Bahaya Wajan Anti Lengket untuk Kesehatan, Pastikan Sudah Dipakai dengan Benar


Wajan anti lengket merupakan alat masak yang aman untuk digunakan. Meski begitu, alat ini berisiko memicu masalah keseheatan seperti gejala flu hingga kanker.

(0)
Ini bahaya wajan anti lengket jika tidak digunakan dengan benarBahaya wajan anti lengket yang dapat memicu beragam penyakit
Wajan anti lengket beberapa waktu belakangan menjadi alat masak yang kerap dipilih orang-orang untuk mengisi dapur mereka. Dibandingkan dengan wajan biasa, alat masak ini dapat membantu mempermudah proses pembuatan menu-menu sederhana layaknya telur goreng atau membuat pancake tanpa perlu tambahan minyak maupun mentega.Meskipun terlihat sehat, sejumlah hal perlu Anda perhatikan ketika membeli maupun memasak menggunakan wajan anti lengket. Jika tak dipakai dengan benar, penggunaan wajan yang juga sering disebut teflon ini dapat menjadi bumerang dan berpotensi membahayakan keselamatan nyawa Anda.

Bahaya menggunakan wajan anti lengket

Sejumlah produk wajan anti lengket yang dijual di pasaran mempunyai lapisan yang terbuat dari perfluorooctanoic acid (PFOA). Pada hasil uji coba laboratorium yang dilakukan kepada hewan, bahan kimia ini telah terbukti memicu kanker, kerusakan sistem kekebalan, gangguan hati, cacat pertumbuhan, hingga kematian.Meski begitu, hingga saat ini belum diketahui apakah efek tersebut juga berlaku pada manusia. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan PFOA yang sangat tinggi berpotensi menyebabkan peningkatan risiko kanker pada organ:
  • Ginjal
  • Testis
  • Prostat
  • Ovarium
  • Kandung kemih
Selain itu, paparan asap yang muncul dari wajan anti lengket bisa menyebabkan gejala seperti flu, di antaranya sakit kepala, menggigil, dan demam. Kondisi tersebut umumnya terjadi ketika Anda memanaskan teflon dengan suhu tinggi dalam waktu yang sangat lama (hitungan jam).Beberapa penelitian juga menghubungkan PFOA dengan kondisi-kondisi seperti:
  • Peningkatan kadar kolesterol
  • Penurunan respons vaksin pada anak-anak
  • Perubahan enzim hati
  • Peningkatan risiko tekanan darah tinggi atau preeklamsia pada ibu hamil
  • Penurunan berat badan bayi ketika lahir

Tips meminimalkan risiko kesehatan akibat penggunaan wajan anti lengket

Wajan anti lengket sebenarnya adalah alat masak yang nyaman serta aman untuk digunakan, namun pastikan bahwa cara Anda menggunakannya sudah benar. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meminimalisir risiko kesehatan yang berpotensi muncul akibat pemakaian teflon:
  • Jangan memanaskan wajan anti lengket yang kosong dengan suhu tinggi karena dapat mengakibatkan keluarnya asap beracun dari lapisan teflon. Pastikan bahwa Anda sudah meletakkan makanan atau bahan yang hendak dimasak di atas wajan terlebih dahulu.
  • Hindari memasak dengan api besar. Ketika menggunakan wajan anti lengket, gunakan api sedang atau kecil, sesuai yang tertera dalam petunjuk penggunaannya.
  • Pastikan ada ventilasi di dapur Anda. Untuk menghindari paparan asap berbahaya yang mungkin muncul dari wajan anti lengket, buka jendela atau nyalakan kipas angin ketika Anda memasak. Cara ini dapat membantu menghilangkan asap.
  • Menggunakan spatula yang terbuat dari kayu atau silikon. Peralatan yang terbuat dari logam dapat menyebabkan goresan pada permukaan wajan anti lengket sehingga jadi lebih cepat rusak.
  • Cuci teflon dengan lembut menggunakan spons, sabun, dan air hangat. Penggunaan sabut baja atau bantalan gosok dapat merusak lapisan wajan.
  • Ketika lapisan wajan anti lengket mulai tergores atau mengelupas, segera ganti yang baru. Jika terus digunakan, hal tersebut dapat berdampak buruk terhadap kesehatan Anda.
Apabila Anda merasakan gejala pusing, menggigil, hingga demam setelah menggunakan wajan anti lengket dan kondisi tersebut tak kunjung hilang dalam waktu dua hari, segera berkonsultasi ke dokter. Penanganan sedini mungkin dapat mencegah kondisi Anda bertambah parah.

Alternatif bahan alat masak lain yang aman untuk digunakan

Jika Anda masih khawatir dengan dampak buruk dari penggunaan teflon, beberapa bahan alat masak lain bisa dijadikan alternatif. Berikut alternatif alat masak yang aman dan nyaman selain wajan anti lengket:
  • Wajan baja anti karat, cocok untuk menumis dan menggoreng makanan. Bahan ini umumnya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang dan tahan akan goresan. Bahan ini juga aman untuk kesehatan dan mudah dibersihkan.
  • Wajan besi tuang, apabila dibuat dengan komposisi yang benar, bahan ini secara alami akan punya sifat anti lengket. Alat masak dengan bahan ini lebih awet dan bisa dipakai memasak dengan suhu yang jauh lebih tinggi dibanding teflon.
  • Wajan stoneware, alat masak dengan bahan ini memiliki panas yang merata. Selain itu, bahan stoneware juga anti lengket dan bisa Anda gunakan untuk memasak dengan api besar.

Catatan dari SehatQ

Wajan anti lengket merupakan alat masak yang aman, asal digunakan dengan cara benar. Jika penggunaannya salah, memasak dengan teflon berpotensi memicu masalah kesehatan seperti kanker hingga gejala flu.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai wajan anti lengket dan bahayanya untuk kesehatan Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitkankerflukekebalan tubuh
Healthline. https://www.healthline.com/health/safe-cookware
Diakses pada 8 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/nonstick-cookware-safety
Diakses pada 8 Februari 2021
About Health. https://www.abouthealth.co.nz/blog/post/is-your-non-stick-cookware-killing-you.html
Diakses pada 8 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait