Ragam Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, dari Kanker Hingga Keguguran

Bahaya merokok bagi kesehatan dapat beragam, mulai dari kanker, penyakit jantung, hingga keguguran
Bahaya merokok dapat menimbulkan beragam bahaya dan penyakit, sehingga Anda disarankan untuk selalu menjauhinya

Jika saat ini Anda berencana berhenti merokok, maka keputusan tersebut merupakan hal yang tepat. Sebab, bahaya merokok bagi kesehatan sama sekali tak main-main. Efek negatifnya terasa dari ujung kaki hingga ujung kepala, termasuk kesehatan fisik, kesehatan jiwa, hingga penampilan diri.

13 Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh

Rokok sama sekali tak bermanfaat. Berikut ini bahaya merokok bagi kesehatan Anda yang sudah sepatutnya untuk dipahami:

1. Kanker paru-paru

Merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru secara signifikan. Bahkan, kanker paru-paru merupakan penyebab kematian pertama sebagai bahaya merokok. Pria perokok mengalami peningkatan risiko kanker paru-paru hingga 25 kali, dan wanita meningkat hingga 25,7 kali.

Bahaya merokok bagi kesehatan termasuk rusak pari-paru
Paru-paru yang rusak, termasuk kanker, merupakan efek yang sering diderita perokok

Tak hanya kanker paru-paru, perokok juga berisiko mengalami peradangan pada saluran pernapasan, seperti bronkitis.

2. Penyakit jantung

Salah satu kebiasaan yang sangat berkontribusi terhadap penyakit jantung adalah merokok. Masalah pada jantung tersebut termasuk aterosklerosis dan penyakit arteri perifer.

Aterosklerosis terjadi ketika adanya penumpukan plak di pembuluh darah. Penumpukan plak ini menghambat jalannya aliran darah sehingga dapat berakibat fatal. Sementara itu, penyakit arteri perifer terjadi ketika pembuluh nadi di kaki dan lengan menyempit, yang juga mengganggu aliran darah.

3. Kolesterol tinggi

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di tubuh. Sebaliknya, kadar kolesterol jahat (LDL) pun akan meningkat. Merokok pun meningkatkan kadar kolesterol total dan trigliserida, yang sama artinya dengan menimbun lemak di tubuh.

4. Komplikasi diabetes

Penderita diabetes tipe 2 yang merokok cenderung mengalami komplikasi dari penyakit tersebut. Pasalnya, merokok meningkatkan resistensi insulin. Selain itu, risiko masalah lain juga bisa terjadi jika Anda masih merokok saat menderita diabetes, seperti gangguan ginjal, masalah mata, dan serangan jantung.

5. Gigi menguning dan keropos

Bahaya merokok bagi kesehatan jangka panjang lainnya adalah gigi yang menguning dan terlihat kecokelatan. Tak hanya rusaknya warna gigi, bagian mulut ini juga rentan keropos.

6. Keguguran

Merokok selama hamil dapat meningkatkan risiko keguguran. Sang bayi juga rentan mengalami asma, infeksi telinga, gangguan pertumbuhan, kelainan fisik, dan sindrom kematian mendadak pada bayi.

7. Berbagai jenis kanker

Tak hanya kanker paru-paru yang menjadi bahaya merokok bagi kesehatan. Berbagai jenis kanker lain pun bisa terjadi di sekujur tubuh, termasuk kanker serviks bagi perempuan, kanker tenggorokan, kanker kandung kemih, kanker mulut, kanker darah, hingga kanker ginjal.

8. Menopause prematur bagi perempuan

Wanita yang merokok cenderung mengalami menopause lebih cepat, dibandingkan dengan yang tidak merokok. Selain itu, hot flashes (sensasi panas dalam tubuh) sebagai gejala menopause juga meningkat jika Anda menghisap rokok.

9. Gangguan mata

Mata pun tak luput dari bahaya merokok bagi kesehatan. Kebiasaan tak sehat ini dapat mengganggu kemampuan melihat dan meningkatkan risiko berbagai penyakit mata. Penyakit mata tersebut termasuk glaukoma, degenerasi makula, dan katarak.

10. Masalah daya tahan tubuh

Menghisap rokok dapat menurunkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, orang yang merokok lebih berisiko untuk mengalami infeksi saluran pernapasan daripada yang tidak merokok.

11. Gangguan ereksi dan kesuburan

Karena merokok dapat menyempitkan pembuluh darah, pria perokok akan lebih sulit untuk mengalami ereksi. Sebab, proses ereksi memerlukan aliran darah yang lancar menuju penis.

Bahaya merokok bagi kesehatan termasuk disfungsi ereksi
Bahaya merokok bagi kesehatan termasuk disfungsi ereksi

Tak hanya masalah ereksi, pria dan wanita yang merokok juga rentan mengalami gangguan kesuburan, baik jangka panjang atau jangka pendek, dibandingkan yang menghindari benda berbahaya tersebut.

12. Rasa cemas dan gelisah

Tak hanya masalah fisik, bahaya merokok juga dapat berupa masalah psikologis, seperti rasa cemas dan gelisah. Efek ini terjadi ketika Anda berusaha menarik diri dari nikotin, zat yang terkandung pada rokok.

13. Jari menguning dan kulit keriput

Zat-zat yang terdapat pada rokok dapat membuat kulit kering serta memicu penuaan dini. Terganggunya aliran darah juga membuat kulit menjadi kekurangan nutrisi.

Selain itu, jika Anda perhatikan, jari perokok juga cenderung menguning. Hal tersebut merupakan efek dari memegang rokok.

Coba hindari bahaya merokok dengan cara ini

Bahaya merokok untuk kesehatan di atas memang mengerikan. Namun, telah banyak orang yang berhasil berhenti untuk menghisap benda berbahaya ini. Usaha berikut ini dapat Anda terapkan, tentunya dengan komitmen diri dan bantuan dari orang terdekat:

  • Siapkan tanggal yang pasti untuk berhenti merokok, namun jangan pilih hari dan tanggal yang terlalu jauh. Anda bisa berhenti perlahan-lahan atau berhenti sama sekali.
  • Beritahu orang terdekat dan sahabat, termasuk rekan kerja di kantor.
  • Jauhkan benda-benda yang berkaitan dengan rokok, seperti pemantik api dan asbak.
  • Ikuti konseling dan terapi.
  • Sediakan makanan untuk dikunyah saat keinginan merokok muncul, seperti permen karet.
  • Cari bantuan dokter untuk berkonsultasi.
Minimalisir bahaya merokok bagi kesehatan dengan permen karet
Permen karet dapat Anda sediakan saat keinginan merokok muncul

Catatan dari SehatQ

Bahaya merokok bagi kesehatan memang tak diragukan lagi. Benda ini pun tak membawa sedikit pun manfaat bagi Anda.

Berhenti merokok akan sedikit membutuhkan perjuangan dan komitmen diri. Walau begitu, dengan bantuan orang lain, termasuk dokter, bukan berarti Anda tak bisa berpisah selamanya dengan benda tersebut.

Addiction Recovery. https://www.addictionsandrecovery.org/quit-smoking/how-to-quit-smoking-plan.htm
Diakses pada 21 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/smoking/effects-on-body
Diakses pada 21 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460.php
Diakses pada 21 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324644.php
Diakses pada 21 Januari 2020

Artikel Terkait