logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

Bolehkah Minum Kopi saat Haid? Ini Anjuran dan Bahayanya

open-summary

Anda boleh minum kopi saat haid asalkan tidak lebih dari dua cangkir sehari. Terlalu banyak minum kopi saat haid bisa menyebabkan nyeri haid bertambah parah, dehidrasi, dan perut menjadi kembung.


close-summary

13 Okt 2020

| Larastining Retno Wulandari

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Minum kopi berlebihan saat haid bisa memperparah nyeri haid

Minum kopi saat haid boleh saja asal tidak berlebihan

Table of Content

  • Efek minum kopi saat haid bagi wanita
  • Anjuran aman minum kopi saat haid
  • Catatan dari SehatQ

Bolehkah minum kopi saat haid? Beberapa orang mungkin mendapat efek menyegarkan setelah minum kopi, termasuk bagi yang sedang haid. Beberapa wanita mungkin juga minum kopi karena sedang ngidam yang manis-manis saat datang bulan. Namun, kebiasaan ngopi ternyata tidak dianjurkan untuk wanita haid. Mengapa demikian? Simak ulasan berikut ini. 

Advertisement

Efek minum kopi saat haid bagi wanita

bahaya minum kopi saat haid membuat nyeri PMS
Minum kopi saat haid bisa memperparah nyeri menstruasi

Minum kopi merupakan salah satu solusi paling favorit banyak orang ketika sedang ngantuk atau merasa lemas. Sebab, kandungan kafein di dalamnya terbukti mampu menambah energi.

Hal ini juga tertulis pada penelitian dalam jurnal Psychopharmacology yang menyebutkan kafein terserap dalam darah sehingga mampu mengurangi kelelahan dan tubuh pun menjadi lebih segar. 

Efek penyegaran inilah yang rupanya dicari oleh banyak wanita haid karena saat menstruasi, riset pada jurnal National Center for Biotechnology and Information melaporkan wanita lebih gampang lemas. Hal ini disebabkan karena tubuhnya kekurangan zat besi yang keluar bersama banyaknya darah haid.

Sayangnya, wanita yang sedang haid tidak disarankan untuk minum kopi terlalu banyak. Perubahan kadar hormon yang terjadi selama menstruasi membuat kopi bisa memberikan efek samping lebih besar jika diminum saat haid. 

Berikut ini beberapa bahaya kopi bagi wanita yang sedang haid:

1. Memperparah nyeri haid

Saat menstruasi, rahim berkontraksi untuk membantu mengeluarkan darah. Ketika berkontraksi, rahim mengeluarkan hormon prostaglandin. Hormon ini mampu memunculkan rasa sakit. Akibatnya, nyeri haid dan kram saat menstruasi pun kerap terjadi.

Minum kopi saat haid bisa memperparah nyeri haid karena kandungan kafein di dalamnya akan menyempitkan pembuluh darah, sehingga otot rahim semakin kencang. Hal ini tertuang dalam riset pada jurnal Macedonian Journal of Medical Sciences. Bahkan, dalam kasus tertentu, kafein pada kopi mampu meningkatkan risiko dismenore, yaitu nyeri haid yang parah.

2. Menyebabkan dehidrasi

Sebelum minum kopi saat haid, perlu diingat bahwa kafein bersifat diuretik yang membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Sebuah riset yang diterbitkan Journal of Science and Medicine in Sport menyatakan, orang kerap buang air kecil setelah minum kopi karena kafein menghambat penyerapan kembali natrium di ginjal. Hal ini meningkatkan jumlah maupun volume urine saat buang air kecil.

Jika urine terus-menerus dikeluarkan, hal ini menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi

3. Emosi semakin tidak stabil

Riset yang ditampilkan pada Journal of Environmental Research and Public Health menemukan, setelah masa ovulasi hingga menstruasi berakhir, kadar hormon estrogen di dalam tubuh menurun. Hal ini pun diikuti dengan kadar serotonin yang berkurang.

Serotonin bekerja untuk memicu rasa puas, senang, dan optimisme. Jika serotonin berkurang maka timbul rasa sedih, tidak berminat melakukan apa pun, serta mudah marah dan tersinggung. Fenomena ini kerap ditemukan saat menstruasi.

Bahaya minum kopi bagi wanita haid adalah lonjakan kadar kafeinnya. Kandungan kafein tersebut menyebabkan kecemasan. Riset Public Health Briefs menemukan, kandungan kafein merangsang produksi hormon katekolamin ketika dikonsumsi saat haid. Hormon ini dihasilkan ketika seseorang sedang berhadapan dengan pemicu stres atau kecemasan. Katekolamin membantu tubuh untuk bersiap-siap melawan atau lari dari ancaman. Semakin banyak hormon katekolamin yang diproduksi, Anda semakin rentan bad mood.

4. Perut menjadi kembung

Bahaya minum kopi yang terakhir adalah bisa memperparah kembung yang terjadi saat menstruasi.. 

Saat menstruasi, kadar hormon estrogen meningkat. Riset yang terbit pada jurnal Endocrinology and Metabolism menemukan, hormon estrogen mampu menahan air di dalam tubuh. Oleh karena itu, saat menstruasi Anda cenderung mengeluhkan perut terasa kembung, begah, dan membengkak karena pertambahan berat air.

Sebuah penelitian dalam jurnal Disease of the Esophagus menemukan, ketika minum kopi saat haid, kandungan kafein melemahkan otot yang menghubungkan kerongkongan dan lambung.

Hal ini membuat asam lambung terdorong ke arah kerongkongan. Efeknya, perut terasa tidak nyaman dan memperparah kembung yang sudah terjadi terjadi saat menstruasi.

Baca juga: 8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Haid

Anjuran aman minum kopi saat haid

Saat haid sebaiknya tidak minum kopi lebih dari 2 cangkir
Saat haid sebaiknya tidak minum kopi lebih dari 2 cangkir

Lantas, bolehkah minum kopi saat haid? Sebenarnya, boleh saja. Asalkan tidak berlebihan. 

Tidak ada larangan pasti mengenai minum kopi saat haid. Hal di atas adalah efek samping yang cenderung akan dirasakan jika Anda minum kopi terlalu berlebihan, baik terlalu banyak atau terlalu sering.

Lantas, berapa banyak jumlah minum kopi saat haid yang dianjurkan? Food and Drug Administration (FDA) pun telah menentukan ambang batas konsumsi kafein harian, yaitu 400 milligram per hari.

Jika diperkirakan, jumlah ini setara dengan 4-5 cangkir kopi. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, sebaiknya kurangi jumlah minum kopi saat haid hanya 1-2 cangkir agar asupan kafein tidak mencapai 400 miligram per hari.

Meski diperbolehkan, tak ada salahnya Anda lebih memilih minuman yang menyehatkan dan aman untuk menstruasi, seperti:

  • Air putih 
  • Teh herbal, misalnya teh chamomile
  • Jamu atau air rebusan kunyit dan jahe
  • Yogurt

Baca juga: 10 Larangan saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Catatan dari SehatQ

Efek kopi untuk wanita memang bisa menenangkan dan menyegarkan di tengah kondisi lemas saat haid. Namun, beberapa ahli menyatakan bahwa minum kopi saat haid bisa memperparah rasa tidak nyaman saat menstruasi, bahkan meningkatkan risiko dismenore.

Jadi, bolehkah minum kopi saat haid? Jawabannya boleh, asalkan tidak berlebihan. Wanita haid tidak boleh minum kopi lebih dari 2 cangkir dalam sehari. Untuk mengurangi risiko, tidak ada salahnya Anda memilih minuman yang lebih aman seperti air putih atau teh herbal. 

Meski begitu, pahamilah bahwa kondisi tiap wanita berbeda. Jika Anda mengalami gejala dismenore ataupun merasakan efek samping tak biasa setelah minum kopi saat haid, segera hubungi dokter.

Anda juga bisa berkonsultasi melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

haidmenstruasikesehatan wanitaminuman tidak sehatkram menstruasipremenstrual syndrome (PMS)kopi

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved