Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki untuk Peredaran Darah dan Postur Tubuh


Duduk menyilangkan kaki bisa berdampak buruk untuk postur tubuh Anda sekaligus menimbulkan nyeri pada persendian. Anda pun berpotensi mengalami varises di bagian kaki.

0,0
11 Aug 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Duduk menyilangkan kaki bisa berdampak buruk untuk postur tubuh Anda sekaligus menimbulkan nyeri pada persendianDuduk menyilangkan kaki akan menyebabkan kesemutan
Posisi duduk yang kurang baik bisa membawa banyak masalah pada tubuh Anda. Terlalu lama duduk bisa menyebabkan berat badan meningkat dan berisiko terkena diabetes. Duduk menyilangkan kaki juga buruk karena bisa mengganggu postur tubuh dan menyebabkan varises. Untuk lebih jelasnya, cari informasinya di bawah ini.

Bahaya duduk menyilangkan kaki

Menyilangkan kaki saat duduk mungkin terdengar hal yang biasa. Namun, tubuh Anda akan memberikan tanda bahwa ada reaksi ketika melakukannya. Dalam beberapa kasus, kaki akan terasa seperti kesemutan atau malah sulit digerakkan.Lebih parahnya lagi, duduk menyilangkan kaki bisa menimbulkan masalah kesehatan. Berikut dampak buruk dari duduk menyilangkan kaki yang berisiko untuk tubuh:

1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah sangat dipengaruhi oleh segala aktivitas yang dilakukan oleh tubuh, termasuk menyilangkan kaki saat duduk. Melakukannya hanya akan menyebabkan tekanan darah semakin tinggi.Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan adanya peningkatan tekanan darah pada seseorang yang menyilangkan kaki di atas lutut. Studi lain juga menyebutkan bahwa tekanan darah bisa lebih tinggi lagi saat menaruh pergelangan kaki di atas lutut.Studi tersebut pun menegaskan bahwa Anda perlu meletakkan kaki di lantai ketika melakukan cek tekanan darah. Biarpun begitu, peningkatan tekanan darah tersebut sebenarnya hanya sementara. Namun, Anda yang sudah memiliki risiko tekanan darah tinggi sebaiknya tidak menyilangkan kaki saat duduk terlalu lama.

2. Perubahan postur tubuh

Duduk dengan menyilangkan kaki pun akan membuat tubuh Anda tidak lurus sepenuhnya. Dalam jangka waktu yang lama, panggul akan berputar dan menjadi miring.Melakukannya terus-menerus akan menimbulkan sakit pada bagian punggung dan panggul. Kalau terus dibiarkan, tulang belakang Anda pun bisa mengalami pergeseran sehingga menjadi tidak sejajar.Saat postur tubuh tidak baik, otot akan dipaksa untuk mengimbanginya dalam melakukan aktivitas. Otot tubuh akan bekerja lebih keras dan mungkin akan menimbulkan rasa nyeri. Lebih parahnya lagi, otot Anda menjadi kaku dan sulit untuk dikembalikan ke posisi awal.

3. Varises

Varises adalah saluran vena yang menonjol pada bagian kaki. Saluran vena ini bisa berwarna biru, merah, atau serupa dengan kulit Anda. Varises biasanya muncul pada bagian paha, betis, dan kaki bagian dalam. Siapa saja bisa terkena varises, dan perempuan paling berisiko mengalami kondisi ini.Varises terjadi lantaran ada masalah pada katup darah. Katup tersebut biasanya bekerja lebih keras untuk memompa darah. Saat katup melemah atau rusak, darah akan kembali ke bagian bawah tubuh akibat gravitasi. Hal ini yang menyebabkan darah tertahan dan menonjol.Ada beberapa kondisi yang jadi penyebab varises, yaitu berdiri dan duduk terlalu lama. Posisi duduk menyilangkan kaki mungkin juga jadi penyebabnya. Namun, belum ada bukti yang cukup untuk menguatkan pendapat ini. Jadi, ada baiknya Anda tidak duduk menyilangkan kaki terlalu lama.

4. Pembengkakan kaki selama hamil

Perempuan memang paling berpotensi mendapatkan risiko dari duduk menyilangkan kaki, terutama mereka yang sedang dalam masa kehamilan.Melakukan posisi ini dalam jangka waktu yang lama akan membuat pergelangan kaki membengkak dan kaki menjadi kram. Hal ini mungkin akan membuat Anda menjadi sulit berjalan. Meskipun begitu, duduk menyilangkan kaki sebenarnya tidak akan mengganggu perkembangan janin.Jika mendapati pembengkakan pada pergelangan kaki, cobalah duduk dengan meluruskan kaki selama beberapa saat. Anda juga bisa mencoba menaikkan dua kaki ke posisi yang lebih tinggi hingga merasa aliran darah kembali lancar.

Catatan dari SehatQ

Secara medis, menyilangkan kaki saat duduk tidak berisiko mengganggu kesehatan. Hanya saja, Anda tidak bisa melakukannya terlalu lama. Selain bisa mengubah postur tubuh, duduk menyilangkan kaki juga bisa menghambat jalannya aliran darah pada bagian kaki.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar risiko melakukan posisi duduk menyilangkan kaki, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
variseskaki keram
Healthline https://www.healthline.com/health/crossed-legs-while-sitting
Diakses pada 28 Juli 2021
BBC https://www.bbc.com/future/article/20151013-is-crossing-your-legs-bad-for-you
Diakses pada 28 Juli 2021
Prevention https://www.prevention.com/health/a20501689/dangers-of-sitting-with-crossed-legs/
Diakses pada 28 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait