Baik untuk Imunitas, Ini 7 Manfaat Konsumsi Sapodilla (Sawo Manila)


Sapodilla atau sawo manila kaya dengan antioksidan polifenol yang membantu melawan penyakit serta vitamin C untuk menjaga imunitas tubuh.

(0)
24 Mar 2021|Azelia Trifiana
Sawo Manila dikenal juga dengan nama sapodillaSawo Manila dikenal juga dengan nama sapodilla
Jika Indonesia punya sawo, di belahan bumi sekitar Karibia ada yang disebut dengan sawo manila atau sapodilla. Bentuknya sama seperti sawo yang mudah ditemukan di sekitar, lonjong dengan kulit kasar.Menariknya, buah Manilkara zapota ini kaya antioksidan berupa polifenol yang bisa membantu melawan penyakit. Tak hanya itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga bermanfaat untuk sistem imun.

Mengenal sawo manila

Asal mula buah sapodilla ini adalah di Meksiko, Karibia, Belize, dan juga daerah Amerika Tengah lainnya. Namun sekarang, sangat mudah menemukan sawo di negara-negara lain seperti India, Malaysia, dan tentu saja Indonesia.Ukuran buah sapodilla ini memiliki diameter sekitar 10 cm dengan berat 150 gram. Satu buah pohonnya tumbuh dengan cepat, dengan produksi sekitar 2.000 buah per hari.Jika digenggam, tekstur kulit sapodilla sangat mirip dengan kiwi yaitu sedikit kasar. Ketika belum matang, akan ada zat beracun lengket yaitu saponin. Namun ketika matang, saponin ini perlahan hilang dan sapodilla siap dikonsumsi dengan daging buahnya yang lembut.Rasa sawo manila ini sedikit manis dengan tekstur halus dan mudah dikunyah. Umumnya, ada sekitar 3-10 biji berwarna hitam di dalamnya yang tidak bisa ditelan.

Manfaat konsumsi sawo manila

Hal yang membedakan sapodilla dengan buah lain adalah kandungan kalorinya yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah sapodilla, terdapat 83 kalori serupa dengan ubi jalar.Dalam 241 gram sawo manila, terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori: 200
  • Serat: 12, 8 gram
  • Lemak: 2,65 gram
  • Protein: 1,06 gram
  • Karbohidrat: 48,1 gram
  • Kalsium: 51 miligram
  • Air: 187,98 gram
  • Magnesium: 29 miligram
  • Zat besi: 1,93 miligram
  • Potasium: 465 miligram
  • Fosfor: 29 miligram
  • Vitamin C: 35, 4 miligram
  • Niacin: 0,482 miligram
Lebih jauh lagi, adanya nutrisi itu memberikan manfaat apabila dikonsumsi dengan cara:

1. Baik untuk sistem imun

Kandungan vitamin C dalam sapodilla dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika imun terjaga, maka akan terlindung dari infeksi virus dan penyebab demam lainnya. Bukan hanya itu, buah dengan nama lain sapota ini juga memiliki kandungan fruktosa dan sukrosa alami yang bisa menjadi sumber energi.

2. Kaya vitamin

Selain vitamin C, sapodilla juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Utamanya, melindungi dari penyakit degenerasi makula akibat penuaan. Mengonsumsinya dapat melindungi dari penurunan penglihatan sentral.

3. Baik untuk tulang

Rupanya, kandungan mineral berupa kalsium, fosfor, dan zat besi juga bermanfaat untuk tulang. Bukan hanya menjaga tulang tetap tumbuh dengan sehat, sawo manila juga bisa menjaganya dari masalah seperti osteoporosis. Khasiat ini datang karena buah berwarna cokelat ini menjaga kepadatan massa tulang.

4. Baik untuk ibu hamil

Ada banyak buah yang bagus untuk ibu hamil, salah satunya adalah sawo. Di dalamnya terdapat elektrolit, karbohidrat, dan juga vitamin A. Bahkan, mengonsumsi buah dengan rasa sedikit manis ini bisa mengurangi morning sickness. Tak hanya bagi ibu hamil, ibu yang sedang menyusui juga bisa mendapat manfaat yang sama.

5. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam sapodilla juga membantu melancarkan proses pencernaan. Ketika dikonsumsi, kadar gula darah tidak akan meningkat signifikan serta rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini bisa mencegah seseorang mengonsumsi karbohidrat atau sumber kalori lain terlalu banyak.Tak kalah penting, bagi yang sedang mencari buah pelancar BAB alami dan ingin menjaga berat badan, sapodilla layak jadi pilihan.

6. Mencegah anemia

Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka produksi hemoglobin serta distribusi oksigen ke seluruh tubuh bisa kurang optimal. Konsekuensinya, bisa terjadi anemia. Jadi, untuk mencegah kekurangan zat besi Anda bisa memasukkan sawo manila sebagai salah satu buah dengan kandungan bermanfaat.

7. Optimalkan fungsi otak

Masih berkaitan dengan zat besi serta distribusi oksigen ke seluruh tubuh, otak membutuhkannya untuk fungsi optimal. Sebaliknya ketika terjadi kekurangan zat besi, seseorang bisa menjadi lebih sulit fokus dan sukar beristirahat.Tak hanya itu, kandungan copper atau tembaga dalam sawo manila juga bisa menjaga kondisi neurotransmitter yang penting untuk menjaga energi, mood, dan konsentrasi.Jika sudah matang, sapodilla bisa langsung dikonsumsi dengan membuang kulit dan bijinya. Rasanya sedikit manis dengan tekstur lembut dan berair. Pastikan mengonsumsi buah yang benar-benar matang karena jika tidak, justru bisa menimbulkan masalah.

Sebagai contoh, sapodilla mentah bisa menyebabkan iritasi tenggorokan hingga masalah pernapasan. Rasanya pun pahit karena kandungan tannin yang cukup tinggi.Tak kalah penting, bagi yang sedang menjalani diet, sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi sapodilla karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/list-of-fruits
Diakses pada 8 Maret 2021
Pharmacognosy Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3685764/
Diakses pada 8 Maret 2021
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/sapodilla/
Diakses pada 8 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait