Bakar Kalori dengan Cepat Lewat Latihan Body Combat


Body combat adalah jenis latihan kardio yang dikembangkan oleh Les Mills. Gerakan body combat merupakan kombinasi dari berbagai teknik bela diri, seperti karate hingga muay thai.

0,0
01 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Body combat adalah jenis latihan kardio yang melibatkan berbagai teknik bela diriLatihan body combat tidak memerlukan lawan
Body combat adalah jenis latihan kebugaran kardio berbentuk seni bela diri bagi seluruh tubuh yang dirancang untuk menghasilkan pembakaran kalori secara maksimal. Sesuai nama penemunya, latihan ini sering disebut sebagai Les Mills body combat.Body combat berisi gerakan-gerakan yang biasa digunakan untuk bela diri, seperti meninju dan menendang. Akan tetapi, Anda tidak berhadapan dengan sparing partner alias lawan dalam latihan kebugaran ini, melainkan melakukan serangkaian teknik bela diri sambil diiringi musik.

Gerakan-gerakan body combat

Body combat adalah latihan kebugaran berenergi tinggi yang terinspirasi dari beragam jenis bela diri. Gerakan-gerakan body combat merupakan perpaduan dari bermacam-macam teknik bela diri, antara lain:Berbeda dengan seni bela diri pada umumnya, latihan body combat tidak melibatkan kontak dengan lawan atau samsak. Anda tidak harus menguasai seni bela diri terlebih dahulu sebelum memulai latihan ini. Gerakan-gerakan body combat terhitung sederhana dan mudah diikuti, bahkan untuk pemula.Gerakan-gerakan body combat umumnya melatih kaki, lengan, punggung, dan bahu Anda. Berbagai gerakan ini melibatkan seluruh tubuh Anda, mulai dari bagian tubuh atas hingga bagian tubuh bawah.Beberapa contoh gerakan dasar body combat adalah:
  • Gerakan tubuh bagian atas yang terdiri dari pukulan-pukulan tinju, seperti uppercut, jab cross, dan hook.
  • Gerakan tubuh bagian bawah yang terdiri dari serangan lutut (knee strike), tendangan depan (front kick), tendangan samping (side kick), dan tendangan belakang (back kick).

Manfaat body combat bagi kesehatan

Latihan body combat dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Berikut adalah sejumlah manfaat body combat yang bisa Anda nikmati.

1. Membakar kalori dan menurunkan berat badan

Body combat adalah latihan yang efektif untuk membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Untuk setiap sesi latihan selama 55 menit, pembakaran kalori body combat rata-rata sekitar 740.Dengan demikian, body combat merupakan jenis latihan yang ideal bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Membentuk otot dan tubuh

Body combat adalah latihan yang melibatkan seluruh tubuh. Berbagai gerakan bela diri pada body combat menggunakan otot-otot dari beragam bagian tubuh. Sehingga, latihan ini dapat memberikan efek yang seimbang pada bagian tubuh atas dan bawah, serta membantu membentuk otot dan tubuh Anda.

3. Melatih organ kardiovaskuler dan meningkatkan stamina

Dalam hal meningkatkan stamina, latihan body combat dianggap sebanding dengan berlari. Selain itu, sifat latihan body combat yang tanpa kontak dapat menghindarkan Anda dari cedera.Body combat memungkinkan Anda berolahraga lebih keras dan lama dengan meminimalisir risiko cedera sehingga stamina menjadi lebih terlatih. Latihan yang dibagi beberapa interval juga dapat membantu memaksimalkan kapasitas jantung dan paru-paru Anda.

4. Meningkatkan koordinasi tubuh

Latihan body combat mengharuskan Anda untuk menyeimbangkan tubuh saat melakukan berbagai gerakan. Misalnya, menyeimbangkan kaki dan bagian tubuh lainnya saat meninju atau menendang.Untuk menghasilkan gerakan yang baik, diperlukan keseimbangan tubuh, koordinasi, dan kelincahan yang memadai. Dengan latihan secara rutin, body combat dapat membantu tubuh meningkatkan kemampuan tersebut secara bertahap.

5. Menghilangkan stres

Manfaat body combat tidak hanya dirasakan secara fisik, tetapi juga mental. Setiap orang tentunya memerlukan cara untuk menghilangkan kemarahan dan stres terpendam yang dalam dirinya.Body combat bisa menjadi salah satu cara positif untuk menyalurkan emosi. Anda bisa memanfaatkan dorongan kemarahan dan kekuatan pada latihan body combat sehingga dapat membantu melepaskan semua emosi negatif dalam diri Anda.Terlebih lagi, tubuh melepaskan endorfin alami selama berolahraga yang mampu meningkatkan suasana hati. Efek positif olahraga terhadap kesehatan mental juga telah banyak dibuktikan secara ilmiah, termasuk menghilangkan depresi.Kelas latihan body combat biasanya diselenggarakan mulai dari 30 menit hingga 60 menit per sesinya. Jika Anda baru mau menjalankan latihan ini, Anda dapat memulainya dengan 1-2 kelas seminggu secara rutin. Pemula dapat melakukan teknik body combat yang low impact, yang setiap latihannya bisa disesuaikan dengan tingkat kebugaran Anda.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips olahragalatihan fisik
Les Mills. https://www.lesmills.com/workouts/fitness-classes/bodycombat/
Diakses 20 Juli 2021
Les Mills. https://www.lesmills.com/ondemand/workouts/cardio/bodycombat/
Diakses 20 Juli 2021
Everyone Active. https://www.everyoneactive.com/content-hub/fitness/bodycombat/
Diakses 20 Juli 2021
Fitness First. https://www.fitnessfirst.co.id/classes/other-classes/bodycombat
Diakses 20 Juli 2021
24 Life. https://www.24life.com/seven-bodycombat-moves-to-master-before-your-first-class/
Diakses 20 Juli 2021
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/more-evidence-that-exercise-can-boost-mood
Diakses 20 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait