Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Permen Karet Bebas Gula

Permen karet bebas gula bisa menjadi alternatif permen karet yang menyehatkan
Mengunyah permen karet membantu kesehatan gigi

Mengunyah permen memang menyenangkan, tidak hanya dari segi rasa tetapi juga teksturnya yang kenyal. Di samping itu, banyak orang yang merasa lebih konsentrasi ketika mengunyah permen karet saat beraktivitas. Sayangnya, kebanyakan permen karet mengandung gula yang cukup tinggi sehingga membuat Anda rentan terkena diabetes jika mengonsumsinya terlalu sering.

Lantas adakah alternatif lain dari permen karet biasa? Ada, permen karet bebas gula.

Apa manfaat permen karet bebas gula?

Permen karet bebas gula merupakan jenis permen karet yang tidak menggunakan gula sebagai pemanisnya melainkan menggunakan pemanis buatan atau alami lain yang lebih rendah kalori.

Pemanis dalam permen karet bebas gula biasanya terbuat dari stevia, aspartam, atau alkohol gula yang diambil dari buah-buahan. Alkohol gula yang sering digunakan dalam permen karet bebas gula adalah xylitol, sorbitol, dan isomalt.

Permen karet bebas gula dapat menjadi pilihan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak adanya kandungan gula dalam permen karet bebas gula bukanlah satu-satunya daya tarik yang dapat memikat Anda.

1. Menurunkan berat badan

Siapa sangka, hanya benda kecil seperti permen karet bebas gula dapat membantu Anda meraih berat ideal Anda.

Selain mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi, permen karet bebas gula yang mengandung pemanis xylitol atau sorbitol dapat menimbulkan efek laksatif atau melancarkan BAB dengan meningkatkan kadar air dalam usus besar.

Namun, efek melancarkan pencernaan ini hanya bisa dirasakan ketika Anda mengunyah permen karet bebas gula dengan pemanis xylitol atau sorbitol dalam jumlah banyak. Tapi hal ini jangan mendorong Anda untuk mengonsumsi permen karet bebas gula terlalu banyak. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan.

2. Mencegah gigi berlubang

Mengunyah permen karet bebas gula bukan hanya membantu mengurangi konsumsi gula Anda, tetapi juga melindungi gigi dari potensi mengalami kerusakan dan lubang di gigi, khususnya jika permen karet bebas gula tersebut menggunakan pemanis xylitol.

Permen karet biasa mengandung gula yang tinggi yang dapat menjadi ‘makanan’ bagi bakteri jahat perusak gigi. Sementara kandungan xylitol di permen karet bebas gula bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Ditambah lagi, saat mengunyah permen karet, produksi air liur yang berperan untuk membersihkan gigi bertambah.

3. Mengurangi plak gigi

Selain tidak menyediakan makanan untuk bakteri perusak gigi, permen karet bebas gula juga mampu mengurangi kemunculan dan pembentukan plak di gigi yang bisa berkembang menjadi karies atau karang gigi.

4. Menguatkan enamel gigi

Meskipun terdengar sederhana, nyatanya mengunyah permen karet bebas gula atau permen karet biasanya dapat menguatkan enamel atau lapisan terluar gigi dengan cara meningkatkan produksi air liur yang mengandung fosfat dan kalsium yang baik untuk gigi.

5. Menurunkan sensitivitas gigi akibat proses pemutihan gigi

Memutihkan gigi berguna untuk menambah kecantikan saat tersenyum, tetapi salah satu efek samping sementaranya adalah peningkatan sensitivitas pada gigi.

Mengunyah permen karet bebas gula mampu mengurangi sensitivitas gigi sehabis proses pemutihan gigi.

6. Membantu Anda berhenti merokok

Permen karet bebas gula dengan nikotin dapat menjadi alternatif sehat Anda dalam mencapai tujuan menghentikan perilaku merokok Anda.

7. Mencegah infeksi telinga pada anak-anak

Kandungan pemanis xylitol yang terkandung dalam beberapa permen karet bebas gula ditemukan dapat mencegah infeksi telinga bagian tengah pada anak-anak.

Efek samping permen karet bebas gula

Di samping manfaatnya, tentu ada juga efek samping yang bisa muncul ketika Anda mengonsumsi permen karet ini. Beberapa efek samping dari mengonsumsi permen karet berbahan sorbitol adalah penurunan berat badan yang ekstrim, mual, iritasi di dubur, kram otot diare, perut bergas dan masalah di pencernaan.

Permen karet bebas gula yang mengandung pemanis aspartam tidak boleh dikonsumsi oleh penderita alergi aspartam dan penyakit fenilketonuria atau kondisi medis yang menyebabkan penumpukan asam amino fenilalanin yang berlebih dalam tubuh.

Wanita yang sedang hamil perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi permen karet bebas gula.

Catatan dari SehatQ

Permen karet bebas gula adalah pilihan permen karet yang lebih sehat untuk dikunyah, akan tetapi segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih tentunya tidak baik bagi tubuh.

Terlalu sering mengunyah permen berpotensi menimbulkan ketegangan pada otot rahang yang dapat memicu rasa nyeri di daerah tersebut. Anda juga akan berpeluang mengalami gangguan pada rahang berupa nyeri di persendian temporomandibular.

Bagi orang yang menggunakan kawat gigi, sebaiknya hindari mengunyah permen karet apapun karena permen karet dapat merusak kawat gigi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/phenylketonuria
Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/sugar-free-gum#1
Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chewing-gum-good-or-bad
Diakses pada 11 Februari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/541275-does-chewing-sugar-free-gum-help-you-lose-weight/
Diakses pada 11 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20874048
Diakses pada 11 Februari 2020

Artikel Terkait