Bahaya Tato Mata Tidak Main-Main, Mulai dari Infeksi hingga Buta

(0)
27 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tato mata dapat menyebabkan kebutaanProsedur tato mata menyimpan sejumlah bahaya bagi mata Anda
Tato mata adalah salah satu teknik modifikasi tubuh berupa pewarnaan pada bagian putih bola mata (sklera) dengan menggunakan tinta. Dalam bahasa Inggris, tato bola mata dikenal dengan sebutan sclera tattoo. Prosedur tato mata dilakukan dengan menyuntikkan tinta tato untuk mewarnai bagian putih mata. Seorang seniman tato akan memasukkan tinta pada lapisan bawah konjungtiva (selaput bening yang melapisi sklera) sehingga bagian putih mata akan jadi berwarna sesuai dengan tinta yang disuntikkan.

Bahaya tato mata yang mengerikan

Walaupun digemari sebagian orang, tindakan tato mata sebetulnya merupakan prosedur yang berbahaya dan berisiko tinggi. Terlebih lagi, prosedur tato mata tidak dilakukan oleh dokter atau ahli kesehatan. Selain itu, dikutip dari American Academy of Ophthalmology (AAO), beberapa negara bagian di Amerika Serikat dan Kanada bahkan telah melarang praktik tato mata. Beberapa bahaya tato bola mata yang dapat terjadi, yaitu:
  • Menurunnya penglihatan hingga kebutaan total
  • Infeksi dari injeksi atau tinta yang digunakan
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Peradangan mata yang terus berlangsung
  • Ablasi retina
  • Merasa seperti ada sesuatu di mata sepanjang waktu
  • Kehilangan seluruh mata.
Bahaya tato mata yang disebutkan di atas biasanya disebabkan oleh kesalahan prosedur. Sejumlah kesalahan prosedur yang mungkin terjadi meliputi:
  • Penggunaan jarum yang terlalu besar
  • Menggunakan tinta tato yang terlalu banyak
  • Menyuntikkan tato terlalu dalam sehingga tinta mengotori retina atau jaringan di sekitarnya
  • Tidak melakukan prosedur tato yang sesuai, misalnya lupa mengencerkan tinta tato.
Warna yang diberikan tato juga dapat mempersulit dokter melakukan pemeriksaan jika terjadi masalah pada mata. Di samping itu, belum ada pelatihan formal atau sertifikasi bagi seseorang untuk melaksanakan prosedur tato mata sehingga keamanannya benar-benar tidak dapat dijamin.Jika proses tato di mata mengalami kesalahan, maka Anda akan berada dalam kondisi bahaya dalam waktu singkat. Tinta yang mengotori jaringan mata dapat menyebabkan konsekuensi yang besar, termasuk kehilangan penglihatan atau bahkan kehilangan seluruh mata Anda.

Contoh kasus terkait bahaya tato mata

Salah satu contoh kasus kegagalan tato mata adalah kasus yang menimpa seorang model wanita Canada bernama Catt Gallanger. Dikutip dari Live Science, disebutkan bahwa wanita tersebut menjalani prosedur tato mata yang dilakukan oleh kekasihnya.Saat menjalani tato mata, Catt langsung mengalami komplikasi. Pandangan wanita tersebut mendadak buram bersamaan dengan mata yang terasa sangat sakit, bengkak, serta mengeluarkan cairan ungu. Warna cairan tersebut berasal dari tinta yang disuntikkan pada matanya.Seniman tato (yang juga kekasih Catt) melakukan kesalahan dengan menggunakan terlalu banyak tinta, jarum yang terlalu besar, serta tidak melarutkan tinta dengan cairan saline.Wanita yang berprofesi sebagai model tersebut mengalami kerusakan penglihatan permanen dan harus menjalani berbagai rangkaian perawatan mata secara intensif untuk mencegah kehilangan penglihatannya.Kondisi yang lebih berat dialami oleh seorang pria berusia 24 tahun di Alberta, Kanada, di mana bola matanya terpaksa harus diangkat setelah menjalani proses tato mata. Pria tersebut seketika merasakan matanya sangat sakit seiring dengan kehilangan penglihatan mendadak.Masalah tersebut disebabkan oleh tato yang disuntikkan terlalu dalam, tepatnya memasuki vitreous humor di tengah mata, sehingga merusak lensa matanya. Karena telah terjadi infeksi bakteri dan rasa sakit yang tidak mereda, mata pria tersebut akhirnya terpaksa diangkat.Mata merupakan salah satu area sensitif pada wajah. Mengingat tingginya risiko tato mata, ada baiknya tindakan ini dihindari. Jika Anda ingin memodifikasi bagian mata untuk alasan kosmetik, Anda dapat menggunakan lensa kontak yang telah terjamin keamanannya.Tentunya, apa pun tindakan yang akan dilakukan pada mata, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata untuk menjamin keamanannya bagi mata Anda.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah mata, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan matagangguan mata
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/eyeball-tattoos-are-even-worse-than-they-sound
Diakses 16 Maret 2021
Live Science. https://www.livescience.com/60572-eyeball-tattoo-risks.html
Diakses 16 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait