Bahaya Olahraga Malam yang Tidak Banyak Orang Sadari

(0)
20 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa bahaya olahraga malam yang perlu disadariOlahraga malam sebaiknya tidak dilakukan dekat dengan waktu tidur Anda
Sibuknya aktivitas sehari-hari, membuat sebagian orang lebih memilih untuk berolahraga di malam hari. Khususnya bagi para pekerja kantoran, berolahraga malam hari bahkan telah menjadi kebiasaan dan gaya hidup. Akan tetapi, berolahraga di waktu malam sebaiknya tidak dijadikan pilihan karena ada beberapa bahaya olahraga malam, baik bagi kesehatan tubuh dan keselamatan diri Anda.

Bahaya olahraga malam

Ada beberapa alasan kenapa olahraga malam tidak dianjurkan. Berikut ini adalah beberapa bahaya olahraga malam.

1. Menyebabkan gangguan tidur

Olahraga adalah aktivitas yang dapat meningkatkan suhu tubuh, metabolisme, detak jantung, dan aliran darah. Sementara agar bisa tertidur, seseorang harus dalam kondisi rileks. Oleh karena itu, berolahraga malam cenderung membuat pelakunya sulit tidur atau menyebabkan waktu tidur menjadi tertunda, jika dilakukan dekat dengan jam tidur.

2. Meningkatkan risiko gangguan kesehatan

Jika berlangsung dalam waktu yang lama, gangguan tidur karena berolahraga malam akan mendatangkan masalah kesehatan yang lebih besar lagi. Terlebih lagi, tidak adanya aktivitas yang dilakukan setelah berolahraga, dapat membuat proses pembakaran kalori tidak seefektif saat olahraga di pagi atau sore hari.Tubuh yang telah lelah beraktivitas seharian, tidak disarankan untuk dipaksakan berolahraga. Dikutip dari Worldofbuzz, Doktor Zubaidi Ahmad dari Pertubuhan Doktor-Doktor Islam Malaysia (PERDIM) mengungkapan bahwa berolahraga pada malam hari membutuhkan banyak energi. Hal ini berpotensi menyebabkan tekanan darah naik seketika dan menyebabkan gangguan kesehatan jantung lainnya.

3. Risiko potensi bahaya lebih tinggi

Selain masalah kesehatan, masalah keselamatan saat berolahraga malam juga harus jadi perhatian. Khususnya, jika Anda gemar berolahraga di luar ruangan, seperti jogging atau bersepeda.Selain risiko tersesat dan menjadi sasaran tindak kejahatan, orang yang olahraga malam juga rentan menjadi korban kecelakaan. Belum lagi, jika Anda mengalami cedera. seperti kram, dehidrasi, atau jatuh, mungkin akan sulit untuk mencari bantuan pada malam hari.

Waktu yang paling tepat untuk berolahraga

Berolahraga pada pagi atau sore hari dianggap lebih baik ketimbang pada malam hari. Berikut adalah alasan mengapa kedua waktu tersebut lebih baik.

1. Keuntungan olahraga pada pagi hari

Dikutip dari Healthline, wanita yang berolahraga sebelum jam 9 pagi tidak mudah tergoda dengan tampilan-tampilan makanan lezat. Dengan kata lain, seseorang yang berolahraga di pagi hari cenderung mampu menahan godaan untuk makan berlebihan.Berolahraga di pagi hari saat kondisi perut kosong, juga dapat membakar kalori hingga 20 persen lebih banyak. Oleh karena itu, jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, berolahraga di pagi hari sebelum sarapan bisa membantu menyukseskan diet Anda.Selain itu, orang yang memulai hari dengan berolahraga, akan menjadi lebih aktif dan berenergi saat beraktivitas sepanjang hari jika dibandingkan dengan tidak berolahraga pagi. Terlebih lagi, olahraga pagi juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan fokus, mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan kewaspadaan. Berbeda dengan olahraga malam yang dilanjutkan dengan tidur.

2. Keuntungan olahraga pada sore hari

Bagi Anda yang tidak sempat berolahraga pagi, olahraga pada sore hari bisa jadi pilihan. Studi menunjukkan bahwa kondisi fisik seseorang berada di puncaknya pada pukul 2-6 sore.Pada saat inilah, suhu tubuh mencapai tingkat tertinggi, demikian juga dengan aktivitas enzim, fungsi otot, dan kekuatan beserta ketahanan tubuh sedang berada dalam kondisi optimal. Oleh karena itu, waktu tersebut adalah saat yang tepat untuk aktif melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga.Apabila Anda tidak bisa berolahraga pada kedua waktu di atas dan hanya memiliki waktu untuk berolahraga di malam hari, maka sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini:
  • Olahraga yang menenangkan, misalnya yoga, dapat membantu untuk memudahkan tidur.
  • Cobalah untuk melakukan olahraga angkat berat. Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga angkat beban pada malam hari dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur.
  • Jangan langsung berolahraga saat tubuh sedang keletihan akibat aktivitas sepanjang hari. Beri waktu untuk beristirahat sejenak terlebih dahulu.
  • Untuk menghindari tertundanya waktu tidur, selesaikan olahraga beberapa jam sebelum waktu tidur.
  • Utamakan berolahraga di dalam ruangan. Apabila terpaksa melakukannya di luar ruangan, sebaiknya ajak teman Anda (jangan sendirian) dan gunakan pakaian yang mencolok agar mudah terlihat oleh orang sekitar.
Lakukan olahraga secara rutin, setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu untuk menjaga tubuh tetap bugar dan mencegah berbagai penyakit. Dengan tubuh yang sehat, aktivitas sehari-hari pun tidak akan terganggu.
olahragatips olahraga
World of Buzz
https://worldofbuzz.com/msian-doctor-exercising-at-night-is-a-silent-killer-chances-of-heart-problems-increases/
Diakses 6 Agustus 2020
Global Times China
http://www.globaltimes.cn/content/949537.shtml
Diakses 6 Agustus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/best-time-to-workout#The-Case-for-Working-Out-in-the-Morning
https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/best-time-to-workout#The-Case-for-Sweating-in-the-Afternoon,-or-Night
https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/working-out-in-the-morning#benefits
Diakses 6 Agustus 2020
Time
https://time.com/5533388/best-time-to-exercise/
Diakses 6 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait