Bahaya Buah Melon yang Dapat Mengganggu Kesehatan, Apa Saja?

(0)
Bahaya buah melon dapat mengintai apabila dikonsumsi secara berlebihanKonsumsi buah melon dalam jumlah berlebihan dapat mengganggu kesehatan
Banyak orang yang belum mengetahui akan bahaya buah melon. Ya, buah yang hadir dengan warna hijau muda hingga jingga ini memang manis, menyegarkan, dan bermanfaat untuk kesehatan.Namun, apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan, tentu dapat menimbulkan kerugian, bukan? Maka dari itu, penting untuk mewaspadai bahaya buah melon apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Bahaya buah melon jika dikonsumsi berlebihan

Konsumsi buah melon, baik melon hijau atau melon jingga, dalam porsi yang wajar merupakan hal yang aman dilakukan. Sangat jarang sekali konsumsi buah melon dapat membahayakan kesehatan.Meski demikian, apabila Anda mengonsumsinya dalam jumlah sangat berlebihan dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan sebagai akibat bahaya buah melon.Hal tersebut mungkin terjadi pada pada beberapa orang dengan kondisi medis tertentu.Adapun beberapa bahaya buah melon apabila dikonsumsi secara berlebihan yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, antara lain:

1. Gangguan pencernaan

Bahaya buah melon yang dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan jadi bahaya buah melon yang perlu diwaspadai
Salah satu bahaya buah melon apabila dikonsumsi terlalu banyak adalah gangguan pencernaan.Hal ini karena melon merupakan salah satu jenis buah atau makanan yang fungsinya mungkin dapat terganggu pada sistem cerna apabila dikonsumsi dengan jenis makanan lain.Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengonsumsi semua jenis melon, baik melon hijau atau melon jingga, tanpa dicampurkan dengan buah atau makanan lainnya guna menghindari bahaya buah melon pada sistem cerna yang mungkin terjadi.Selain itu, seorang ahli gizi di Bangalore, India, menyarankan agar Anda tidak minum air setelah terlalu banyak mengonsumsi buah melon.Menurutnya, kandungan air, gula, dan serat yang tinggi pada melon dapat memengaruhi saluran pencernaan. Sementara, mikroba atau bakteri membutuhkan air dan gula untuk tumbuh dan berkembang.Jika Anda minum air setelah mengonsumsi buah melon, ada kemungkinan mikroba akan menyebar di saluran cerna sehingga menyebabkan bahaya buah melon berupa gangguan pencernaan.

2. Kontaminasi bakteri Salmonella

Bahaya buah melon berikutnya adalah adanya kemungkinan kontaminasi bakteri Salmonella yang terdapat pada kulit bagian luarnya.Untuk menghindari bahaya buah melon ini, penting bagi Anda untuk mencuci dan menggosok bagian kulit buah melon terlebih dahulu sebelum mengupas dan memotongnya.Dengan ini, bakteri berbahaya, seperti Salmonella, akan hilang dan tidak masuk ke dalam daging buah melon.

3. Menyebabkan diare

Diare jadi salah satu bahaya buah melon yang mungkin terjadi
Makan melon terlalu banyak bisa menyebabkan diare
Manfaat melon untuk kesehatan memang berasal dari kandungan air dan seratnya yang tinggi.Namun, beberapa ahli berpendapat kalau mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko bahaya buah melon berupa diare.Ini karena melon mengandung sorbitol, yang merupakan senyawa gula. Jika Anda mengonsumsi melon terlalu banyak, dapat menyebabkan diare dan masalah perut bergas atau perut kembung.

4. Mengganggu metabolisme tubuh

Konsumsi melon pada malam hari diklaim dapat mengganggu metabolisme tubuh.Bahaya buah melon ini dapat muncul karena melon mengandung gula alami dengan jumlah yang tinggi, yakni kurang lebih 9 gram per buahnya.Sementara, proses pencernaan manusia akan menjadi lebih lambat mencerna makanan, termasuk membakar gula, dengan efektif di malam hari. Akibatnya, risiko kenaikan berat badan mungkin tidak dapat terhindarkan.

5. Kehilangan makronutrien esensial untuk tubuh

Bagi Anda penggemar melon, konsumsi buah segar ini dalam porsi yang wajar mungkin dapat mencegah Anda dari bahaya buah melon.Namun, jika mengonsumsi melon secara berlebihan, Anda mungkin jadi terlalu kenyang sehingga perut tak lagi dapat menampung makanan lain yang kaya nutrisi, seperti lemak atau protein.Padahal, tubuh membutuhkan ragam nutrisi dalam persentase tertentu agar tetap sehat dan gizi yang didapat seimbang. Ini merupakan bahaya buah melon yang secara tidak langsung mungkin terjadi.

6. Mengganggu kadar gula dalam darah

Bahaya buah melon dapat mengintai penderita diabetes atau kondisi medis lain yang sedang melakukan diet rendah gula. Pasalnya, indeks glikemik buah melon tergolong tinggi.Maka dari itu, orang-orang dengan kondisi medis tersebut disarankan untuk tidak mengonsumsi buah melon secara berlebihan agar terhindar dari bahaya buah melon berupa peningkatan kadar gula dalam darah.Ada baiknya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui porsi yang tepat untuk mengonsumsi buah melon.

7. Masalah pada ginjal

Bagi penderita penyakit jantung yang minum obat-obatan rutin dari dokter berupa beta-blocker sebaiknya perlu mewaspadai bahaya buah melon satu ini. Sebab, obat beta-blocker dapat berisiko meningkatkan kadar kalium dalam tubuh.Jika Anda mengonsumsi buah melon dalam jumlah yang berlebih, kadar kalium dalam tubuh yang tinggi dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal.Jadi, penting bagi penderita jantung dan orang-orang yang memiliki masalah pada ginjal untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan atau buah dengan kadar kalium tinggi, seperti melon.Berkonsultasi dengan dokter juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan rekomendasi jumlah yang tepat dalam mengonsumsi buah melon sebagai asupan buah sehari-hari.

Apakah ada efek samping buah melon untuk ibu hamil?

Efek samping buah melon belum terbukti dapat menimbulkan gangguan kesehatan tertentu pada ibu hamil.Asalkan, ibu hamil mengonsumsi buah melon dalam porsi yang wajar.Selain ada berbagai manfaat buah melon untuk ibu hamil, nutrisi yang terkandung pada buah melon juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Cara mengonsumsi buah melon agar terhindar dari bahayanya

Mengonsumsi buah melon dalam porsi yang wajar tergolong aman bagi tubuh.Kendati demikian, efek samping buah buah melon mungkin dapat dialami oleh beberapa orang apabila dikonsumsi secara berlebihan.Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jumlah wajar konsumsi buah melon jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.
Bahaya buah melon dapat terhindarkan jika Anda mencucinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya
Pastikan cuci buah melon sebelum mengonsumsinya
Anda dapat mengonsumsi melon dengan cara memakan daging buahnya secara utuh atau diminum sebagai jus buah.Jangan lupa untuk mencuci buah melon terlebih dahulu menggunakan air mengalir sampai bersih agar terjaga kebersihannya. Pastikan untuk mengupas kulit buah melon yang akan dikonsumsi.Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari bahaya buah melon yang dapat mengganggu kesehatan.
penyakitbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/279176#risks
Diakses pada 4 September 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-eat-muskmelon-during-pregnancy_0088031/
Diakses pada 4 September 2020
Food Ndtv. https://food.ndtv.com/health/5-side-effects-of-melons-that-you-may-not-have-known-1872912
Diakses pada 4 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait