Bantu Penuhi Kebutuhan Cairan dengan 10 Makanan Sehat Mengandung Air Ini


Mulai dari timun, tomat, stroberi, kubis hingga paprika adalah makanan yang mengandung air. Mengonsumsinya membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

(0)
13 Jan 2021|Azelia Trifiana
Jenis makanan yang yang mengandung airTimun adalah makanan yang banyak mengandung air
Warna urine bisa jadi indikator penting apakah kebutuhan cairan Anda sudah terpenuhi atau belum. Untuk memenuhinya, sebenarnya tak harus melulu dengan minum air putih. Ada banyak makanan sehat yang mengandung air dan kaya nutrisi.Sebagian besar orang mendapatkan 80% asupan cairan mereka dari minuman dan 20% dari makanan. Untuk minuman, pilih yang rendah kalori dan kaya kalsium. Sebaiknya, batasi konsumsi minuman soda atau minuman dengan tambahan pemanis.

Makanan sehat yang mengandung air

Jika bosan atau belum tentu bisa mencapai rekomendasi asupan cairan lewat minuman saja, alternatifnya bisa lewat makanan. Berikut ini 10 makanan yang kaya air:

1. Timun

timun
Timun mengandung 96% kandungan air dalam tiap penyajiannya. Kadar kalorinya pun rendah yaitu hanya 8 kalori. Tak hanya itu, timun juga bisa menjadi sumber serat, vitamin K, dan juga vitamin A yang baik untuk tubuh.

2. Selada iceberg

Sama seperti timun, selada iceberg juga mengandung 96% air. Selain merupakan makanan yang mengandung air, selada juga bisa memperkuat tulang, kesehatan mata, dan juga meningkatkan kualitas tidur. Selada bisa jadi diolah dalam salad atau dikonsumsi bersamaan dengan nasi.

3. Zucchini

zucchini
Saudara timun dari Jepang ini mengandung 95% air. Tak hanya itu, satu cangkir zucchini juga mengandung 1 gram serat yang membuat seseorang bisa merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, asupan kalori pun bisa lebih terkendali.

4. Tomat

tomat
Dalam satu cangkir tomat yang telah diiris terkandung 170,14 gram air atau 94% air. Tak hanya itu, kalorinya pun cukup rendah hanya sekitar 32 kalori dalam 149 gram tomat. Lebih jauh lagi, tomat juga kaya serat, antioksidan, serta vitamin A dan C.

5. Kubis hijau

Kubis yang berwarna hijau mengandung 93% air. Bukan hanya itu, kubis juga kaya serat dan nutrisi. Contohnya adalah vitamin C, vitamin K, dan juga mineral. Vitamin C  ini dapat membantu meredakan peradangan serta mengurangi risiko terkena penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.Lebih jauh lagi, kubis juga mengandung antioksidan bernama glucosinolates yang membantu mencegah dari beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru. Apabila kubis difermentasi menjadi sauerkraut, maka akan sangat baik untuk pencernaan.

6. Paprika

paprika
Paprika atau bell peppers mengandung air sebanyak 92%. Selain itu, paprika juga kaya akan serat, vitamin B, dan mineral seperti potasium. Di dalam buah berair dan manis ini juga terdapat antioksidan berupa karoten yang bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit mata.Bahkan jika dibandingkan dengan buah dan sayuran lain, paprika mengandung vitamin C paling tinggi. Dalam satu cangkir sebanyak 149 gram paprika, sudah memenuhi 317% kebutuhan harian vitamin C.

7. Stroberi

Jika mencari buah yang mengandung air cukup banyak, stroberi bisa jadi pilihan. Buah ini juga mengandung serat, antioksidan, vitamin C, serta mineral seperti folat dan mangan.Hebatnya lagi, mengonsumsi stroberi secara berkala dapat mengurangi peradangan. Tak hanya itu, ini juga mencegah terjadinya penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker.

8. Semangka

semangka
Buah lain yang juga mengandung air sebanyak 92% adalah semangka. Dalam 154 gram semangka saja, terkandung 118 ml air. Tak hanya itu, di dalamnya juga terdapat serat, vitamin A, vitamin C, dan juga mineral seperti magnesium.Kandungan densitas kalori dari semangka juga sangat rendah mengingat tingginya kandungan airnya. Hanya ada 46 kalori pada tiap cangkir semangka sehingga menurunkan nafsu makan serta membuat kenyang bertahan lebih lama.

9. Bayam

Bayam adalah sayuran dengan kandungan air sekitar 92%, membuatnya termasuk dalam sayuran hijau yang kaya air. Kandungan kalorinya pun rendah, hanya sekitar 23 kalori. Di sisi lain, bayam memberikan asupan protein, serat, dan juga karbohidrat yang diperlukan tubuh

10. Brokoli

brokoli
Dengan kandungan air sebanyak 91%, brokoli juga bisa menjadi pilihan sayuran yang memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari. Brokoli juga merupakan sumber serat dan protein. Lebih jauh lagi, ada banyak kandungan mineral seperti zat besi, potasium, kalsium, selenium, dan magnesium dari brokoli.

Mengonsumsi 10 jenis makanan sehat kaya air ini bisa secara langsung, dicampur dalam smoothies, diolah menjadi campuran salad, dan banyak lagi. Menjadikannya sebagai variasi air putih atau infused water bisa membantu mencegah terjadinya dehidrasi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/19-hydrating-foods
Diakses pada 28 Desember 2020
HHS Public Access. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2737735/
Diakses pada 28 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-water
Diakses pada 28 Desember 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/summer-foods-healthy-hydrating-and-easy-617386
Diakses pada 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait