Cocoa butter bermanfaat melembapkan kulit
Cocoa butter sempat juga dijadikan mata uang

Cocoa butter adalah lemak dari biji kakao yang kerap menjadi bahan produk perawatan kulit. Kandungan asam lemak tinggi dalam cocoa butter dapat membuat kulit terhidrasi serta elastisitasnya terjaga. Tak hanya itu, lemak dalam cocoa butter dapat menjaga kelembapan kulit tetap terjaga.

Bahkan oleh suku Maya, cocoa telah lama menjadi bagian dari pengobatan kulit. Pada masa itu bahkan suku Maya menggunakan cocoa beans sebagai mata uang, barter dengan makanan atau pakaian. Kini, cocoa tak hanya sekadar “tasty currency” saja tapi populer menjadi kandungan produk skin care.

Manfaat cocoa butter

Apa saja manfaat cocoa butter untuk kesehatan kulit?

1. Melembapkan kulit

Jika melihat produk pelembap kulit, banyak yang menjadikan cocoa butter sebagai kandungan utamanya. Sama seperti zat pelembap alami lainnya, cocoa butter kaya akan asam lemak yang dapat membentuk lapisan pelindung kulit sehingga kelembapan tetap terjaga.

Bagi orang dengan kondisi kulit kering, produk perawatan kulit dengan kandungan cocoa butter bisa sangat membantu menjaga kelembapan. Termasuk, bagi orang yang mengalami masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

2. Menjaga kesehatan kulit

Di dalam cocoa powder, ada antioksidan yang disebut polyphenols. Substansi kimia ini baik untuk kulit karena dapat mengurangi peradangan dan menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultra violet.

Dalam sebuah penelitian lainnya, kandungan polyphenols dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Meski demikian, penelitian terus dilakukan untuk mengetahui pasti efek positif cocoa butter terhadap kulit.

3. Mencegah stretch marks

Mengingat sifatnya yang sangat melembapkan, tak heran jika cocoa butter dapat mencegah munculnya stretch marks pada ibu hamil. Bahkan, ibu hamil sangat disarankan menggunakan cocoa butter untuk mencegah munculnya stretch marks akibat merenggangnya kulit sekitar perut.

Meski demikian, beberapa penelitian belum berhasil menemukan bukti bahwa cocoa butter dapat mencegah stretch marks pada ibu hamil. Menurut penelitian tersebut, cara menghilangkan selulit atau stretch marks tak harus dengan produk tertentu namun akan menjadi samar seiring dengan berjalannya waktu.

4. Mengobati bibir kering

Tak hanya pada kulit, cocoa butter juga dapat diaplikasikan pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Biasanya, produk lip balm yang mengandung cocoa butter dipadukan dengan vanilla, jeruk, atau peppermint dalam bentuk oil sehingga lebih nyaman digunakan.

5. Meredakan ruam dan luka bakar

Cocoa butter bisa digunakan untuk meredakan ruam atau luka bakar di kulit. Namun pastikan menggunakan cocoa butter yang tidak mengandung tambahan alkohol atau pengharum karena rentan menyebabkan iritasi. Jangan gunakan saat di kulit ada tanda-tanda infeksi.

Adakah efek samping cocoa butter?

Secara umum, cocoa butter aman digunakan oleh semua orang, termasuk ibu hamil. Hanya pada beberapa orang yang sensitif, cocoa butter dapat menyebabkan reaksi alergi seperti ruam.

Namun pada penelitian tahun 2015, ditemukan bahwa produk dengan kandungan cocoa butter memiliki efek anti-estrogen. Artinya, cocoa butter dapat mengurangi bahkan menghalangi efek hormon estrogen dalam tubuh.

Hal ini utamanya bisa berdampak pada remaja yang sedang dalam fase pubertas dan membutuhkan hormon estrogen untuk berkembang. Namun, penelitian terkait hal ini – juga dampaknya pada anak-anak – masih terus dikembangkan.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba produk perawatan kulit yang mengandung cocoa butter. Selama tidak ada reaksi alergi, melembapkan kulit dengan produk cocoa butter tidak menimbulkan efek samping apapun.

Namun jika keluhan seputar kulit yang dialami lebih spesifik, kontak dokter spesialis untuk tahu produk apa yang cocok untuk mengatasinya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cocoa-butter-benefits#takeaway

Diakses 11 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325227#benefits

Diakses 11 April 2020

Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/cocoa-butter/

Diakses 11 April 2020

Artikel Terkait