantung, otak, paru-paru, dan sirkulasi peredaran darah.

Mengingat betapa besar manfaat omega 3 ini, mari kenali beberapa makanan yang mengandung omega 3 dan bisa dikonsumsi setiap hari.

1. Ikan Salmon Liar

Ikan salmon yang hidup di alam bebas kebanyakan hanya makan ganggang dan plankton. Jadi, lemak ikan yang diproduksi lebih banyak daripada ikan salmon budidaya.

Ikan salmon liar merupakan makanan yang mengandung omega 3 terbesar. Sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui karena dapat meningkatkan kecerdasan otak bayi.

2. Ikan Kembung

Bila salmon terlalu mahal dan sulit ditemukan, ada ikan versi lokal yang juga tinggi omega 3. Ya, benar! Ikan kembung bahkan memiliki kandungan omega 3 yang lebih besar daripada salmon.

Dalam 100 gram ikan kembung, terdapat 2,4 gram omega 3, sedangkan ikan salmon hanya mengandung 1,4 gram. Jadi, jangan ragu membeli ikan kembung ya.

3. Kerang

Sebenarnya kerang tidak tergolong ikan berminyak. Akan tetapi, masih bisa dikatakan sebagai salah satu makanan yang mengandung omega 3.

Kerang bahkan bisa menjadi variasi pilihan menu bagi pencinta seafood yang sedang bosan dengan menu ikan. Satu ons kerang memiliki manfaat omega 3 yang lebih banyak ketimbang lobster, udang, tiram, dan kerang kampak (scallops).

4. Ikan Teri

Siapa yang suka ikan teri dan sambal? Jika Anda termasuk yang mengangguk, lanjutkan terus kebiasaan baik Anda.

Pasalnya, ikan teri termasuk dalam makanan yang mengandung omega 3. Orang Spanyol kerap membumbui ikan teri dengan cuka untuk hidangan tapas yang disebut Boquerones.

5. Ikan Bandeng

Tak suka makan bandeng karena durinya terlalu banyak? Namun, jika Anda tahu bahwa ikan bandeng mengandung vitamin D, omega 3, 6, dan 9, Anda pasti akan berubah pikiran. Asam lemak omega dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Ikan Sarden

Anda mungkin sudah memiliki sekaleng ikan sarden di lemari es. Tapi, tahukah Anda jika ikan sarden termasuk makanan yang mengandung omega 3. Meski ikan sarden diolah dalam bentuk kalengan, namun nutrisi dan asam lemak omega 3 di dalamnya tetap terjaga.

Omega 3 memang dikenal bagus untuk kesehatan, namun tidak banyak orang yang tahu apa manfaatnya. Omega 3 berperan penting dalam mencegah stroke, penyumbatan pembuluh darah, peradangan, dan mengurangi risiko penyakit serangan jantung.

Bagi anak-anak, mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 sangat penting, karena dapat merangsang produksi sel-sel otak secara aktif dan meningkatkan kecerdasan anak.

Oleh karena itu, mari perbanyak makan ikan-ikan di atas untuk menikmati manfaat omega 3!

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-diet-fatty-fish-omega-3s
Diakses pada September 2018

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-omega-3-rich-foods
Diakses pada September 2018

US News Health. https://health.usnews.com/wellness/slideshows/13-best-fish-high-in-omega-3sand-environment-friendly
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed