Bahaya Berhubungan Seks dengan PSK (Pekerja Seks Komersial) yang Dapat Mengintai

(0)
Seks dengan PSK sangat rentan menyebabkan penyakit infeksi menular seksualPara pekerja seks komersial melaporkan bahwa alasan pria datang ke mereka adalah karena merasa kesepian
Fenomena pria yang rela membayar mahal pekerja seks komersial (PSK) untuk memuaskan hasrat seksual belaka memang bukanlah hal yang baru. Padahal, para lelaki yang kerap menikmati hubungan seks dengan PSK ini tentunya tidak luput dari risiko dan bahaya kesehatan yang mungkin saja menghampiri. Apa saja bahaya kesehatan yang mengintai?

Alasan pria memilih melakukan hubungan seks dengan PSK

Sebelum membicarakan risiko dan bahaya seks dengan PSK, tidak lengkap rasanya apabila tidak mengetahui alasan dan tujuan seseorang melakukan “jajan” seks ini.Di Amerika Serikat, berdiri sebuah sekolah bernama John School, yakni sekolah untuk para pria hidung belang yang termasuk klien PSK. John School adalah program pengalihan bagi orang-orang, hampir secara eksklusif untuk pria, yang ditangkap karena meminta layanan seks dengan PSK.
Merasa kesepian adalah alasan pria pilih seks dengan PSK
Pria ingin seks dengan PSK tanpa melibatkan perasaan
Menurut John School, alasan pria memilih melakukan hubungan seks dengan PSK adalah sikap tidak sehat bagaimana menjadi pria, kecanduan seksual, hingga sesederhana mereka tidak tahu bagaimana cara memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan.Selain itu, alasan pria memilih melakukan hubungan seks dengan PSK lainnya, antara lain:
  • Keinginan untuk mendapatkan pengalaman seksual yang tidak mudah tersedia untuk pria (seperti threesome, yakni salah satu bentuk aktivitas hubungan seks yang melibatkan tiga orang)
  • Para pria merasa tidak menarik dan tidak dapat menemukan seorang wanita yang bisa menjadi kekasih hati atau pasangan hidupnya
  • Para pria tidak memiliki cukup waktu atau ketersediaan secara emosional untuk menjalani suatu hubungan yang dilandasi dengan komitmen
  • Para pria menginginkan seks tanpa melibatkan emosional
Tak hanya itu, para pekerja seks komersial juga melaporkan bahwa sebagian besar pria yang datang kepada mereka karena alasan yang tidak ada hubungannya dengan seks. Misalnya, pria merasa kesepian atau fakta bahwa pekerja seks lebih mau mendengarkan keluh kesah mereka daripada pasangan mereka sendiri.Maka, tak heran apabila berhubungan seks dengan PSK saat ini tampaknya telah menjadi komoditi populer, yang terasa seperti kencan tradisional pada umumnya, bagi pria yang menginginkan lebih dari seks sederhana.Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology, sekitar 14 persen pria Amerika mungkin rela merogoh kocek khusus untuk melakukan hubungan seks dengan PSK.Namun, dalam penelitian tersebut tidak ada alasan sederhana yang mudah untuk menggambarkan alasan pria memilih melakukan hubungan seks dengan PSK.

Pria seperti apa yang biasanya memilih “jajan” seks dengan PSK?

Para peneliti dari University of Portland mengungkapkan bahwa rata-rata pria yang tertarik untuk “jajan” seks dengan PSK cenderung lebih sedikit memiliki komitmen untuk menikah.Selain itu, peneliti menyebut para pria yang sering “jajan” seks dengan PSK umumnya sudah memiliki pekerjaan tetap atau mapan.Meski demikian, karakteristik berbeda juga muncul di antara pelanggan pria yang kerap melakukan hubungan seks dengan PSK. Sebagian besar karakteristik ini sudah menikah dan memiliki penghasilan mapan serta sudah menyandang gelar sarjana.Para pria dalam golongan tersebut biasanya memiliki ketertarikan pada kelas yang berbeda, yakni berani membayar mahal untuk membeli jasa seks.

Apa risiko dan bahaya berhubungan seks dengan PSK?

Seks dengan PSK bisa berpotensi meningkatkan risiko penularan penyakit
"Jajan" seks rentan menyebabkan tertular penyakit menular seksual
Terlepas dari apa pun alasan pria melakukan “jajan”, berhubungan seks dengan PSK dapat berpotensi meningkatkan risiko tertular penyakit infeksi menular seksual (IMS).Penyakit infeksi menular seksual bisa disebabkan oleh adanya interaksi kontak yang terjadi pada alat kelamin, kulit, bahkan dengan ciuman sekalipun.Hal ini karena saat Anda berhubungan seks dengan PSK, Anda tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan para pekerja seks komersial tersebut. Mungkin saja mereka mengidap penyakit infeksi menular seksual akibat kerap bergonta-ganti pasangan sebelumnya.Nah, Anda dapat tertular penyakit menular seksual jika salah satu dari PSK tersebut melakukan hubungan intim dengan Anda. Meski sudah menggunakan kondom sekalipun, Anda tetap memiliki risiko besar untuk tertular penyakit menular seksual. Mengerikan, bukan? Adapun beberapa jenis penyakit infeksi menular seksual yang menjadi risiko dan bahaya berhubungan seks dengan PSK adalah sebagai berikut:

1. Klamidia

Klamidia adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Beberapa orang mungkin tidak akan menyadari bahwa dirinya terjangkit klamidia.Sejumlah gejala klamidia yang patut diwaspadai, antara lain:
  • Rasa nyeri atau tidak nyaman saat kencing atau berhubungan intim
  • Keluar cairan berwarna hijau atau kuning dari penis
  • Nyeri pada perut bagian bawah
Jika klamidia tidak segera diobati, maka dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan yang lebih parah, seperti infeksi pada uretra, kelenjar prostat, atau testis hingga masalah ketidaksuburan.

2. Gonore

Selain klamidia, penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan menjadi bahaya berhubungan seks dengan PSK adalah gonore. Beberapa gejala gonore yang umum terjadi pada pria, di antaranya:
  • Keluar cairan berwarna putih, kuning, krem, atau kehijauan dari penis
  • Rasa nyeri atau tidak nyaman saat kencing atau berhubungan seks
  • Buang air kecil lebih sering dari biasanya
  • Rasa gatal pada alat kelamin
  • Sakit tenggorokan

3. Sifilis

Sifilis adalah penyakit infeksi menular seksual yang juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Umumnya, banyak orang yang tidak menyadari gejala penyakit yang juga dikenal dengan raja singa ini.Gejala sifilis yang paling umum terjadi adalah munculnya luka bulat kecil baik pada alat kelamin, anus, atau mulut. Meski tidak menimbulkan rasa nyeri, tetapi luka yang mengandung kuman tersebut dapat menular kepada orang lain.Beberapa gejala sifilis, termasuk ruam kulit, merasa lemas, demam, sakit kepala, nyeri sendi, rambut rontok, hingga penurunan berat badan.

4. Human papillomavirus (HPV)

Human papillomavirus (HPV) adalah salah satu infeksi penyakit menular seksual akibat seks dengan PSK yang disebabkan oleh virus.Sama seperti jenis penyakit menular seksual yang lain, terkadang virus ini tidak menunjukkan tanda-tanda kemunculannya. Namun, Anda tetap perlu memerhatikan tanda-tanda atau gejala HPV berikut ini:
  • Terdapat kutil yang menyebar dengan jarak berhimpitan dengan bentuk menyerupai bunga
  • Pembengkakan kecil berwarna abu-abu di area kelamin
  • Rasa gatal atau tidak nyaman di area kelamin
  • Muncul perdarahan saat berhubungan seks

5. HIV

Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah salah satu virus yang cara penularannya dapat terjadi melalui cairan tubuh. Pada kasus seks dengan PSK, penularan mungkin terjadi ketika cairan sperma bertemu dengan cairan vagina.Virus paling mematikan ini sering kali disebabkan oleh seks bebas, tak terkecuali melakukan hubungan seks dengan PSK. Pada dasarnya, HIV menyerang sistem kekebalan tubuh. Namun, ketika sudah berkembang menjadi parah, virus ini dapat berubah menjadi AIDS.Saat seseorang terinfeksi HIV, ia mungkin tidak akan menunjukkan gejala. Termasuk jika Anda masih menggunakan jasa pemuas seks secara rutin.Bahkan, setelah bertahun-tahun Anda bisa saja tidak sadar bahwa terkena HIV. Anda dapat mengetahui diri sendiri terjangkit HIV apabila sudah melakukan tes pemeriksaan.Jika Anda terkena gejala HIV, beberapa kondisi tubuh yang mungkin muncul, yaitu:
  • Demam
  • Menggigil
  • Rasa kaku dan nyeri
  • Sakit tenggorokan
  • Mual
  • Ruam kulit
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Catatan dari SehatQ

Meski melakukan hubungan seks dengan PSK saat ini sudah menjadi suatu komoditi populer bagi pria yang menginginkan lebih dari seks sederhana, perlu diketahui bahwa tetap ada risiko dan bahaya yang mengintai di baliknya.Jika Anda termasuk salah satu orang yang pernah atau kerap berhubungan seks dengan PSK, sebaiknya waspadai bahaya yang mengintai dengan memerhatikan kemunculan gejala penyakit infeksi menular seksual di atas atau segera lakukan konsultasi dengan dokter guna mengetahui kondisi kesehatan Anda akibat kebiasaan melakukan seks dengan PSK.
sekshubungan seks beresikopenyakit menular seksualinfeksi menular seksualkepuasan seksual
Healthline. https://www.healthline.com/health/sexually-transmitted-diseases#treatment
Diakses pada 10 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/246491#hiv
Diakses pada 10 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sexually-transmitted-diseases-stds/in-depth/std-symptoms/art-20047081?pg=1
Diakses pada 10 Agustus 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/women-who-stray/201807/is-paying-sex-disease
Diakses pada 10 Agustus 2020
International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology. https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/0306624X13480487
Diakses pada 10 Agustus 2020
Live Science. https://www.livescience.com/28169-men-who-use-prostitutes.html
Diakses pada 10 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait