Bantu Redakan Gejala PMS, Cicipi Manfaat Teh Saffron Ini


Teh saffron menawarkan beragam manfaat yang menarik, termasuk meredakan gejala depresi, menguatkan sistem imun, bahkan meredakan gejala PMS. Teh saffron juga mudah dibuat.

(0)
17 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Teh saffron bermanfaat meredakan gejala depresi, meredakan gejala PMS, hingga menguatkan sistem imunTeh saffron mudah dibuat layaknya menyeduh teh herbal lain
Saffron merupakan tanaman herbal yang tengah naik daun. Tanaman ini sudah dinikmati dalam praktik kuliner di berbagai negara serta digunakan dalam pengobatan alternatif. Dalam menikmati saffron, banyak orang gemar menyesapnya dalam bentuk teh. Teh saffron pun berpotensi menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Apa saja manfaat teh saffron?

Ragam manfaat teh saffron untuk kesehatan

Ini dia beberapa manfaat dari teh saffron:

1. Memiliki efek antidepresan

Saffron dijuluki sebagai “sunshine spice” karena dipercaya memiliki efek untuk memperbaiki suasana hati. Beberapa riset pun sudah membuktikan manfaat safron dan tehnya untuk perbaikan mood. Misalnya, sebuah riset dalam Journal of Integrative Medicine  menyebutkan bahwa suplemen saffron dapat mengendalikan gejala gangguan depresi mayor.Dengan potensi manfaatnya sebagai antidepresan alami, mengonsumsi teh saffron dapat menjadi cara menyenangkan untuk menaikkan mood Anda. 

2. Meningkatkan daya ingat

Saffron mengandung dua senyawa penting, yaitu crocin dan crocetin, yang berpotensi untuk memperbaiki daya ingat dan penalaran. Sebuah studi pada hewan yang dimuat dalam Phytotherapy Research melaporkan bahwa saffron membantu memperbaiki masalah memori dan penalaran. Saffron berpotensi efekfif untuk menangani penyakit yang memengaruhi otak, termasuk penyakit Alzheimer dan Parkinson. Dengan potensi manfaat tersebut, menyesap teh saffron pun layak dicoba untuk menjaga kesehatan daya ingat Anda. 

3. Menguatkan sistem imun

Saffron kaya akan vitamin B2 atau yang dikenal dengan riboflavin. Riboflavin berperan dalam pemeliharaan kesehatan sistem imun dan melawan peradangan. Jika tak terkendali, peradangan dapat berujung pada penyakit kronis seperti kanker.Teh saffron juga menawarkan zat antioksidan yang disebut safranal. Safranal disebutkan dapat meningkatkan aktivitas antibakteri dan antivirus di dalam tubuh. 

4. Menurunkan risiko kanker

Pigmen antioksidan crocin dan crocetin yang terkandung dalam saffron disebutkan memiliki efek antikanker dan antitumor. Antioksidan juga dikenal dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kerusakan sel dapat dipicu oleh faktor seperti penuaan, lingkungan, dan gaya hidup. Kerusakan sel tersebut juga dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker.Walau menarik, riset lanjutan tentu diperlukan untuk mengkaji manfaat teh saffron untuk turunkan risiko kanker. 

5. Menjaga kesehatan jantung

Teh saffron juga dikaitkan dengan kesehatan jantung – karena mengandung senyawa yang berpotensi mengurangi tekanan darah dan melindungi organ ini. Antioksidan dalam saffron juga disebutkan dapat mengendalikan kadar kolesterol. Tak cukup sampai di situ. Saffron turut mengantongi beberapa mineral yang baik untuk jantung, seperti magnesium dan kalium.

6. Meredakan gejala PMS pada wanita

Bukan rahasia lagi, premenstrual syndrome atau PMS merupakan periode-periode yang menyiksa bagi kaum hawa. Periode ini dapat memicu perubahan suasana hati hingga ketidaknyaman pada tubuh. Menariknya, menyesap teh saffron dilaporkan dapat menjadi alternatif untuk mengendalikan gejala PMS.PMS dikaitkan dengan perubahan hormon seperti serotonin. Karena teh saffron berpotensi untuk meningkatkan kadar serotonin, teh herbal ini telah dikaji manfaatnya untuk meredakan gejala PMS.

Cara membuat dan menyeduh teh saffron

Layaknya membuat dan menyeduh teh herbal lain, teh saffron juga mudah disajikan. Anda cukup merebus saffron (kepala putiknya) dalam air panas. Namun, karena herbal ini memiliki rasa yang kuat dan pahit, banyak orang mencampurkannya dengan bahan lain seperti teh hijau. Saffron biasanya direbus selama 5-8 menit sebelum kemudian disaring.Anda juga bisa menikmati teh saffron dingin. Agar lebih menyegarkan, tambahkan bahan lain seperti basil, lemon, dan madu untuk membuat teh saffron dingin.

Catatan dari SehatQ

Teh saffron menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk meredakan gejala depresi, meredakan gejala PMS, hingga menguatkan sistem imun. Teh saffron mudah dibuat layaknya menyeduh teh herbal lain. Jika masih memiliki pertanyaan terkait teh saffron, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi herbal terpercaya.
mengatasi depresipremenstrual syndrome (PMS)herbalteh
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/saffron-tea-benefits
Diakses pada 6 Desember 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10815004
Diakses pada 6 Desember 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S2095496414601412
Diakses pada 6 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/saffron-tea-health-benefits
Diakses pada 6 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait