Baik untuk Jantung, Coba Manfaat Renang Gaya Dada

Manfaat renang gaya dada adalah membangun kekuatan karena menggerakkan seluruh tubuh
Dengan renang gaya dada atau gaya katak, perenang pemula dapat mengetahui posisinya di air dan tidak rentan panik

Tanyakan kepada perenang pemula maupun profesional, gaya renang apa yang paling populer? Tentu gaya dada alias gaya katak jadi urutan pertama. Tak hanya populer, manfaat renang gaya dada juga banyak, mulai dari membakar kalori hingga fleksibilitas.

Berenang adalah olahraga yang memberi ruang bagi tubuh untuk menggerakkan seluruh otot. Bahkan, gaya dada atau gaya katak adalah jenis gaya yang diperkenalkan pertama kali kepada mereka yang baru pertama kali belajar berenang.

Manfaat renang gaya dada

Alasan mengapa renang gaya dada menjadi salah satu yang paling populer adalah gerakannya sederhana dan mudah dipahami. Bahkan bagi mereka yang baru belajar berenang maupun atlet sekalipun, bisa mengatur sendiri kecepatan gerakan saat berenang dengan gaya dada.

Lalu apa saja manfaat renang gaya dada?

1. Baik untuk pemula

Anak-anak mulai dari usia 2 tahun pun bisa diajarkan teknik renang gaya dada secara perlahan. Mulai dari menggerakkan kedua tungkai ke samping secara bergantian, hingga teknik pernapasannya.

Manfaat renang gaya dada adalah baik untuk pemula karena mereka bisa melakukan gaya ini dengan tetap berada di permukaan air. Dengan demikian, perenang pemula bisa tahu posisi mereka di air dan tidak rentan panik.

Tak hanya itu, gaya dada juga memberikan waktu bagi siapapun untuk belajar dengan tenang dan tidak terburu-buru. Mereka tak perlu bergerak terlalu cepat dan bisa menyesuaikan tempo dengan kemampuan masing-masing.

2. Hemat energi

Ada banyak perenang profesional yang menggunakan gaya dada saat harus menempuh banyak lap. Alasannya karena manfaat renang gaya dada adalah hemat energi.

Ketika melakukan gaya dada, ada waktu recovery yang cukup untuk tangan dan kaki secara bergantian. Ketimbang gaya renang lainnya, tubuh bisa mencuri waktu beristirahat lebih banyak saat melakukan gaya dada.

Gerakan kaki yang konstan ke samping juga memberikan waktu bagi gerakan sebelumnya untuk “mendorong” seseorang bergerak di dalam air sebelum melakukan gerakan selanjutnya.

3. Olah seluruh tubuh

Perhatikan perenang yang sedang melakukan gaya dada, seluruh bagian tubuhnya ikut bergerak. Jika dilakukan dengan konsisten, artinya seseorang sedang membangun kekuatan, daya tahan, dan juga kemampuannya dalam mengolah seluruh tubuhnya.

Gerakan dalam gaya dada terjadi secara simultan. Saat bergerak, tubuh akan terdorong dalam air. Setelah itu, tubuh mendapat kesempatan untuk beristirahat beberapa detik sebelum melakukan gerakan selanjutnya.

4. Membakar kalori

Jika Anda mencari jenis olahraga yang ampuh membakar kalori, jangan ragu memilih renang. Manfaat renang gaya dada salah satunya adalah membakar 200 kalori selama berenang 30 menit.

5. Olahraga cardio yang baik

Manfaat renang gaya dada yang tak kalah penting adalah membantu memperkuat jantung dan paru-paru. Secara fisik, gerakan dalam gaya dada bisa membentuk otot di paha, punggung atas, triceps, paha belakang, kaki bagian bawah, dan tentu saja dada.

Teknik renang gaya dada yang tepat

manfaat renang gaya dada adalah dapat dilakukan oleh siapa saja
Renang gaya dada atau gaya katak bisa dilakukan oleh pemula

Kelebihan lain dari renang gaya dada adalah mudah mengendalikan keseimbangan tubuh, bahkan untuk waktu yang lama. Teknik melakukan renang gaya dada yang tepat di antaranya:

1. Dalam air

  • Kepala sejajar dengan seluruh tubuh
  • Bahu, paha, dan kaki berada dalam satu garis horizontal lurus
  • Jaga paha tidak terlalu turun dalam air
  • Bahu dan leher serileks mungkin

2. Gerakan tangan

  • Tak perlu menggerakkan tangan terlalu lebar karena dorongan datang dari gerakan kaki
  • Tangan bergerak menyamping hingga ke belakang seperti akan menyentuh dada bagian atas

3. Gerakan kaki

  • Posisi lutut lebih lebar dari paha dan didorong ke belakang hingga kedua kaki lurus
  • Saat kedua kaki lurus, telapak kaki tetap aktif

4. Pernapasan

  • Angkat kedua bahu untuk mengangkat wajah sehingga dapat mengambil napas
  • Biarkan kepala naik ke permukaan air secara alami untuk menghindari nyeri punggung
  • Tarik napas dari hidung dan buang dari mulut saat wajah masuk ke dalam air

Jika sudah terbiasa, orang yang melakukan renang gaya dada akan tahu kapan harus menggerakkan tangan dan kakinya secara bergantian. Hal terpenting adalah memastikan tubuh terus bergerak maju dalam air secara aktif.

Swimming. https://www.swimming.org/masters/improving-your-breaststroke-technique/
Diakses 28 Januari 2020

Swimming. https://www.swimming.org/justswim/best-swimming-stroke-for-weight-loss/
Diakses 28 Januari 2020

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/523742-benefits-of-the-breaststroke/
Diakses 28 Januari 2020

Artikel Terkait