Bantu Redakan Gejala, Ini Nutrisi dan Vitamin untuk Menghilangkan Rasa Cemas


Salah satu cara mengatasi kecemasan adalah dengan mengonsumsi nutrisi dan vitamin untuk menghilangkan rasa cemas. Nutrisi dan vitamin yang bisa dijadikan pilihan seperti vitamin B, D, C, magnesium, kalsium, dan lemak omega-3.

0,0
Vitamin untuk menghilangkan rasa cemas mulai dari vitamin B, C, dan DGangguan kecemasan bisa diatasi dengan konsumsi vitamin untuk menghilangkan rasa cemas
Gangguan kecemasan merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang bisa memberi pengaruh buruk bagi fisik maupun psikologis penderitanya. Untuk mengatasi kondisi tersebut, beragam cara dapat dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin. Apa saja vitamin untuk menghilangkan rasa cemas yang bisa dijadikan pilihan?

Ragam vitamin untuk menghilangkan rasa cemas

Vitamin memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, baik secara fisik maupun mental. Saat tubuh tak mendapat cukup asupan vitamin, rasa cemas yang dirasakan dapat semakin parah,Berikut ini ragam vitamin untuk menghilangkan rasa cemas yang bisa dijadikan pilihan:
  • Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin untuk menghilangkan rasa cemas. Menurut sebuah studi yang dilakukan terhadap 42 siswa sekolah menengah, konsumsi suplemen vitamin C dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan.Selain suplemen, Anda bisa memperoleh asupan vitamin C dari buah dan sayuran seperti jeruk, kangkung, stroberi, brokoli, dan paprika merah. Jika hendak mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.
  • Vitamin B kompleks

Konsumsi vitamin B kompleks bisa membantu mengatasi rasa cemas yang Anda alami. Kelompok vitamin B kompleks meliputi vitamin B1 (tiamin), B2, (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B8 (inositol), B9 (asam folat), serta B12 (cobalamin).Setiap vitamin memang memiliki efek yang berbeda pada tubuh secara keseluruhan. Namun, memastikan semua asupan itu terpenuhi dalam tubuh Anda bisa membantu mengurangi kecemasan yang Anda rasakan.
  • Vitamin D

Mendapatkan cukup asupan vitamin D dapat membantu mengurangi kecemasan yang Anda alami. Vitamin D sendiri berperan dalam mengatur suasana hati, kesehatan otak, dan fungsi saraf. Menurut sebuah penelitian, konsumsi suplemen vitamin D membantu mengatasi kecemasan akibat depresi.Asupan vitamin D bisa Anda temukan dalam makanan-makanan seperti salmon, tuna, hati sapi, keju, kuning telur, dan sereal. Selain itu, Anda juga dapat menerima asupan vitamin ini dari paparan sinar matahari pagi yang mengenai kulit.

Nutrisi lain yang bantu atasi gangguan kecemasan

Selain vitamin, berbagai macam nutrisi lain juga dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa cemas. Beberapa nutrisi tersebut, di antaranya:
  • Magnesium

Sebuah penelitian mengatakan, rasa cemas yang muncul akibat sindrom pramenstruasi dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen magnesium. Selain suplemen, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan-makanan seperti bayam, cokelat hitam, quinoa, kacang almond, dan mete.Namun, pastikan konsumsi magnesium Anda tidak lebih dari 350 mg per hari. Kelebihan asupan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan diare. Jika hendak mengonsumsi magnesium dalam dosis tinggi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. 
  • Zinc

Dalam sebuah penelitian, 38 partisipan dengan masalah kecemasan mempunyai tingkat zinc yang rendah dalam tubuh mereka. Rasa cemas yang dirasakan partisipan diketahui berkurang setelah mengonsumsi suplemen zinc.Untuk memperoleh nutrisi ini, Anda bisa mengonsumsi daging-dagingan seperti unggas, sapi, dan domba. Zinc juga dapat Anda temukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Zat besi

Studi menunjukkan, kekurangan zat besi dikaitkan dengan kecemasan. Makanan kaya zat besi yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi rasa cemas, antara lain daging sapi, hati, biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, cokelat hitam, dan sayuran berdaun gelap.
  • Kalsium

Sama seperti halnya zat besi, kekurangan asupan kalsium diketahui turut meningkatkan risiko Anda mengalami kecemasan. Beberapa sumber kalsium yang baik untuk tubuh, di antaranya susu, yogurt, keju, sayuran berdaun gelap, brokoli, almond, dan kacang hijau.
  • Lemak omega-3

Lemak omega-3 yang bisa didapatkan dari makanan-makanan seperti ikan dan biji rami memegang peranan penting dalam kesehatan otak. Menurut studi yang diterbitkan pada tahun 2018, kurangnya asupan lemak ini dapat meningkatkan risiko kecemasan maupun depresi. Konsumsi suplemen omega-3 dapat membantu mencegah dan mengatasinya.Apabila kondisi Anda tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi nutrisi dan vitamin untuk menghilangkan rasa cemas, segera periksakan diri Anda ke dokter. Nantinya, dokter akan membantu mengatasi masalah Anda sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.Perlu diingat, vitamin dan suplemen ini hanya bersifat membantu meredakan gejala, bukan menggantikan pengobatan medis yang tengah dilakukan. Bila Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter, sebaiknya konsultasikan juga mengenai vitamin pendukung serta dosis yang tepat.

Catatan dari SehatQ

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan, salah satunya dengan konsumsi nutrisi dan vitamin untuk menghilangkan rasa cemas. Beberapa nutrisi dan vitamin yang bisa membantu mengatasi masalah Anda antara lain vitamin B, D, C, magnesium, kalsium, hingga lemak omega-3.Jika hendak mengonsumsi suplemen tertentu untuk mengatasi kecemasan yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya memperoleh dosis tepat. Untuk berdiskusi lebih lanjut vitamin untuk menghilangkan rasa cemas, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
vitaminnutrisigangguan kecemasan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325823
Diakses pada 6 Mei 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/vitamins-and-minerals-that-reduce-social-anxiety-4115082
Diakses pada 6 Mei 2021
Sage Journals. https://journals.sagepub.com/doi/10.4137/NMI.S6349
Diakses pada 6 Mei 2021
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0165032716308928
Diakses pada 6 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait