Bakar 900 Kalori Hanya Dalam Satu Sesi Pound Fit, Bagaimana Serunya?

Pound fit adalah olahraga kardio berintensitas tinggi dengan gerakan seperti seorang pemain drum
Memadukan aktivitas drumming dan olahraga dalam pound fit ternyata membawa keseruan sekaligus membakar kalori

Berbeda orang, berbeda pula selera olahraganya. Ada yang suka olahraga berintensitas tinggi yang mengharuskan banyak loncat, ada yang suka ketenangan dari beryoga, ada pula yang merasa semangat olahraga dengan iringan musik. Jika Anda yang terakhir, maka pound fit bisa jadi pilihan tepat.

Pound fit adalah olahraga kardio berintensitas tinggi dengan gerakan seperti seorang pemain drum. Dalam pound fit, ada dua stik berwarna hijau yang disebut RipStix yang merupakan instrumen utamanya. Sepanjang olahraga selama kurang lebih 1 jam, akan diiringi musik up beat sesuai dengan gerakan pound fit. 

Mengenal pound fit

Pound fit adalah olahraga yang melibatkan gerakan seluruh bagian tubuh. Di dalam gerakannya, ada kombinasi antara cardio, conditioning, dan strength training dengan pose-pose serupa dengan yoga dan pilates.

Artinya, jika Anda pecinta yoga dan pilates, maka tidak akan asing dengan gerakan-gerakan dalam pound fit. Hanya saja bedanya, dalam pound fit semua gerakan diiringi lagu dan ketukannya lebih cepat sehingga lebih memacu adrenalin.

Pound fit pertama kali muncul pada tahun 2011, datang dari 2 orang perempuan bernama Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom yang hobi bermain drum sekaligus pernah menjadi atlet di masa kuliahnya. Demi memastikan tubuh mereka tetap bergerak dan postur terjaga, akhirnya terinspirasi membuat olahraga pound fit. 

Mereka menemukan fakta bahwa gerakan pound fit jauh lebih seru ketimbang pilates dan yoga biasa. Tanpa disadari, memadukan aktivitas drumming dan berolahraga bisa membawa keseruan sekaligus membakar kalori, seperti tujuan olahraga lainnya.

Hingga kini, sudah ada 17.000 instruktur yang telah mengantongi sertifikasi di penjuru dunia dan menebarkan kecintaan pada olahraga pound fit. Jika Anda belum mencoba, bisa jadi jatuh cinta dengan keseruan olahraga satu ini.

Manfaat olahraga pound fit

Jika belum pernah mencoba pound fit, beberapa manfaat berikut ini mungkin bisa membuat Anda tertarik:

  • Kalibrasi lagu dan gerakan

Saat melakukan pound fit, akan ada track lagu khusus dengan gerakan-gerakan untuk membakar lemak. Artinya, dalam waktu 2-4 menit intensitas gerakannya sangat tinggi namun tidak terlalu lama hingga membuat kelelahan. 

Bayangkan saja, dalam 45 menit kelas pound fit – tidak termasuk pendinginan – ada 15.000 gerakan repetisi dengan 70 teknik gerakan yang bahkan tidak disadari dan tidak memberatkan sama sekali karena dikemas dengan seru.

  • Baik untuk otak dan hilangkan stres

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa pound fit adalah olahraga yang baik untuk otak sekaligus menghilangkan stres. Adrenalin yang terpacu saat menabuh RipStix dengan iringan musik seru akan membuat hormon endorfin mencapai puncaknya sehingga mood menjadi sangat baik.

Bahkan bagi orang yang rutin melakukan pound fit, kemampuan dalam mengambil keputusan dan berpikir untuk konteks yang lebih tinggi serta kritis juga makin terasah. Ini juga berhubungan dengan koordinasi mata, tangan, dan seluruh bagian tubuh saat melakukan gerakan berdurasi cepat.

  • Membakar kalori

Dalam satu sesi olahraga pound fit, seseorang bisa membakar lebih dari 900 kalori. Belum lagi gerakan-gerakan yang membentuk dan memperkuat otot. Semua gerakan pound fit jika dilakukan dengan tepat akan membentuk postur yang lebih kuat dan stabil.

  • Musikalitas dan daya tahan tubuh

Jangan terkejut jika pound fit secara drastis bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta kepekaan musikalitas Anda. Tak hanya terpaku dengan repetisi gerakan yang bisa jadi membosankan, pound fit secara strategis membuat Anda lebih menikmati olahraga lewat durasi dan intensitas tinggi musik dan gerakan-gerakannya.

Jadi, sepanjang sesi pound fit Anda akan fokus pada musik dan volume. Ada tahapan seperti menabuhkan RipStix satu kali, lalu di set berikutnya dua kali, kemudian speed-up yang perlu konsentrasi dan sangat seru.

Bagi yang baru akan mencoba pound fit, pastikan tahu betul bagaimana postur tubuh yang tepat saat melakukan gerakan-gerakannya. Bahkan, cara memegang RipStix juga harus diketahui betul.

Tanpa tahu postur yang tepat, maka otot yang terpakai tidak akan merata. Akibatnya, pembakaran kalori dan penguatan otot bisa jadi sia-sia. Setelah mencoba, jangan heran jika olahraga satu ini menjadi hal yang adiktif dan membuat Anda jatuh cinta!

Pound Fit. https://poundfit.com/about/
Diakses 15 Maret 2020

Health Fitness Revolution. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-ten-health-benefits-pound-workout/
Diakses 15 Maret 2020

Women’s Health. https://www.womenshealthsa.co.za/fitness/5-reasons-why-you-should-try-the-pound-workout/
Diakses 15 Maret 2020

Artikel Terkait